Saat menjadi seorang ibu adalah momen paling membahagiakan. Memberikan asi esklusif adalah impian setiap ibu. Akan tetapi banyak faktor yang mempengaruhi sehingga ibu tidak dapat memberikan asi esklusif untuk bayinya.

Salah satunya adalah saat cuti yang akan segera berakhir, sehingga membuat para ibu khawatir dan cemas akan kuantitas asi yang diproduksi. Tetapi perlu ibu ketahui bahwa asi tidak akan kurang apabila terus dipompa atau dirangsang dengan mulut bayi.

Jadi sebelum masa cuti berakhir maka ibu harus menyiapkan stok asi perah untuk bayinya. Salah satunya adalah dengan rajin memompa asi dimulai dari sekarang. Hal ini bertujuan agar asi tetap melimpah saat ibu kembali bekerja.

Berikut beberapa tips manajemen asi perah untuk ibu yang bekerja.

1Hitung Jumlah Kebutuhan ASIP

www.cosmomom.net

Sebelum ibu meninggalkan sang buah hati untuk bekerja, ibu harus menyiapkan minimal 50 botol stok asi perah. Hal ini untuk menghindari kekurangan yang terjadi saat ibu mulai aktif bekerja. Selanjutnya hitung berapa banyak asi yang dibutuhkan si kecil dalam tempo jam kerja.

Misalnya sehari sang buah hati menghabiskan stok sebanyak 5 botol atau 500ml. Maka usahakan ibu memompa sebanyak 500ml tersebut. Bila dalam jam selama bekerja hanya mendapatkan 300ml maka usahakan untuk bangun pada pukul 2 atau 3 pagi untuk memompa kekuranganya.

Mengapa harus jam tersebut? Karena pada jam tersebut, produksi asi sangat melimpah. Pompa dulu hingga terasa tidak dapat dipompa lagi. Lalu bangunkan si kecil untuk menyusu pada sisanya sambil pompa pada payudara sebelahnya.

2Pompa Saat Penuh

theketuts.wordpress.com

Bila payudara ibu terasa penuh, jangan susukan ke bayi. Tapi ibu pompa dulu hingga terasa kosong baru susukan pada bayi. Isapan bayi tersebut juga akan merangsang payudara untuk memproduksi asi lagi. Jadi ibu harus memompa payudara yang lain agar mendapat banyak asi.

Perlu diketahui bahwa walaupun telah dipompa asi masih tersisa dalam payudara ibu. Dan itu hanya dapat dihabiskan dengan mulut bayi saja. Jika ibu memberikan susu pada si kecil saat payudara penuh lalu memompa maka ibu hanya akan mendapatkan sedikit asi.

3Weekend Supply

www.windiland.com

Walaupun sedang libur bekerja ibu harus tetap memompa. Tujuannya supaya stok asi semakin banyak. Dengan menambah 100ml atau 200ml sehari selama libur bekerja itu akan menjadi tabungan yang lumayan untuk stok selama bekerja.

Jadi ibu tidak akan merasa kejar tayang untuk pompa asi selama seminggu bekerja.

4Disiplin

dewidyazhary.wordpress.com

Tentukan jadwal pumping atau memompa asi selama berada di kantor. Misalnya jam 9 pumping pertama, jam 1 siang untuk pumping kedua, dan jam 4 untuk pumping ketiga. Lakukan hal itu setiap hari. Jangan sampai melebihi jadwal jam pompa.

Jika melebihi maka akan mengurangi jatah waktu pumping berikutnya dan membuat asi tidak sebanyak yang diharapkan. Ingat untuk selalu disiplin dalam memompa asi ya moms.