Apa itu ghost writer?

Ghost writer juga disebut sebagai penulis bayangan. Ia adalah penulis professional, yang dibayar atau bekerja sebagaimana layaknya penulis lainnya, yaitu menulis buku, cerita, artikel, teks, pidato, dan jenis tulisan lain.

Bedanya dengan penulis biasa, ghost writer tidak mencantumkan namanya namun, mencantumkan nama orang lain yang membayarnya atau menggunakan jasanya. Ghost writer termasuk profesi yang bergengsi lho.

Di negara maju, para tokoh, politisi, selebritis, eksekutif, menyewa jasanya untuk menuliskan buku, artikel di media, sampai membuat autobiografi. Jasa ghost writer juga kerap dipakai untuk menulis lirik lagu sampai sekenario film.

Sudah banyak tokoh besar memakai jasa ghost writer. Buku autobiografi Henry Ford konon juga ditulis oleh ghost writer. Bahkan hampir semua pidato tokoh dan kepala negara atau kepala pemerintahan ditulis oleh ghost writer atau disebut juga speechwriter.

1Sifatnya seperti Hantu

problogservice.com

Contoh mudah membedakan ghost writer dan penulis biasa, misalnya pada sebuah buku autobiografi. Jika penulis mencantumkan namanya di buku autobiografi maka dia penulis biasa. Tapi jika autobiografi itu ditulis penulis lain, maka penulis ersebut adalah ghost writer.

Seperti hantu, nama ghost writer ini tidak boleh tampak dalam karya-karyanya. Yang boleh tampak hanyalah nama klien atau orang yang membayarnya.

2Berperan Menjadi Klien yang Menulis Sendiri Bukunya

Kerja ghost writer ini seperti kerja editor di media massa, yaitu meramu tulisan dan memperindahnya. Kemampuan ini pasti dimiliki oleh seorang ghost writer yang belum tentu dimiliki oleh klien.

Hanya saja, apa yang ditulis oleh ghost writer haruslah berdasarkan pikiran atau cerita dari klien. Tidak boleh sepenuhnya mengarang sendiri.

Seorang ghost writer harus menulis sesuai pikiran kliennya. Dia harus mampu membaca gaya berpikir dan gaya berkomunikasi klien. Ini yang tidak mudah dan tidak ditemui pada penulis biasa.

Ketika menulis, seorang ghost writer seolah-olah menjelma menjadi si klien.

3Berhubungan Baik dengan Klien

theislamicmonthly.com

Oleh karena seorang ghost writer harus berperan seolah-olah menjadi klien yang menulis sendiri bukunya, maka menjalin hubungan baik dengan klien adalah hal wajib.

Bisanya dia akan ikut kemana pun si klien pergi, menyelami kehidupannya, dan belajar topik yang menjadi pemikiran kliennya. Maka biasanya seorang tokoh hanya cocok dengan satu orang ghost writer dan tidak pernah berganti-ganti jika sudah ketemu dan cocok.

Sumber tulisan kemudian diperoleh dari kedekatan dan diskusi yang dilakukan secara intens.

4Perlu Persetujuan Dua Pihak

attractionsxpress.com

Saat hasil kerja si ghost writer dipublikasi, maka buku tersebut akan menjadi hasil karya si klien. Tanggung jawab juga ada pada kliennya karena nama penulis adalah nama klien.

Jika terjadi kesalahan, maka klien yang akan menanggung. Itulah sebabnya setelah bekerja atau menulis, persetujuan klien diperlukan. Klien perlu memeriksa apakah tulisan sudah sesuai atau perlu direvisi lagi.

5Tidak Dikenal (Misterius)

goldfinchentertainment.com

Sebab kerja rahasia dan namanya yang tidak ditampilkan, banyak ghost writer yang tidak dikenal dan sulit melacak keberadaannya. Orang lebih mengenal klien atau tokoh yang memakai jasanya.

Ghost writer termasuk dalam jajaran asisten atau konsultan yang bekerja mendampingi dan mensukseskan orang lain melalui tulisan. Keren!

6Keberadaannya Dibutuhkan

mhpbooks.com

Lalu mengapa ada seseorang, biasanya tokoh besar, yang perlu jasa ghost writer? Jawabannya adalah untuk menyempurnakan karya. Banyak tokoh memiliki ide bagus, cerita menarik, namun tak banyak yang punya kemampuan atau waktu untuk menulisnya.

Untuk mendapatkan tulisan yang bagus dan enak dibaca, dibutuhkan skill menulis yang juga tak boleh sembarangan. Skill menulis seorang ghost writer biasanya sudah teruji baik dan mengagumkan.

Hal inilah yang tak banyak dimiliki para tokoh besar. Selain kemampuan menyusun kalimat dalam tulisan, ada juga masalah waktu.

Biasanya ada tokoh yang bisa menulis dengan bagus, tapi karena kesibukan jadi tak punya waktu menulis. Nah, pada titik ini pula peran ghost writer sangat dibutuhkan.

7Ada Online Ghost Writer

flickr.com

Di era cyber sekarang ini, di mana internet sudah menjadi bagian dari kehidupan, ghost writer juga muncul di ranah online.

Maka dikenalah online ghost writer. Dia dipakai untuk jasa menulis dengan medium online. Misalnya menuliskan blog tokoh atau konten media sosial.

8Mendapat Bayaran Besar

bronzesf.com

Lantas bagaimana bayaran ghost writer? Ini tergantung kesepakatan dengan klien. Ada ghost writer yang bayarannya tinggi karena ada kontrak khusus dan personal dengan tokoh besar. Tapi ada pula yang dapat sedikit honor.

9Peluang Kerja Luas

huffingtonpost.com

Jika tidak bisa membuka perusahaan sendiri, atau tidak bisa mencari klien sendiri, sesorang bisa bergabung dengan agen atau perusahaan konsultan yang kliennya butuh jasa ghost writer.

Peluang kerja di bidang ini luas sekali. Banyak tokoh yang butuh jasa ghost writer karena jumlahnya yang masih terbilang sedikit.

10Mengenal Banyak Tokoh

bonjourtristesse.net

Keuntungan menjadi ghost writer banyak sekali. Selain kemampuan menulis seseorang akan terasah, dengan menjadi ghost writer juga akan membuat seseorang memiliki relasi yang luas, mengenal tokoh yang akan menjadi klien.

Dengan demikian, seorang penulis yang berprofesi sebagai ghost writer juga akan belajar banyak dari klien yang biasanya merupakan tokoh besar. Ghost writer bisa belajar dari perjalanan hidup atau karirnya, pemikiran-pemikiran besarnya, dll.

Tertarik menjadi ghost writer?