ASI atau Air Susu Ibu merupakan makanan terbaik bagi bayi yang baru saja lahir. ASI telah menjadi hak anak yang diatur dalam undang-undang, hal ini didasari karena begitu pentingnya ASI untuk buah hatimu.

Namun, banyak ibu yang gagal untuk memberikan ASI ketika bayi mereka baru saja lahir. Maka, ibu akan memberikan susu formula sebagai gantinya.

Padahal, bayi mampu bertahan selama 3 hari tanpa minum karena masih memiliki cadangan energi yang didapatnya ketika dalam kandungan.

Jadi, bayi dapat menunggu sang ibu untuk memproduksi ASI terlebih dahulu. Karena, manfaat yang diberikan ASI untuk bayimu sangatlah banyak. Salah satunya adalah kandungan kolostrum dalam ASI. Kolostrum merupakan cairan pertama ASI yang keluar.

Manfaat kolostrum sendiri untuk meningkatkan daya tahan tubuh, membersihkan pencernaan dan manfaat lain yang dibutuhkan bayi. Selain itu, Air Susu Ibu mampu mendukung pertumbuhan fisik, psikis dan kecerdasan anak.

Diberikannya ASI eksklusif itu selama 6 bulan sejak bayi lahir, selepas 6 bulan bayi dapat mengonsumsi makanan pendamping ASI.

Berikut beberapa dampak yang dapat ditimbulkan jika kamu tidak memberikan ASI eksklusif pada bayimu.

1Kedekatan Ibu dan Anak Kurang Secara Psikologis

mylittlestories.wordpress.com

Ibu yang memberikan ASI eksklusif akan menimbulkan rasa nyaman dan tenang kepada anaknya. Ketika anak menangis karena lapar kemudian diberi ASI, anak akan menjadi tenang karena dekapan ibu padanya.

Pelukan yang ibu berikan akan menimbulkan kedekatan bagi anak karena anak akan merasa lebih terjaga. Apabila ibu tidak memberikan ASI secara eksklusif, hal-hal seperti sentuhan fisik, kontak mata dan komunikasi antara ibu dan anak pun akan berkurang.

Sehingga secara psikologis, kedekatan maupun ikatan antara anak dan ibu tak seperti anak yang diberi ASI eksklusif.

2Perkembangan Rahang dan Gigi Kurang Baik

www.firdaus45.com

Beberapa ibu kurang mengetahui apabila anak tidak mendapatkan ASI eksklusif akan mempengaruhi perkembangan rahang dan gigi.

Menyusui pada dasarnya dapat merangsang perkembangan rahang dan struktur wajah, pertumbuhan gigi yang tegak serta meningkatkan penglihatan. Apabila bayi tidak diberi ASI eksklusif, perkembangan rahang dan giginya bisa menjadi terhambat.

Jika anak kamu mengalami kerusakan pada gigi, mungkin saja salah satu faktornya adalah tidak diberikannya ASI eksklusif kepada si anak.

3Daya Tahan Tubuh Tidak Optimal

www.tipsanakbayi.com

Daya tahan merupakan komponen yang dibutuhkan dalam segala aktivitas fisik seseorang. Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif akan memiliki daya tahan tubuh lebih optimal dibandingkan anak yang tidak mendapat ASI eksklusif.

Seorang anak tanpa ASI eksklusif akan lebih mudah terjangkit penyakit dibandingkan dengan anak yang mendapatkan ASI eksklusif.

4Mudah Terkena Alergi dan Timbul Ruam

sehatfresh.com

ASI merupakan satu-satunya nutrisi yang diterima bayi sejak pertama mereka terlahir di dunia. Banyaknya manfaat yang terkandung dalam ASI menjadikan anak dapat memiliki antibodi yang kuat.

Apabila anak kurang mendapatkan ASI eksklusif, kemungkinan untuk terkena alergi pada anak cukup besar. Alergi disebabkan karena respon abnormal dari sistem kekebalan tubuh seseorang. Alergi bisa menimbulkan beberapa gejala seperti gatal, ruam atau bersin.

5Perkembangan Otak Kurang

abiummi.com

Nutrisi seperti DHA (decosahexaenoic acid), AA (arachidonic acid) dan laktosa yang terdapat dalam ASI berkaitan dengan perkembangan otak dan kecerdasan seorang anak. Kandungan asam lemak dan bioaktif dalam ASI juga mempengaruhi perkembangan mental anak.

Bagian-bagian otak seperti hippocampus maupun hippothalamus mendapatkan efek yang cukup baik dari hormon leptin dalam ASI.

Bayi yang tidak mendapat ASI eksklusif perkembangan otaknya tidak akan optimal jika dibandingkan dengan bayi yang diberi ASI eksklusif.

Kandungan yang terdapat dalam ASI dapat mempercepat pertumbuhan otak hingga 30 persen pada bayi. Sedangkan bayi tanpa ASI eksklusif struktur otak pada area putih hanya berkembang dibawah 20 persen.

Jika kamu termasuk ibu bekerja dan lebih banyak kesibukan di luar rumah, kamu masih bisa memberi bayimu ASI perah. Banyak alat yang dapat mempermudah kamu memberikan Air Susu Ibu untuk si kecil.

www.mysultra.com
www.mysultra.com

Kamu bisa menggunakan tangan maupun alat pompa ASI untuk memerah ASI, kesibukan bukan menjadi alasan untuk tidak memberikan ASI eksklusif. Jangan buat diri kamu menyesal karena tidak memberikan ASI eksklusif pada si buah hati.

Dampak yang diberikan akan berpengaruh pada perkembangan fisik maupun psikis anakmu dikemudian hari.