Root merupakan salah satu tindakan untuk mendapatkan hak akses paling atas dari sebuah program dimana kita dapat melakukan apa saja jika sudah memiliki akses root.

Dengan akses root kita dapat melakukan apapun pada sebuah program termasuk juga sebuah sistem operasi android.

Kita dapat menghapus sebuah file sistem sesuka hati, termasuk menghapus berbagai aplikasi bawaan dari sebuah smartphone yang terkadang memang kita tidak tahu apa gunanya.

Namun memiliki akses root bukan berarti kamu dapat menghapus file system secara bebas. Ada beberapa file system yang jika kamu menghapusnya, maka sistem operasi android kamu akan mengalami gagal booting setelah dilakukannya restart, karena kehilangan sebuah file yang dihapus tadi.

Nah ada beberapa aplikasi root terbaik yang direkomendasikan bagi kamu ketika baru melakukan root pada android.

Ada beberapa aplikasi root yang wajib diinstal pasca android kamu diroot. Aplikasi ini berguna untuk mengoptimalkan dan memudahkan kinerja andoridmu.

Apa saja apikasi root itu?

1FramaRoot

begawei.com

Aplikasi root ini sudah cukup terkenal di kalangan pengguna android. Aplikasi ini sangat ampuh untuk membuat smartphone kamu memiliki akses root.

Hampir setiap perangkat android berhasil diberikan akses root hanya dengan menggunakan aplikasi root ini. Penasaran? Silahkan coba sendiri secara langsung dan dapatkan akses root untuk perangkat androidmu.

2KingRoot

ibtimes.co.uk

KingRoot ini merupakan salah satu aplikasi root android tanpa PC yang berasal dari Tiongkok. Terlihat jelas bahwa ketika membuka aplikasi ini pada device android akan mendapati bahasa – bahasa Tiongkok.

3Root Genius Mobile

rootinstall.weebly.com

Seperti halnya KingRoot, aplikasi root ini juga tersedia dalam bahasa Tiongkok. Jika kamu masih belum berhasil melakukan root dengan menggunakan aplikasi KingRoot, kamu bisa mencoba aplikasi Root Genius Mobile ini.

4Busybox Pro

apps2apk.com

Aplikasi toolbox yang berisi perintah-perintah android tambahan yang dapat diakses melalui terminal emulator ini memang sangat berguna bagi pengguna android yang sudah diroot dan tentunya bagi para developer dan modder.

BusyBox dirancang untuk menjadi executable kecil untuk digunakan dengan kernel Linux, yang membuatnya ideal untuk digunakan dengan perangkat embedded. Djuluki “The Swiss Army Knife Embedded Linux”.

5SuperSU

andro-pop.blogspot.com

Aplikasi ini memang sangat dibutuhkan bagi pengguna android yang sudah diroot. Pada versi baru ini, supersu menambahkan kecepatan akses root di saat proses booting dan tidak terlalu berat pada saat startup.

6Xposed Installer

japanmobiletech.com

Aplikasi ini merupakan salah satu jembatan pemodifikasi framework dan system. Dengan aplikasi ini, kamu dapat melakukan modifikasi system dan framework secara mudah

Aplikasi ini juga didukung dengan beberapa aplikasi tambahan dan dikhususkan untuk android 4.0+ , namun di bawah itu belum tentu kamu bisa menginstallnya.

7Lucky Patcher

onhax.net

Aplikasi patcher ini memang sangat diperlukan bagi android yang baru diroot. Patcher dapat melakukan hal fantastis yang akan memuaskan pengguna android yang sudah diroot.

Aplikasi ini dapat melakukan patcher,menghilangkan verifikasi lisensi,penghilangan iklan,modifikasi aplikasi,install custom google play store dan lain-lain

8Greenify

smartgizmo.net

Greenify termasuk aplikasi mudah dan efektif untuk meningkatkan daya tahan baterai smartphone root Anda.

Ini adalah aplikasi yang sangat sederhana dan fungsi dasarnya adalah untuk hibernate aplikasi latar belakang pada android Anda. Anda juga memiliki pilihan untuk selektif dalam proses hibernasi aplikasi Anda.

9Titanium Backup

androidheadlines.com

Titanium Backup adalah aplikasi yang mudah digunakan bagi pengguna smartphone root Android. Ini adalah aplikasi terbaik untuk membuat cadangan data dan ROM.

Aplikasi Titanium Backup menyediakan para penggunanya dengan beberapa pilihan untuk membuat cadangan seperti back up data dan aplikasi tertentu.

Tidak hanya itu, kamu dapat juga secara otomatis melakukan jadwal backup, membekukan aplikasi dan mengubahnya serta masih banyak lagi. Titanium Backup adalah aplikasi yang lengkap dan sangat disarankan untuk mencobanya.

10ROM Manager

teloji.com

ROM Manager adalah salah satu aplikasi bagus untuk semua penggemar smartphone root yang ingin melakukan flash ROM baru dan versi baru Android pada smartphone rootmu.

Aplikasi ROM Manager ini memberikanmu daftar semua ROM terkenal dan tersedia untuk perangkat root yang kamu butuhkan.

Kamu juga dapat men-download ROM Custom melalui aplikasi ROM Manager ini, yang akan menghemat banyak waktu mencari ROM Custom di internet. Versi pro dari aplikasi ROM Manager ini juga patut dicoba.

11Trickster MOD

9androidapps.com

Trickster Mod adalah sebuah aplikasi root android yang mengagumkan. Meskipun ada banyak aplikasi versi root di luar sana yang dapat melakukan tugas yang sama, dukungan Trickster Mod dan antarmuka yang bagus membuat Trickster Mod mengalahkan mereka semua.

Dengan aplikasi Trickster Mod ini, kamu bisa melakukan overclock ponsel rootmu untuk membuatnya terbang seperti kupu-kupu, undervolt untuk meningkatkan masa pakai baterai, dan masih banyak lagi.

12RAM Booster

ariantosusilo.blogspot.com

Pernahkah kamu merasa bahwa ponsel rootmu menjadi lamban ketika bermain game? Atau terjadi restart ponsel rootmu selama penggunaan aplikasi lain terlalu berat? Maka RAM Booster ini adalah aplikasi yang sempurna untuk mengatasi hal tersebut.

RAM Booster menggali ke dalam RAM ponsel root dan membersihkan semua penggunaan yang tidak perlu untuk aplikasi yang berjalan latar belakang sehingga

RAM Booster menyediakan lebih banyak RAM untuk aplikasi yang akan kamu gunakan. Aplikasi RAM Booster ini adalah suatu keharusan bagi mereka yang membutuhkan lebih banyak memori di smartphone root android.

13Root Firewall Pro

9androidapps.com

Apakah kamu pernah merasa terlalu cepat kehabisan bandwidth data pada ponselmu? Aplikasi Root Firewall Pro ini dapat membantumu memecahkan masalah tersebut.

Dengan Root Firewall Pro, kamu dapat menonaktifkan Internet untuk aplikasi dimana kamu tidak menggunakan sementara dan lebih selektif.

Bahkan Root Firewall Pro memiliki pilihan untuk selektif untuk mengaktifkan 2G, 3G, 4G atau jaringan Wi-Fi untuk beberapa aplikasi yang bisa kamu pilih. Root Firewall Pro juga memiliki fitur seperti pemblokiran iklan dan masih banyak lagi.

14GL To SD

forum.xda-developers.com

Apakah memori internal ponsel root android semakin sedikit? Tidak dapat menginstal game kapasitas besar karena tidak cukup ruang penyimpanan?

Maka aplikasi GL To SD ini adalah penyelamat. GL To SD adalah aplikasi bagus untuk mereka yang ingin menyimpan dan bermain game kapasitas besar.

Aplikasi GL To SD akan melakukan Transfer data ke kartu SD Anda (Micro SD) dari penyimpanan internal Anda sehingga menyediakan ruang untuk aplikasi atau game baru.

15Softkeyz

forum(dot)xda-developers.com

Bosan dengan tampilan normal tombol navigasi smartphonemu? Ingin menambahkan beberapa warna untuk layar? Cobalah aplikasi SoftKeyZ ini.

SoftKeyZ dapat mempersonalisasi tombol navigasi Anda dalam berbagai gaya tampilan layar. SoftKeyZ memiliki 150 lebih tema untuk di pilih. SoftKeyZ adalah sebuah aplikasi yang mengagumkan bagi mereka yang ingin smartphone root Anda tampil menawan.

16Diskdigger Pro

getabot.blogspot.com

Apakah kamu pernah menghapus foto atau dokumen secara tidak di sengaja? Ingin memulihkan data yang hilang? Aplikasi DiskDigger Pro dapat melakukannya. DiskDigger Pro bahkan dapat memulihkan data yang sudah diformat.

Aplikasi DiskDigger Pro ini adalah salah satu yang terbaik yang akan digunakan untuk perangkat Android root.

17Solid Explorer

play.google.com

Solid Explorer adalah file manager terbaik untuk smartphone android versi root. Ide dasar dari explorer ini mengagumkan karena aplikasi Solid Explorer menyediakan dua panel bila berada dalam tampilan landscape.

Kamu dapat melakukan copy-paste atau memindahkan file dari satu panel yang lain tanpa kesulitan yang berarti. Solid Explorer juga memiliki fitur tambahan seperti koneksi FTP dan masih banyak lagi.

SHARE