Sebagai seorang Muslim, maka kita dianjurkan untuk hidup seimbang. Salah satunya seimbang dalam urusan dunia dan akhirat. Karena ketidakseimbangan akan menimbulkan penyakit yang lama kelamaan akan mematikan atau pun menghancurkan. Begitu pula ketika kita telalu mencintai dunia, bahkan seolah-olah menjadi hamba dunia itu sendiri.

Nah pertanyaannya, sudah seimbangkah kehidupan dunia dan akhirat kita? Atau apakah kita termasuk hamba dunia? Untuk mengetahuinya, mungkin kita bisa mulai renungkan dengan melihat ciri-ciri hamba dunia berikut ini!

Back

1. Tidak Bersiap-siap Saat Waktu Sholat Akan Tiba

Ketika banyak orang sudah tidak ingat dengan pasti kapan waktu Adzan berkumandang, maka itu tandanya ia tidak pernah menanti kapan waktu sholat tiba. Dan inilah salah satu ciri dari hamba dunia. Di mana ia tidak bersiap-siap saat waktu sholat akan tiba.

Bagaimana seorang hamba dunia bisa bersiap-siap menanti waktu sholat? Sementara yang ada dipikirannya adalah pekerjaan, dan yang dinantinya serta yang menunggunya adalah tumpukan pekerjaan. Oleh karena itu, ketika ia mendahulukan tumpukan pekerjaan daripada beribadah, maka Allah akan membuatnya jauh lebih sibuk untuk mengurusi urusan dunia.

youtube.com
Back

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here