Fenomena mudik pasti terjadi setiap tahunnya, entah mudik lebaran atau libur panjang akhir tahun. Bagi kamu para ibu rumah tangga, siap tidak siap akan menghadapi situasi tahunan dimana para Asisten Rumah Tangga (ART) mudik ke kota asal atau pulang kampung.

Ketika ditinggal ART ke kampung halaman, tentu pekerjaan rumah akan sepenuhnya kita yang bertanggung jawab. Banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan belum lagi mengurus anak-anak dan keluarga.

Sebagai ibu rumah tangga, untuk sementara waktu  kita harus pandai dalam menyiasati dan mempersiapkan diri mengerjakan segala sesuatu tanpa bantuan ART.

Tidak perlu khawatir, semua bisa teratasi dengan baik dengan cara berikut ini.

Mulai Belajara Mengatur Waktu

kiki widyasari 11 waktu
www.belajarbahasainggris.web.id

Sebelum asisten rumah tanggamu mudik, sebaiknya kamu mulai belajar dalam mengatur waktu. Aturlah kapan kamu mulai melakukan aktivitas. Kamu bisa membuat jadwal sendiri.

Dengan pandai mengatur waktu maka pekerejaan akan lebih teratur penyelesaiannya dan lebih efektif.

Belajar Lebih Cekatan dan Efisien

cekatan
bestpft.com

Dalam hal ini seorang ibu rumah tanga harus memiliki semacan target tentang kapan salah satu pekerjaan dapat terselesaikan dan segera melakukan hal lainnya.

Sebagai contoh,ketika para ibu memiliki seorang anak yangmasih kecil, apakah ia mampu menyelesaikan semua pekerjaan secara tuntas?

Sebagian besar akan menjawab ‘tidak’ jika para ibu itu kurang cekatan dan pandai dalam memanfaatkan sedikit waktu yang ada.

Jadi mulai belajar dalam mengerajakan tugas-tugas rumah dengan cekatan dan lebih efisien agar semua bisa terselesaikan dengan baik serta tuntas.

Dengan bertindak lebih cekatan akan membuat pekerjaan sehari-hari terasa ringan.

Belajar dari Sebuah Rutinitas

11 rutinitas
www.iburumahtangga.com

Jadikan setiap pekerjaan di rumah sebagai rurinitas maka kamu akan dapat menguasai setiap hal yang telah kamu lakukan.

Mengerjakan tugas yang sama dan berulang setiap harinya akan membuatmu menjadi terbiasa dan menjadi kebiasaaan sehingga kamu dapat dengan cepat menyelesaikannya serta profesional dalam hal tersebut.

Rutin Mencuci Pakaian

11 cuci
dianeaninditya.wordpress.com

Salah satu pekerjaan yang melelahkan adalah mencuci. Kamu sebaiknya pandai dalam menyiasati kapan waktu yang tepat untuk segera mencuci.

Hal tersebut bertujuan agar terhindar dari yang namanya cucian menggunung. Selain itu, mempermudahmu untuk bisa menyelelsaikan pekerjaan lainnya tanpa khawatir akibat cucian banyak.

Cicil Pekerjaan, Jangan Menumpuk Pekerjaan

11 cicil
dianeaninditya.wordpress.com

Kadang ada pekerjaan rumah yang cukup rumit dalam persiapannya, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal itu membuatmu merasa lelah untuk melanjutkan pekerjaan lainnya.

Maka dari itu, sebaiknya lakukan persiapan terlebih dahulu. Misalnya kamu besok akan memasak sesuatu yang butuh persiapan lama, kamu bisa menyiapkannya di malam hari dan ketika pagi dapat dengan cepat untuk dimasak.

Atau ketika setrikaan baju mulai menumpuk, jangan menunggu hingga menggunung,kamu bisa mencicilnya sedikit demi sedikit sehinggga dapat terselesaikan dengan cepat dan ringan.

Menumpuk pekerjaan akan memuatmu tambah kuwalahan dan merasakan lelah yang berlebih sehingga kamu perlu mencicil pekerjaan yangs sekiranya bisa kamu lakukan.

Bagaimana sudh siap ketika ditinggal ART mudik? Persiapkan dirimu, pasti semua bisa teratasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here