Ketika arsitek atau perancang apapun ingin membangun sebuah karya yang indah, umumnya mereka akan punya perspektif jarak dekat atau keindahan dari samping.

Namun sejumlah perancang ini mengambil perspektif yang berbeda, menghadirkan karya menakjubkan dari atas langit. Kamu harus terbang ke angkasa untuk dapat menyaksikan keindahan karya anak manusia ini.

Berikut bangunan-bangunan yang sangat mengagumkan apabila dilihat dari atas.

1Dubai Islands

architecturendesign.net

Amazing! Satu kata yang bisa mengambarkan aristektur yang ada di kota Dubai ini. Kota yang menjadi ikon pariwisata Uni Emirat Arab.

Perancang sengaja membuat sebuah lukisan dari tata pulau dan bangunan, untuk dapat dinikmati dari atas langit.

Jika kamu terbang melewati kawasan ini dengan pesawat, helikopter atau kamu rekam menggunakan tricopter-mu, sebuah pemandangan menakjubkan akan ada di depan matamu.

Ada tiga buah pulau buatan bergambarkan pohon palem. Paling kanan Palm Deira. Di tengah pulau palem paling awal dibangun, Palm Jumeirah. Terakhir palem di antara bulan sabit dan bintang, disebut Palm Jabel Ali.

Paling mengagumkan diantara semuanya adalah miniatur pulau dunia yang disebutnya The World. Semua benua ada didalamnya, dilingkari lingkaran elips yang menunjukkan bentuk elips bumi.

2Barcelona

architecturendesign.net

Apa yang kamu lihat jika melihat gambar ini sekilas? Mainan rubik berbentuk kotak-kotak? Bisa jadi, asalkan kamu tidak menyebut ini sebagai desain sarung kotak-kotakmu. Hehe.

Gambar kotak-kotak sejajar di atas adalah sebuah tata bangunan yang ada di kota Barcelona. Bangunan yang disebut kota L’Eixample ini memang sengaja dibentuk demikian dari abad 19.

Tujuannya kuemungkinan besar untuk membedakan kawasan ini sebagai kawasan elit dengan kawasan biasa. 500 bangunan dengan bentuk dan luas yang sama, memiliki ruang terbuka di tengah.

Fungsinya agar semua sisi bangunan mendapatkan pencahayaan yang baik, selain juga untuk menyediakan ruang hijau diantara gedung.

Ruang terbuka tengah biasanya juga diperuntukkan bagi parkir pengunjung gedung.

3Central Park, Kota New York

architecturendesign.net

New York yang dikenal sebagai kota bisnis, dengan deretan gedung-gedung besar, ternyata memiliki sebuah taman luas diantara kepadatan kota.

Kalau kamu lihat taman ini dari ketinggian, kamu akan menyaksikan pemandangan yang menakjubkan. Sebuah taman yang luas, diapit gedung-gedung tinggi nan padat.

Taman seluas 3,4 km persegi ini merupakan taman yang paling sering dikunjungi di Amerika Serikat. 25 juta pengunjung datang tiap tahunnya.

Taman yang dibangun dari ide Frederick Law Olmsted dan arsitek Inggris Calvert Vaux dinspirasi oleh taman-taman yang berada di Eropa.

Seperti Mount Auburn di Cambridge, Massachusetts dan Green-Wood di Brooklyn. Dan yang paling utama diantara semuanya adalah taman Birkenhead Liverpool, paling menginspirasi pembangunan Central Park.

4Maze at Longleat, Kota Wiltshire

architecturendesign.net

Jangan dilihat terlalu lama, kepalamu bisa pusing nantinya ngelihat taman labirin Maze at Longleat dari atas. Ngelihat dari atas aja udah bikin pusing, kebayang nggak kalau kamu masuk di dalam labirin ini?

Taman yang dibuat pada tahun 1975 ini ditasbihkan sebagai taman labirin terpanjang di dunia. Dengan panjang labirin 2,72 kilometer dan menempati lahan seluas 1,5 hektar, siapa saja pasti akan terjebak didalamnya.

Baiknya kamu pakai kamera tricopter kalau pengen keluar masuk taman ini. Selain sebagai petunjuk arah dan keberadaan kamu agar nggak tersesat, kamu juga akan dapat rekaman gambar yang menakjubkan dari taman ini.

5Tulip Fields, Belanda

architecturendesign.net

Satu lagi pemandangan dari atas yang akan membuatmu terpukau. Pemandangan warna-warni yang dipisah garis-garis lurus horizontal dan vertikal, begitu indah begitu menakjubkan.

Ternyata ragam warna ini berasal dari kebun bunga tulip di kota Anna Paulowna, Belanda.

fairyandfunny.wordpress.com
fairyandfunny.wordpress.com

Taman dengan luas mencapai 80 hektar, menjadikannya sebagai taman bunga terluas yang ada di Eropa. Karenanya Tulip Fields ini dijuluki sebagai The Garden of Europe, taman bunga terbaik Eropa.

Dengan pengunjung lebih dari 800 orang tiap harinya, mereka datang untuk menyaksikan keindahan 7 juta ragam bunga tulip didalamnya.