Pasta gigi atau yang juga kerap disebut dengan odol memiliki sejarah yang begitu panjang. Keberadaannya senantiasa dan berkembang sesuai dengan kebutuhan zaman. Sudah ada sejak zaman Yunani kuno, pasta gigi menjadi sebuah perlengkapan bersih diri yang wajib dimiliki.

Namun, untuk memberikan hasil yang diharapkan oleh konsumen, yaitu gigi bersih. Kerap kali produsen memasukkan berbagai macam bahan yang sangat berbahaya bila dikonsumsi secara berlebihan.

Nah, kira-kira apa saja bahan berbahaya yang mungkin ada dalam pasta gigi yang kamu gunakan sehari-hari? Berikut ulasannya.

1Formaldehida

vetpak.co.nz

Formaldehida merupakan nama lain dari Formalin. Umumnya zat kimia cair ini digunakan masyarakat untuk mengawetkan mayat sebelum dimakamkan. Serem bukan? Lalu untuk apa Formalin dicampurkan bersama bahan lain untuk pembuatan pasta gigi?

Tujuannya adalah untuk membunuh bakteri yang melekat pada gigi secara efektif. Namun bagaimana pun, cara ini tetap berbahaya karena jika sampai masuk dalam tubuh manusia secara berlebihan dapat menyebabkan penyakit bahkan kematian.

2Deterjen

rinso.co.id

Ada juga produsen yang memasukkan deterjen sebagai bahan campuran membuat pasta gigi. Ada-ada saja memang. Dan jika mengkonsumsinya secara berlebihan tentu akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh kita.

3Peppermint Oil

morningpep.com

Bahan ini juga sering dipakai sebagai campuran bahan pasta gigi. Dengannya, konsumen akan merasakan sensasi kesegaran nafas setelah menggunakan pasta gigi. Akan tetapi, peppermint oil yang dikonsumsi secara berlebihan bisa membuat denyut nadi melemah dan kontraksi pada otot.

4Parafin

upload.wikimedia.org

Parafin atau yang sering dikenal dengan lilin minyak bumi jelas bukan zat yang layak dikonsumsi manusia. Meski demikian, tidak jarang produsen pasta gigi mencampurkan zat berbahaya ini. Jika mengkonsumsi berlebihan, kita akan merasakan nyeri perut, mual, sembelit dan muntah.

5Gliserin Glikol

needtobecosmetics.com

Bahan ini memang jarang kita dengar. Fungsinya agar pasta gigi tidak mudah kering dalam kemasan. Karena itulah para produsen acap kali mencampurkannya bersama bahan lain dalam membuat pasta gigi.

6Kapur

g01.s.alicdn.com

Apakah kamu masih ingat kapur tulis yang digunakan oleh guru kita saat mengajar di kelas? Bahan kapur yang sama juga digunakan dalam campuran bahan pasta gigi. Fungsinya untuk menghilangkan plak-plak yang menempel pada gigi. Zat ini bisa mengganggu kinerja sistem pernafasan kita lho.