Negara kita adalah negara yang mempunyai simbol negara yang bagus lho guys, yaitu pancasila. Pancasila sendiri dibentuk dari kata panca dan sila, panca yang artinya lima, sila itu aturan.

Pancasila dilambangkan dengan 5 simbol yang unik, di simbol tersebut itu sendiri terdapat 5 sila yang mengandung arti yang bermakna luas.

Tidak hanya arti yang biasa saja lho guys, arti tersebut berprinsip pada kehidupan manusia yang ideal, tata kehidupan maupun pemerintahan. So, Pancasila menjadi hukum dasar negara kita.

Mungkin ini sudah kita hafal sila-sila tersebut sejak kita sekolah, mulai dari saat kita sekolah dasar sampai sekolah menengah, pancasila terus di ajarkan kepada siswa., agar siswa berkepribadian yang baik.

Tapi namanya mempelajari prinsip kehidupan tidak hanya pada saat sekolah saja lho guys, kita juga harus terus belajar sampai tua.

Nah, buat kamu-kamu yang lupa atau belum tahu tentang pancasila, belum tahu tentang sila-sila pancasila, kamu harus baca tulisan di bawah ini guys,

Secara kita penduduk asli Indonesia, harus tahu donk tentang lambang negara kita sendiri, jangan ngaku orang indonesia kalau tidak tahu apa itu pancasila, yuuk cekidot guys.

1Sila Pertama

pusakaindonesia.org

Bunyi sila pertama adalah Ketuhanan yang Maha Esa, yang dilambangkan dengan bintang. Lambang bintang itu sendiri dimaksudkan sebagai sebuah cahaya, seperti layaknya Tuhan yang menjadi cahaya kerohanian bagi setiap manusia.

Sedangkan latar berwarna hitam melambangkan warna alam atau warna asli, yang menunjukkan bahwa Tuhan bukanlah sekedar rekaan manusia, tetapi sumber dari segalanya dan telah ada sebelum segala sesuatu didunia ini ada.

2Sila Kedua

markijar.com

Sila kedua pancasila berbunyi “ Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab”. Sila kedua ini dilambangkan dengan gambar rantai.

Dimana Rantai tersebut terdiri atas mata rantai berbentuk segi empat dan lingkaran yang saling berkait membentuk lingkaran.

Mata rantai segi empat melambangkan laki-laki, sedangkan yang lingkaran melambangkan perempuan.

Mata rantai yang saling berkait pun melambangkan bahwa setiap manusia, laki-laki dan perempuan yang saling membutuhkan. Ibarat rantai tidak akan kuat jika salah satunya terlepas, jadi manusia harus selalu terus berpegangan agar hidup tenteram dan damai.

3Sila Ketiga

astanajava.com

Sila ketiga berbunyi “ Persatuan Indonesia”. Sila ini di simbolkan dengan gambar pohon beringin.

Kenapa kok pohon beringin? Pohon beringin digunakan karena pohon beringin merupakan pohon yang besar di mana banyak orang bisa berteduh di bawahnya.

Seperti halnya semua rakyat Indonesia bisa ” berteduh ” di bawah naungan negara Indonesia. Rakyat berteduh dibawah naungan dan perlindungan pemerintahan negara Indonesia.

Selain itu, pohon beringin memiliki sulur dan akar yang menjalar ke mana-mana, namun tetap berasal dari satu pohon yang sama, seperti halnya keragaman suku bangsa yang menyatu di bawah nama Indonesia.

4Sila Keempat

satujam.com

 Gambar kepala banteng merupakan simbol dari sila ke empat. Sila tersebut berbunyi “ Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan / Perwakilan”.

Lambang banteng dikenal merupakan hewan yang suka berkumpul, jadi diumpamakan hewan tersebut seperti halnya musyawarah di mana orang-orang harus berkumpul untuk mendiskusikan atau memutuskan sesuatu.

5Sila Kelima

satujam.com

Simbol sila kelima pancasila di gambarkan Padi dan Kapas. Yang silanya berbunyi “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.

Padi dan kapas digunakan karena kedua benda ini merupakan kebutuhan dasar setiap manusia.

Padi merupakan pangan, sedangkan kapas merupakan sandang.

Keduanya memiliki kedudukan penting , yaitu sebagai syarat utama untuk mencapai kemakmuran hidup manusia.

Sedangkan di bawah semua simbol tersebut ada tulian yang berbunyi “Bhineka Tunggal Ika” . Kalimat ini diambil dari Kakimpoi Sutasoma karangan Mpu Tantular, seorang pujangga dari Kerajaan Majapahit pada abad ke-14.

Kata “Bhineka” berarti beraneka ragam atau berbeda-beda, Kata “Tunggal” berarti satu, dan Kata “Ika” berarti itu. Perkataan bhineka tunggal ika merupakan kata dalam Bahasa Jawa Kuno yang berarti ” berbeda-beda tetapi tetap satu jua “.

Kalau dijelaskan secara gamblang begini, Indonesia merupakan negara kesatuan yang berbentuk pulau-pulau, bermacam suku, ras dan adat, walaupun banyak perbedaan tapi mempunyai tujuan yang sama.

SHARE