Mungkin kamu sudah sangat sering mendengar kata ini. Ternyata ini bukan kata-kata biasa, melainkan adalah doa. Barakallah sendiri memiliki arti yaitu “Semoga diberkahi Allah”.

Biasanya lagi ada juga orang yang menambahkan barakallah fiikum, yang artinya hampir sama dengan yang pertama hanya ditambahkan kata “kepadamu” atau “kepada kalian”. Dengan ini kita sudah mengenal sedikit tentang arti dari kata barakallah.

Dalam sebuah hadits disebutkan. “Aku (‘Aisyah) menghadiahkan kepada Rasulullah SAW seekor domba, kemudian beliau mengatakan, “Bagi dualah doba tersebut”.

Sudah menjadi kebiasaan ‘Aisyah R.A jika pembantunya telah kembali dari melakukan yang semisal maka ia menanyakan, “Apa yang mereka katakan?”. Pembantunya menjawab, “Barakallah fiikum (Semoga Allah memberkahi kalian).”

‘Aisyah mengatakan: “Wa fiihim barakallah (semoga Allah memberkahi mereka)”. Kita telah membalas doa mereka dengan doa yang sama dan tetap mendapatkan pahala atas perbuatan baik yang telah kita lakukan (memberikan hadiah seekor domba).

Pengucapan barokallah sendiri sebenarnya tidak memiliki waktu atau momen tertentu. Kapan saja kamu bisa mendoakan sahabat, teman dan kenalanmu untuk selalu diberkahi oleh Allah.

Selain itu, bisa juga kamu menambahkan ungkapan baarakallaah dengan “laka” bagi laki-laki, “laki” bagi perempuan dan “lakum” bagi banyak orang seperti yang pernah diucapkan oleh Rasulullah ketika mendo’akan pengantin.

Ketika kamu mendapatkan hadiah dan sejenisnya dari orang lain, hendaknya kamu mendoakan kebaikan bagi si pemberi sebagaimana yang dicontohkan oleh para sahabat ketika mendapat kiriman daging dari Siti ‘Aisyah ra.

Meskipun mendo’akan bukanlah hal yang wajib, namun ia menjadi adab si penerima. Salah satu do’a yang bagus dan cukup simpel adalah “Baarakallah laka/ki/kum”.

Sebaliknya, sewaktu kamu memberikan hadiah kepada orang lain, hendaknya kamu juga mendo’akan kebaikan dengan maksud, agar benda yang diberikan itu diberkahi oleh Allah serta bermanfaat dengan sebaik-baiknya.

Apabila kamu ternyata lebih dahulu mendapatkan do’a “baarakallaah” dari yang diberi, maka kamu bisa menjawab dengan “wa fiika/ki/kum baarakallaah.

Kebiasaan membacakan do’a-do’a dan kalimat mulia ini merupakan sunnah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW dan para sahabat beliau. Oleh karena itu, mari kita hidupkan sunnah di sekitar kita.

SHARE