Aplikasi Pencari Makanan Halal Di Taiwan Karya Mahasiswa Indonesia

sumber gomuslim.co.id

Sebagai seorang Muslim yang memiliki hobi Traveling ke luar negeri terkadang kekhawatiran akan konsumsi makanan halal dan menemukan tempat ibadah menjadi kendala tersendiri di negara yang minoritas Islam. Namun saat ini tidak perlu khawatir jika berkunjung ke Taiwan, pasalnya sudah ada aplikasi untuk mencari makanan halal, sebab mengkonsumsi makanan halal adalah harga mati bagi setiap umat Muslim.

sumber gomuslim.co.id

Aplikasi berbasis android ini merupakan kreasi dua mahasiswa asal Indonesia yang sedang belajar di Taiwan. Mereka adalah Aris Kusumo Diantoro dan Faisal Fahmi sebagai pencipta aplikasi ini akan membantu menemukan produk dan pelayanan halal di Taiwan. Keduanya sedang menempuh program magister di National Chiao Tung University (NCTU) Taiwan.

“Aplikasi Taiwan Halal ini dapat mengatasi masalah yang dialami umat Islam, baik pekerja, pelajar, maupun wisatawan, yang menginginkan produk dan pelayanan halal di negeri yang menjadi rumah bagi dua perusahaa raksasa komputer dunia, ACER dan ASUS”, ungkap kedua pencipta aplikasi.

Lanjut mereka, melalui aplikasi ini, umat Islam di Taiwan nanti akan mendapatkan banyak informasi mengenai restoran atau rumah makan halal, hotel yang memberikan pelayanan halal, masjid, dan komunitas Muslim di Taiwan.

“Saat ini pengetahuan mengenai kehalalan masih rendah. Muslim yang datang ke Taiwan tentunya akan merasa khawatir dengan makanan dan lingkungan di Taiwan,” ujar Aris.

Aris berharap melalui aplikasi ini, umat Islam di Taiwan nanti akan mendapatkan banyak informasi mengenai restoran atau rumah makan halal, hotel yang memberikan pelayanan halal, masjid, dan komunitas Muslim di Taiwan.

“Kami berharap program yang dapat diakses melalui telepon seluler dan komputer ini dapat memandu mereka,” imbuhnya.

Saat ini Taiwan Halal masih dalam tahap Beta, yang artinya masih dalam tahap percobaan. Sehingga aplikasi Halal Taiwan dapat terus berkembang dan secara konsisten mampu memberikan pelayanan dan informasi mengenai kuliner halal di Taiwan.

sumber gomuslim.co.id

Belakangan ini negara yang beribukota Taipe ini tengah gencar menjadi negara yang ramah bagi umat Muslim, selain bandara, stasiun kereta api, terminal bus, dan tempat objek wisata sudah dilengkapi dengan sarana beribadah bagi umat Islam, sejumlah hotel dan rumah makan di Taiwan juga telah mendapat sertifikat halal untuk makanan dan minuman.

Selain itu, banyak juga restoran dan hotel yang menyediakan makanan yang sudah bersertifikasi halal. Sertifikat halal tersebut didapat dari Asosiasi Muslim China (CMA) Taiwan yang beberapa di antara anggotanya belajar kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam menerapkan standar sertifikasi halal. Kini Taiwan ada di peringkat 7 tujuan wisata muslim dunia, terjadi lonjakan 3 peringkat dari sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here