Asparagus adalah jenis sayuran dari satu spesies tumbuhan yang telah lama digunakan sebagai bahan makanan. Rasanya enak dan bersifat diuretik. Sehingga asparagus dapat memperlancar saluran urin dan mampu memperbaiki kinerja ginjal.

Asparagus juga kaya akan kandungan gizi, di antaranya vitamin C, vitamin E, vitamin B6, vitamin A, vitamin K, kalsium, seng, protein, magnesium, tiamin, niasin, rutin, riboflavin, zat besi, fosfor, potassium, tembaga, mangan, dan selenium.

modernfarmer.com
modernfarmer.com

Selain itu, asparagus juga kaya akan kandungan serat yang mampu melancarkan sistem pencernaan. Sayuran hijau ini pun memiliki kandungan kalori yang rendah dan tidak mengandung lemak serta kandungan sodium yang amat sedikit.

Bagi ibu hamil yang ingin memperlancar ASI juga dapat mengonsumsi asparagus, karena banyak sekali kandungan asam folat dari tanaman ini.

Jika kamu ingin mengonsumsi asparagus dan menemukan begitu banyak manfaat, kamu bisa mengolahnya dengan cara-cara berikut ini.

1Siapkan Asparagus Terlebih Dahulu

modernfarmer.com

Jika kamu akan membeli asparagus, pilihlah asparagus dengan melihat tangkainya, jika tangkai asparagus tipis ketika diolah akan lebih cepat matang dan cenderung renyah di bagian luar serta lunak di dalam.

Sedangkan asparagus yang tebal membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dengan tekstur yang lebih berat pula saat dimasak. Pastikan saja untuk memilih asparagus yang segar, tidak layu, dan berwarna hijau.

Kemudian, cucilah asparagus dengan air dingin yang mengalir untuk menghilangkan kotoran yang melekat pada asparagus, mungkin saja saat asparagus di panen masih ada pasir yang tersisa.

Lalu, potonglah bagian bawah dari asparagus, karena keras dan berkayu serta tidak enak dimakan jika sudah matang.

2Blancing, Mengukus, atau Merebus

www.seriouseats.com

Cara yang paling sering digunakan untuk memasak asparagus adalah teknik blanching atau merebusnya dengan sebentar. Biasanya cara ini digunakan untuk menyajikan asparagus dalam keadaan dingin untuk salad atau makanan pendamping.

Jika kamu lebih suka menyajikan asparagus dalam keadaan yang lebih hangat, kamu bisa merebusnya, siapkan saja panci dan rebus air yang telah diberi 2 sendok teh garam ke dalamnya. Kemudian masukkan asparagus ke dalam air dan masak selama 5 menit.

athomebysteveposes.wordpress.com
athomebysteveposes.wordpress.com

Kamu pun bisa mengukus asparagus untuk mempertahanan kandungan gizi serta tekstur yang renyah. Siapkan sebuah panci pengukus, lalu masukkan asparagus di dalamnya, kukus selama 5-7 menit, hingga warnanya menjadi hijau cerah dan masih renyah.

3Menumis Asparagus

menumasakanku.com

Jika kamu ingin menumis asparagus, sebelumnya iris-iris terlebih dahulu dengan ukuran 2,5-5 cm, bentuk menyerong. Lalu masukkan 1 sendok minyak goreng ke dalam penggorengan. Setelah itu masukkan asparagus dengan hati-hati.

Tambahkan bumbu seperti garam dan lada atau beri perasaan jeruk lemon untuk membuat rasanya lebih nikmat. Kamu pun bisa menambahkan beberapa jenis sayuran lain ke dalam tumisan asparagus ini.

Gunakanlah spatula untuk menumis asparagus selama 3-6 menit. Angkat asparagus jika warnanya sudah menjadi hijau cerah dan terlihat renyah.

4Memanggang Asparagus

id.wikihow.com

Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 204 derajat celsius. Kemudian siapkan asparagus yang telah dipotong dan ditata di atas loyang dengan satu lapisan agar matangnya merata.

Tuang 2 sendok makan minyak zaitun di atas asparagus secara merata supaya nantinya tetap renyah ketika dimasak. Setelah itu, bumbui asparagus dengan lada dan garam dengan cara ditaburkan di atas asparagus untuk menambah rasa.

Kamu juga bisa menambahkan keju parmesan di atas asparagus supaya rasanya lebih nikmat. Kemudian masukkan asparagus ke dalam oven dan panggang kurang lebih 12 menit atau hingga matang.

Hati-hati untuk memasaknya, jangan sampai gosong ya.