Teknologi telah menggeser cara seseorang dalam berkomunikasi. Kini telepon dan sms yang dulu sempat booming sudah mengalami pergeseran.

Dengan berlimpahnya internet, berbagi pesan teks dan suara bisa dilakukan dengan data. Termasuk boomingnya media sosial.

Kini handphone telah bergeser eranya menjadi smartphone. Dengan satu gadget semua pekerjaan hampir bisa dilakukan. Mulai dari menyelesaikan pekerjaan di kantor, mencari informasi dengan cepat, berhubungan dengan teman dan kerabat sampai mencari ojek untuk bepergian.

Salah satu platform smartphone yang saat ini paling populer adalah android. Pemakaiannya yang gratis membuat platform ini banyak disukai. Selain itu jutaan aplikasi bisa diunduh baik secara cuma-cuma maupun gratisan.

Nah berikut ini beberapa daftar aplikasi yang sering dipasang di smartphone pengguna Android. Kebanyakan adalah aplikasi sosial media.

1Clean Master

clean-master.en.softonic.com

Eits, kok bukan aplikasi sosial media? nah ternyata berdasar data dari pengunduh di Google Play Store, aplikasi yang paling banyak diundur sepanjang tahun 2015 adalah Clean Master

Aplikasi ini bahkan mendapat permintaan iklan in-app sebanyak 1 triliun kali. Clean Master adalah aplikasi serba guna yang dapat mempercepat performa sekaligus menghemat pemakaian baterai.

Hanya dengan mengetuk satu tombol “Clean Master”, kamu bisa membuang cache dan file-file sisa yang terkumpul di smartphone.

2Whatsapp

myventure.in

Aplikasi instan messaging milik Facebook ini kini merajai aplikasi yang sejenis. Di Indonesia dan mungkin di dunia, orang-orang sudah beralih dari aplikasi instan messaging seperti Blackberry Messenger (BBM) ke Whatsapp.

Ukurannya yang ringan dan pemakaian data yang kecil dibanding BBM membuat Whatsapp lebih digemari. Whatsapp yang muncul lebih dulu dengan multiplatformnya terbukti bisa meruntuhkan dominasi BBM yang dulu awalnya hanya bisa digunakan di smartphone BlackBerry saja.

3Facebook for Android

thenextweb.com

Facebook meski sempat disaingi oleh Twitter sebagai media sosial baru, kini kembali merangkak naik menguasai pasar.

Facebook lebih mengakomodir orang orang untk banyak berdiskusi. Share video yang kini lazim dilakukan dan bisa lebih menyaring akun-akun yang bukan akun boot.

4Twitter

firmankurniawan.com

Twitter masih menjadi favorit. Terutama untuk mengupdate berita-berita dari media yang masih menggunakan twitter sebagai platform penyebaran berita.

Namun mudahnya orang membuat akun twitter, membuat popularitas twitter mulai merosot. Karakternya yang terbatas juga membuat orang mencari alternatif lain aplikasi yang serupa.

5Path

blog.jakpat.net

Aplikasi ini lagi digandrugi anak-anak muda Indonesia. Entah ada kaitannya tidak dengan kepemilikan saham Aburizal Bakrie di Path.

Namun aplikasi ini banyak dipakai karena lebih ekslusif dalam pertemanan. Fiturnya yang seperti instagram membuat orang lebih bebas menshare foto-foto ke teman-temen terdekatnya.