Akses internet yang semakin cepat membuat orang kini lebih gemar menyimpan video dibandingkan file suara atau gambar saja.

Lihat saja di tampilan timeline Facebook, saat ini lebih dipenuhi beragam video. Ingin mendengarkan lagu terbaru tanpa harus melanggar hak cipta, cukup dengarkan di media sosial seperti Youtube.

Youtube bahkan menjelma menjadi provider penyedia video lewat internet terbesar di dunia. Tak jarang dengan berbagai keperluan, kita ingin mendownload video yang cukup bagus di Youtube agar bisa disimpan di gadget kita.

Youtube memang tidak menyediakan fitur download video-video yang diunggah. Namun berkembang beragam software yang berguna mendownload video, salah satunya dari Youtube.

Beragam software ini bisa digunakan langsung di personal computer, laptop atau bahkan gadget smartphone kamu.

Saat kamu ingin memilih software untuk mendownload video dari Youtube, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan.

Diantaranya apakah hasil video yang di didownload bisa support beragam jenis video agar bisa diputar. Selain itu perhatikan berapa ukuran file software itu apakah memakan memori cukup banyak atau tidak.

Nah, berikut beberapa alternatif software downloader video yang bisa kamu pakai.

1TubeMate Android YouTube Downloader

mosh.ph

TubeMate Android YouTube Downloader adalah aplikasi download video android termudah dan merupakan salah satu dari aplikasi download video android tercepat.

Ukuran dari TubeMate ini sangant kecil hanya 1,3MB. Jadi tidak terlalu banyak memakan kuota internet untuk mendownloadnya.Memori di smartphone juga tak banyak terpakai.

2YTDownloader

www.2-viruses.com

Aplikasi ini cukup mudah digunakan. Memang berbasis web portal sehingga lebih cocok digunakan saat berselancar dengan laptop.

Kamu tinggal copy paste alamat Youtube dan Facebook kemudian pilih jenis file video apa yang akan disimpan. Termasuk memilih bagaimana kualitas video.

3WonTube YouTube Downloader

www.chromeextensions.org

Selain TubeMate, salah satu yang cukup terkenal di kalangan pengguna internet untuk mendownload video dari Youtube adalah WonTube.

Selain mudah digunakan, WonTube juga memiliki kemampuan untuk meresume video yang didownload. Selain itu ada fitur pause untuk menghentikan sejenak tampilan video.

4Free Video Downloader

freewareupdate.com

Aplikasi yang satu ini pada dasarnya memang bukan fokus untuk download video dari Youtube saja. Aplikasi ini lebih berfungsi sebagai utility.

Namun Free Video Downloader bisa juga digunakan sebagai software untuk mendownload video dari Youtube. Beberapa sumber menyebut, Free Video Downloader sudah mendownload lebih dari 40 juta video lewat android.

5YouTube Downloader

www.dailymotion.com

Ini dia aplikasi download video terbaik 2015. Kapasitas memori yang digunakan sangat kecil, hanya 375 kb. Sangat kecil bukan untuk ukuran sofware pendownload video.

Aplikasi yang sangat ringan ini banyak mendapat pujian karena userfriendly. Kamu yang menggunakan YouTube Downloader bisa langsung menyimpan video yang didownload langsung ke memori smartphone.

Dengan software ini kamu bisa memilih video yang hendak didownload lewat menu searching. Lalu kamu bisa mendownload video yang kamu suka sepuasnya. Tentu harus dengan koneksi internet yang baik ya.

6Atubecatcher

atube-catcher.en.softonic.com

Software pendownload video ini bisa digunakan dalam beragam platform. Atubecatcher selain mendownload video dari Youtube juga bisa digunakan untuk video dari Yahoo, MySpace dan Dailymotion.

Atubecatcher disukai karena memiliki beragam fitur yang mudah digunakan. Selain itu Atubecatcher juga memiliki beragam format video hasil download seperti AVI, FLV, MOV, WMV, MPG, MP4, PSP, 3GP.

Atubecatcher juga memiliki fitur yang sangat menarik. Aplikasi ini bisa mencapture gambar dari video dan lain sebagainya.

Bahkan kamu bisa menikmati menu seperti pause dan stop sehingga mendownload video jadi lebih asyik.

Hemat kuota. Sekali download kita hanya menyedot kuota internet dengan jumlah tertentu saja, bilanglah 50 MB.

Kemudian file ini disimpan di komputer dan bisa ditonton berkali-kali tanpa perlu terkoneksi dengan internet dan menyedot kuota.

Bagaimana dengan streaming? Streaming akan terus menyedot kuota internet jika kita terus menontonnya berulang-ulang walaupun dengan video yang sama.

Misalnya kamu menonton video A sekarang dengan menghabiskan kuota 50 MB, kemudian besok menonton lagi video A yang juga menghabiskan kuota 50 MB.

Setiap kali streaming kuota akan tersedot dan jika semakin sering maka kuota akan cepat habis. Tapi jika download kita tidak perlu takut kehilangan kuota banyak karena bisa ditonton secara offline (tanpa koneksi internet).

Tidak khawatir koneksi lemot. Kondisi jaringan yang naik turun akan membuat aktivitas menonton video tidak lancar, loading lama dan membosankan.

Sedangkan ini tidak akan terjadi jika kita sudah mendownload file video itu, karena video akan terputar lancar tanpa memerlukan koneksi internet.

Bisa minta teman. Jika kita tidak mau menghabiskan kuota untuk download, kita bisa meminta file video dari teman yang sudah punya dan meng-copy-nya.

Sedangkan streaming tidak bisa kita copy videonya begitu saja, karena harus didownload dari internet. Hemat, kan…

Hemat baterai. Streaming merupakan aktivitas penyedot baterai yang jempolan. Jika kita sedang berada di dalam situasi yang jauh dari sumber listrik,

sebaiknya tidak berstreaming secara kalap karena akan membuat baterai terkuras dan smartphone atau laptop akan mati.

Sedangkan menonton file download tidak akan terlalu menguras baterai karena tidak tergantung dari sinyal atau koneksi internet.

Selain keunggulan, download pun memiliki kekurangan yang perlu diketahui. Misalnya, menghabiskan harddisk.

Semakin banyak file yang disimpan dalam komputer maka akan semakin menyesakkan harddisk kita. Jadi kalau suatu file sudah ditonton, sebaiknya dihapus saja agar harddisk tidak penuh sesak.

Prosesnya lebih lama. Untuk bisa mendownload suatu file kita harus mengikuti proses tertentu, misalnya mendownload suatu film di internet.

Kita bisa dibawa ke dalam halaman-halaman yang bisa membuat bingung dan akhirnya tidak jadi mendownload filmnya.

Tapi untuk mendownload video youtube, Internet Download Manager merupakan cara tercepat dan termudah. Karena kita hanya perlu mengklik tombol download yang muncul diatas video yang sedang terputar.

Kemudian, cara download video youtube menggunakan IDM (Internet Download Manager). Software IDM ini yang berguna untuk mendownload file apa saja dari internet termasuk video di youtube.

Jadi syarat pertama kamu harus punya software IDM dan jika belum, kamu bisa download dan instal pada komputermu terlebih dahulu.

Jika IDM sudah tersinstal, sekarang kamu buka atau kunjungi halaman video youtube yang ingin kamu download. Jika videonya sudah terbuka, langsung klik play.

Jika IDM sudah terinstal, biasanya akan muncul tombol dengan tulisan “Download video from this page”. Klik tombol tersebut untuk mendownload video youtube menggunakan IDM.

7Mengunduh dengan SaveFrom

askubuntu.com

SaveFrom merupakan berbentuk sebuah website yang berfungsi untuk mendownload file-file dari internet terutama video yang paling sering untuk didowanload tetapi juga sulit untuk mencari link download seperti youtube.com.

Savefrom membuatmu dapat dengan mudah mendownload file video. Kamu dapat menggunakan layanan ini secara gratis.

Dengan bantuan SaveFrom.net, kamu juga dapat mendownload audio, video, dan jenis-jenis file dari berbagai situs dan jaringan sosial yang memiliki link download tersembunyi.

Savefrom Support video di youtube.com, dailymotion.com, facebook.com, jadi kamu bisa mendownload berbagai jenis file-file (terutama video) di situs-situs tersebut.

Tidak sebatas di situs-situs yang disebutkan tersebut, kamu juga dapat mendownload file-file video di situs-situs lainnya.

Cara menggunakan layanan Savefrom.net (misalnya kamu ingin mendownload video di youtube.com, langkah-langkahnya copy URL video youtube yang akan kamu download.

Paste URL video yang sudah dicopy sebelumnya di kotak yang disediakan savefrom, klik download.

Sebenarnya ada cara yang lebih cepat tanpa kamu harus mengikuti 3 langkah diatas. Kamu cukup menambahkan alamat “savefrom.net /” atau “sfrom.net /” sebelum URL video yang akan kamu download, lalu tekan Enter.

Contoh: sfrom.net/ https://www.youtube.com/watch?v=5InwbCXJVGI

Selanjutnya, tunggu loading sebentar, lalu muncul preview video yang akan kamu download. Pilih format file Video yang kamu inginkan di download.

Disana biasanya terdapat beberapa format seperti FLV, MP4, 3GP, dan format lainnya. Selesai, video sudah di download dengan mudah.

Adapun kelebihan dari layanan SaveFrom.net yaitu kamu dapat mengunakan layanan dari savefrom dengan gratis.

Tidak perlu melakukan pendaftaran untuk mengunakan layanan savefrom. Savefrom bukan sebuah software, jadi jika kamu ingin mengunakan-nya tidak perlu menginstall sebuah software.

Cepat dan mudah dalam proses mendownload. Cukup banyak support download file-file video pada banyak situs, cari keterangannya di website aslinya Savefrom.net.

Kekurangannya kamu harus mengunjungi alamat website en.savefrom.net setiap kali kamu ingin mendownload.

Tetapi membuka halaman web tersebut tentu merupakan hal yang mudah. Jadi tetap Savefrom merupakan sebuah tempat yang menjadi favorit tempat download video.

8Kelebihan Torrent

ridwan-blog.com

Kecepatan Download Maksimal. Jika kamu memilih file torrent yang tepat maka kamu bisa mendapatkan kecepatan maksimal saat mendownload torrent.

Terutama jika kamu memilih seeder yang banyak dibandingkan leechernya, maka kecepatan download yang kamu dapatkan akan maksimal sesuai dengan diberikan layanan provider internet yang kamu gunakan.

Jika kamu mencoba mendownload direct sumbernya hanya satu yaitu server filesharing itu sendiri yang membatasi bandwithnya.

Hanya segelintir filesharing yang memberikan bandwith penuh ketika kamu mendownload filenya. Sedangkan dengan torrent bandwith akan dibagi ke beberapa seeder sehingga kamu bisa mencapai kecepatan download maksimal.

Informasi File Download Lebih Lengkap. Ketika kamu berhasil terhubung dengan setiap peer atau seeder dan mulai mendownload, maka kamu akan mendapatkan informasi lengkap dari file tersebut.

Contohnya seperti file yang ada di dalam torrent itu, sumber file, tracklist, bitrate dan sebagainya. Ini membuat kamu bisa mendownload file yang kamu perlukan.

Sedangkan ketika kamu mencoba mendownload file secara direct download maka kamu akan mendownload file secara langsung. Tidak ada jaminan bahwa file itu benar-benar file yang ingin kamu download.

Jaminan File Asli. Sebelum kamu mendownload file yang kamu inginkan dari torrent, kamu bisa melihat rating, vote, komentar dari situs download torrent yang bisa meyakinkan kamu bahwa file tersebut aman dan asli.

Dengan begini kamu tak perlu takut salah download atau file torrent yang kamu download itu merupakan virus karena sebelumnya kamu telah melihat komentar dari rating.

Jika banyak komentar negatif dan juga rating yang buruk, kamu tak perlu mendownload file torrent tersebut.

Seeder akan Semakin Berkembang. Sebuah tracker akan berkembang dengan sendirinya membawa ke komunitas yang terus berkembang.

Dengan begini seeder dari file torrent kamu akan terus berkembang dan membuat kecepatan download maksimal. Semakin lama file torrent tersebut akan semakin banyak seedernya.

File Akan Bersarang Di Torrent Lebih Lama. Semua torrent akan disimpan sampai berbulan-bulan, selain itu banyak file torrent yang disimpan untuk selama-lamanya.

Contohnya seperti torrent dari file Ubuntu atau software gratis lainnya. Sementara di situs file sharing, sebuah file hanya akan disimpan hanya beberapa minggu. Selain itu Tracker juga akan menyimpan info tentang file kamu.

Pencarian yang Lebih Mudah. Tracker memiliki banyak cara yang dapat memperluas pencarian file ke Search Engine.

File torrent yang kamu bagikan akan dapat ditemukan dengan cepat di Search Engine. Ini akan membuat seeder dari file kamu terus bertambah jika kamu membagikan file populer.

Download File Lebih Jelas dan Mudah. Beberapa Tracker menyediakan cara mudah untuk mendownload, kamu hanya perlu mengcopy mangnet link atau torrent file ke software torrent client.

Sementara file sharing membutuhkan kejelian saat mendownload, kamu harus berhati-hati karena banyak iklan yang terpampang di situs mereka.

Bebas Download dengan Kecepatan Maksimal. Tidak ada batasan untuk mendownload berapapun torrent, tidak ada waktu untuk menunggu antara download satu dengan download lainnya, selain itu tidak ada penurunan kecepatan pada download torrent selanjutnya.

Sedangkan di situs file sharing kamu harus menunggu untuk download file selanjutnya. Selain itu kadang-kadang ada penuruan kecepatan download untuk download file kedua.

Download Lebih Leluasa. Hampir semua file torrent ketika kamu download bisa kamu pause dan resume lagi.

Ketika kamu download di tempat WiFi-Id, tiba-tiba waktunya habis atau ketika kamu ingin pulang ke rumah kamu bisa mempausenya dan resume ketika ingin mendownload lagi. Sedangkan hanya beberapa file sharing saja yang bisa kamu pause dan resume lagi.

Tidak semua file torrent aman untuk kamu download, kadang beberapa diantara mereka memiliki virus dan kamu harus awas, selalu aktifkan antivirus untuk keamanan komputer kamu.

Memang banyak keuntungan yang kamu dapatkan dari mendownload torrent, tapi dilihat dari kebutuhannya juga.

Kalau kamu mencoba download Ubuntu dari direct download gagal atau tidak mencapai kecepatan download maksimal, mungkin kamu harus mencoba torrent.

Blokir Situs Dewasa di PC Windows 8, kamu harus login sebagai akun administrator, mengakses Control Panel, memilih Network and Internet. Kemudian, pilih Internet Options, klik kolom Content dan klik Family Safety.

Setelah itu, pilih akun pengguna yang ingin kamu terapkan sistem blokir dari situs dewasa. Lalu, pilih “On, enforce current settings”, kemudian klik Web filtering dan pilih “can only use the websites I allow”.

Kamu kemudian dapat mengatur ‘restriction level’ dan memilih “Designed for children”. Setelah itu, kamu dapat menutup jendela dengan mengklik close (tanda silang merah di kanan atas) dan situs dewasa telah terblokir.

Gunakan Add-ons Browser Mozilla Firefox Untuk memblokir situs pornografi, kamu juga dapat menggunakan fitur add-ons pada browser Mozilla Firefox. Pertama-tama, pengguna bisa mengklik Tools, dan pilih add-ons.

Kemudian, kamu bisa menambah ekstensi baru dengan mencarinya pada kolom search. Kamu dapat mengetik ‘parental controls’ atau ‘block adult sites’. Pada hasil pencarian, kamu akan menemukan add-ons baru dengan tema terkait ‘parental controls’.

Kemudian, pengguna bisa memilih install. Setelah itu, pengguna dapt mengatur atau mengakses settings untuk memastikan konten dewasa telah terblokir.

Blokir Situs dengan SafeSearch di Google Saat browsing internet, pengguna bisa dengan aman berselancar di dunia maya dengan fitur ‘filter explicit results’.

Cara mengaktifkannya, pengguna bisa mengetikkan URL http://www.google.com/preferences. Kemudian, tandai atau centang ‘filter explicit results’.

Setelah itu, pengguna bisa mengklik tombol Save. Dengan mengaktifkan ‘filter explicit results’, konten pornografi akan secara otomatis ter-filter dan dihapus dari Google Search.

9Cara Memblokir Konten Porno di Youtube

windowsmode.com

Konten pornografi, SARA dan konten yang tidak sepatutnya ditonton oleh anak – anak atau orang yang belum dewasa di Youtube akhirnya bisa diminimalisir.

Saat ini di Youtube sudah bisa di setting sebagai default di browser (seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari dan lainnya) melalui website Youtube dengan memanfaatkan menu Safety Mode.

Caranya sangat mudah, tanpa harus log-in ke Youtube. Scroll ke bagian bawah halaman Youtube, cari tombol dropdown Safety, jika tombol Safety menunjukkan status Off, maka aktifkan modus Safety Mode On dengan memilih radio button On.

Lalu tekan tombol Save. Dengan langkah – langkah ini, browser secara default akan memblokir pengguna untuk mengakses konten yang dikhususkan untuk orang dewasa.

Jika kamu mempunyai akun Google, seperti Gmail dan sudah login dengan login Google, maka akan ada opsi untuk membuat opsi Safety Mode ini tetap on secara default di browser. Akan ada checkbox yang bisa kita centang untuk mengaktifkannya.

10Cara Memblokir Website di Android

xilisoft.com

Internet adalah dunia maya tanpa batas, hampir semua kalangan bisa mengakses internet tanpa terkecuali, tua muda besar kecil tidak jadi patokan dan hal ini sangat mengkawatirkan buat para orang tua.

Apalagi sangat banyak orang atau anak-anak yang masih awam dengan Internet ini, jika terus dibiarkan tanpa diawasi/kontrol maka mereka mudah tersesat dan tejerumus ke hal-hal negatif di internet.

Apalagi jaman sekarang orang tua di perkotaan bisa dipastikan menggunakan smartphone yang tersambung ke internet, jadi kapan saja si anak bisa pinjam.

Sebagai orang tua, kamu harus waspada dengan hal semacam ini. Jangan sampai anak-anak mengakses website yang belum pantas buat mereka.

Kamu bisa memblokir website-website yang kurang pantas itu dengan mengakali sistem Androidnya atau mengganti browsernya.

Dengan Menggunakan Browser. Android sudah punya browser bawaan, dan banyak browser lain yang bagus.

Tapi khusus untuk keperluan ini kamu bisa mencoba browser ParentalFlux Parental Control. Browser ini sudah dilengkapi dengan fitur blokir website, kamu tinggal pakai saja.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan dengan adroid kita untuk memblokir situs porno, dan website tertentu, semoga cara ini bisa membatu kita semua.

Gunakan Add-ons Browser Mozilla Firefox. Untuk memblokir situs pornografi, kamu juga dapat menggunakan fitur add-ons pada browser Mozilla Firefox. Pertama-tama, pengguna bisa mengklik Tools, dan pilih add-ons.

Kemudian, kamu bisa menambah ekstensi baru dengan mencarinya pada kolom search. Kamu dapat mengetik ‘parental controls’ atau ‘block adult sites’.

Pada hasil pencarian, kamu akan menemukan add-ons baru dengan tema terkait ‘parental controls’. Kemudian, pengguna bisa memilih install. Setelah itu, pengguna dapat mengatur atau mengakses settings untuk memastikan konten dewasa telah terblokir.

Blokir Situs dengan Safe Search di Google. Saat browsing internet, pengguna bisa dengan aman berselancar di dunia maya dengan fitur ‘filter explicit results’. Cara mengaktifkannya, pengguna bisa mengikuti link ini

Kemudian, tandai atau centang ‘filter explicit results’. Setelah itu, pengguna bisa mengklik tombol Save. Dengan mengaktifkan ‘filter explicit results’, konten pornografi akan secara otomatis ter-filter dan dihapus dari Google Search.

11Dampak Menonton Video Porno

afauzi007-wordpress.com

Pornografi memberi makan pada “keinginan mata” dan “keinginan daging” yang tidak akan pernah terpuaskan. Pornografi hanya akan membuat ‘penontonnya’ minta tambah, tambah, dan tambah lagi.

Dengan mudah, pornografi memperbudak orang akan nafsunya dan membuka pintu terhadap segala jenis kejahatan seperti kemarahan, penyiksaaan, kekerasan, kepahitan, kebohongan, iri hati, pemaksaan, dan keegoisan.

Kekuatan tersembunyi dibalik pornografi akan menunjukkan dirinya pada saat orang yang sudah terlibat berusaha menghentikan kebiasaannya. Tanpa bantuan, biasanya orang itu tidak berdaya untuk lepas.

Pornografi membuat cara berpikir seseorang menjadi penuh dengan seks semata. Pikiran seks akan menguasai alam bawah sadar mereka.

Gambar berbau seks akan melekat pada otak mereka, sehingga pada saat seseorang memutuskan untuk berhenti melihat pornografi-pun, gambar-gambar yang pernah ia lihat dimasa lalu akan bertahan sampai beberapa tahun bahkan selama-lamanya.

Pornografi menjadi ajang promosi terhadap praktik seksual yang menyimpang. Contohnya, situs porno internet biasanya terhubung dengan situs porno yang lebih progresif seperti homoseks, pornografi anak, seks dengan hewan, perkosaan, seks dengan kekerasan dan lainnya.

Ini akan membuat orang-orang tertentu terganggu secara mental dan tertantang untuk mencoba. Dengan demikian, makin banyaklah perilaku seks menyimpang di masyarakat.

Pornografi membuat seseorang terpicu untuk lebih suka melayani diri sendiri dibanding orang lain. Masturbasi/onani adalah contohnya.

Ini adalah tindakan pemenuhan nafsu pribadi yang bisa membuat seseorang sulit menerima dan membari cinta yang sebenarnya pada orang lain. Pornografi biasanya membuat orang kecanduan masturbasi/onani.

Pornografi akan membawa seseorang terhadap penggunaan waktu dan uang dengan sangat buruk. Sedikit ada waktu luang atau uang lebih, akan dihabiskan untuk memuaskan hawa nafsunya.

Dengan sering melihat situs porno atau membeli film/majalah porno, orang-orang tersebut mendukung perkembangan industri pornografi yang biasanya dikelola oleh “kejahatan terorganisir” yang mencari dana dengan cara haram.

Terbiasa melihat pornografi akan merusak hubungan orang tersebut dengan lingkungannya, dalam hal ini keluarga atau orang-orang terdekatnya.

Pada hubungan pacaran, hubungan yang berkembang menjadi tidak sehat. Orang yang terlibat pornografi akan menyalahkan pasangan kumpul kebo/zinanya pada tindakan-tindakan seksual yang mereka lakukan.

Padahal masalah itu terdapat pada pribadinya sendiri, dan pasangannya adalah si ‘korban’. Pada pasangan yang telah menikah, ini akan memicu ketidakpuasan seksual dan praktik seksual yang menyimpang sehingga mengarah ke arah ketidakharmonisan keluarga, bahkan perceraian.

Dalam banyak kasus, pornografi membuat seseorang kehilangan daya kerjanya. Yang tadinya aktif dan kreatif bisa menjadi tidak fokus dalam pekerjaan.

Pornografi dapat merusak hubungan seksual dengan pasangan karena terbiasa membayangkan orang lain dalam hubungan seksual.

Imajinasi adalah salah satu efek pornografi yang sangat kuat. Nilai dan kemurnian seksual sesungguhnya menjadi rusak.

Melihat pornografi akan membuat seseorang menjadi sering berbohong. Orang yang terikat pornografi akan menyimpan kebiasaannya ini sebagai rahasia,

sehingga dengan berbohong ia dapat menyembunyikan rasa malunya dan menghindari kritik dari lingkungannya. Kemanapun ia pergi, ia akan cenderung memakai ‘topeng’.

Pornografi akan membawa seseorang pada konsekuensi spiritual yang serius. Tekanan dan kebingungan akan memenuhi hidupnya. Pornografi membawa kekuatan jahat yang akan mengontrol dan mendominasi pemirsanya.

Sekali saja seseorang melihat pornografi, itu akan membawanya semakin dalam. Nilai moral yang benar makin lama makn pudar, sehingga timbul standar ganda yang membingungkan.

Pornografi akan membuat seseorang mempercayai semua kebohongan yang ditawarkan oleh pornografi sendiri.

SHARE