Sebagai wanita muslim, kita diwajibkan untuk berpakaian sesuai perintah Allah SWT, yakni menutup aurat.

Tidak mengenakan pakaian yang ketat dan nerawang serta tentunya menutup kepala yakni  dengan menjulurkan kain dari kepala hingga menutup dada atau yang biasa orang menyebutnya dengan kerudung atau khimar.

Sekarang fashion muslimah berkembang sangat pesat. Mungkin dahulu wanita-wanita yang berhijab ada yang menganggap ‘kuno’ atau terlihat ketinggalan jaman.

Akan tetapi sekarang justru banyak wanita yang sangat teratarik untuk berhijab. Kita tahu bahwa banyak hijab wanita dengan gaya yang lebih menarik dan tetap syar’i. Meski ada beberapa model hijab modern tapi kurang syar’i.

Berbicara tentang pakaian wanita muslim kita sering mendengar istilah hijab, jilbab, khimar,dan kerudung.

Seringkali kita bingung apa sih perbedaan dari istilah-istilah tersebut? Bahkan bagi yang sedang belajar untuk memakai hijab pastilah ingin mengetahui perbedaan tersebut.

Perbedaan Hijab dan Jilbab

22 okii
digiscrappl.blogspot.com

 

 

Kita tentu sering mendengar kata hiiab, hijab adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti pengghalang. Dalam keilmuan Islam, hijab lebih tepat merupakan tata cara berpakaian yang pantas sesuai dengan tuntunan agama.

Hijab menurut Al-Qur’an adalah penutup secara umum, bisa berupa tirai pembatas, kelambu, papan pembatas, atau aling-aling lainnya.

Sedangkan jilbab adalah busana muslim terusan yang panjang menutupi seluruh badan kecuali wajah, tangan, dan kaki.

Jenis pakaian ini sesuai dengan tuntunan syariat Islam untuk menggunakan pakaian yang menutup aurat atau dikenal dengan istilah hijab. Jilbab adalah hijab, namun tidak semua hijab itu adalah jilbab.

Kita dapat menyimpulkan bahwa jilbab ialah pakaian lebar,  longgar dan menutupi seluruh tubuh sehingga tidak membentuk lekuk tubuh. Sedangkan hijab merupakan suatu pembatas yang menutupi aurat.

Perbedaan Khimar dan Kerudung

22 Hijab,-Jilbab,
jendelaonline10.blogspot.com

Dalam QS.An-Nur: 31 Allah SWT berfirman, “Hendaklah mereka menutupkan khumur (kerudungnya) ke dadanya.”

Khimar merupakan pakaian atas atau penutup kepala, leher, dan menjulur hingga menutupi dada wanita dari depan maupun belakang.

Khimar tidak diikatkan ke leher seperti halnya kerudung. Sering kali kita mendengar khimar disebut juga kerudung, padahla sebenarnya berbeda.

Sedangkan kerudung tidak dianjurkan dalam Islam, karena desain kerudung hanya mennutupi kepala saja tidak seperti khimar yang panjang sehingga mampu menutupi bagian dada.

Kerudung hanya menutup kepala atau leher saja, sehingga lekuk bagian leher dan dada masih terlihat.

Sudah tahu kan perbedaan hijab, jilbab, khimar dan kerudung? Semoga informasi di atas bermanfaat.