Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan yang terbaik bagi si kecil. Kemajuan ilmu dan teknologi pangan tak akan pernah mampu menandingi kandungan air susu yang secara alami diproduksi setiap wanita yang melahirkan.

Kandungan gizi ASI berbeda antara satu ibu dengan ibu yang lain. Kandungan gizi ini menyesuaikan dengan kebutuhan si kecil.

Bahkan saat si kecil sakit dengan saat si kecil sehat sekalipun ASI yang dikeluarkan bunda berbeda kandungan gizinya. Inilah kebesaran Allah lewat penciptaan ASI.

www.mitos-ibuhamil.blogspot.com
www.mitos-ibuhamil.blogspot.com

Di zaman modern, berbagai gempuran iklan susu formula membuat pemberian ASI eksklusif pada si kecil semakin berat. Terlebih bagi bunda yang bekerja di luar atau wanita karir.

Kerja sama antara ayah dan bunda untuk memberikan makanan terbaik untuk buah hati adalah sebuah keharusan. Meskipun secara kasat mata kewajiban memberi ASI hanya dibebankan pada bunda.

Ayah sebenarnya turut bermain peran dalam pemberian ASI eksklusif. Salah satu caranya dengan menjaga kondisi psikologis bunda selalu tenang, nyaman, dan bahagia.

Kondisi psikologis bunda yang baik sangat berpengaruh pada hormon prolaktin dan oksitosin yang dapat memacu produksi ASI semakin lancar dan banyak.

Berikut ini beberapa peranan ayah ASI yang mendukung kelancaran pemberian ASI eksklusif pada si kecil.

1Cari Informasi Serba Serbi ASI

www.solopos.com

Salah satu alternatif solusi bagi bunda yang sibuk bekerja adalah dengan ASI perah (ASIP). Cara ini memang lebih ribet jika dibandingkan dengan memberikan susu formula.

Susu yang diperah dari bunda harus disimpan di wadah yang higienis, kedap udara, serta suhu buku. Saat pemberiannya pun harus dihangatkan sejanak. Belum lagi posisi si kecil yang baik saat diberikan ASIP

Ayah dan bunda dapat memperkaya informasi tentang ASIP sejak masa kehamilan. Di era digital sangat mudah mendapatkan berbagai informasi seperti buku-buku, majalah, maupun internet.

Jika perlu buatlah kliping mengenai hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk pemberian ASIP.

2Perhatikan Asupan Nutrisi Bunda

www.imamnawawi.com

Beberapa bahan makanan yang mendukung produksi dan kualitas ASI adalah sayur mayur, buah-buahan, susu, telur, daging, ikan, dan kacang-kacangan.

Ingatkan bunda untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan-makanan tersebut. Selain itu variasikan juga jenis-jenis makanan yang dikonsumsi. Sebagai contoh buah yang disiapkan kadang buah jeruk, salak, apel, pir, buah naga, dan lain-lain.

3Jaga Kondisi Psikologis Bunda

www.orangtuamuslim.com

Permasalahan rumah tangga memang kompleks. Tidak ada rumah tangga yang tidak memiliki permasalahan. Namun, ada baiknya jika ayah lebih sering mengalah pada bunda sejak masa kehamilan sampai pemberian ASI.

Jangan terlalu banyak membebani pikiran bunda agar kondisi psikologisnya selalu dalam prima.

Beberapa hal kecil yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi psikologis bunda adalah menemaninya begadang saat bunda terjaga untuk memberikan ASI. Ajaklah bunda mengobrol ringan sehingga membuatnya nyaman.

Ayah juga dapat mengelus-elus kepala atau mencium pipi si kecil sebagai cara pendekatan dengannya saat ia minum ASI. Bukankah fragmen rumah tangga seperti ini adalah hal yang indah?

Ingatkan juga bunda akan jadwalnya memeras ASI.

4Jangan Malu Menjadi Ayah Rumah Tangga

www.ideaonline.co.id

Istri adalah pendamping, bukan pembantu rumah tangga. Jadi ubah persepsi yang menganggap bahwa semua pekerjaan rumah seperti menyapu, mengepel, memasak, dan mencuci hanya pekerjaan istri.

Tak ada salahnya bagi ayah untuk membantu berbagai pekerjaan rumah tersebut.

5Bergabung dengan Komunitas Ayah ASI

www.info-kes.com

Pengalaman adalah guru terbaik. Hal ini memang benar adanya. Ayah dapat bergabung dengan komunitas Ayah ASI yang dapat ditemukan dengan mudah di sosial media.

Dari komunitas ini ayah berkesempatan untuk bertanya seputar permasalahan pemberian ASI. Permasalahan yang ayah alami mungkin pernah dialami juga oleh ayah yang lain. Sehingga sesama anggota komunitas dapat bertukar cerita pengalaman.

Biasanya ada juga ahli medis di dalam komunitas yang akan menjelaskan permasalahan ayah dengan jelas dan gamblang.

SHARE