Bulan puasa adalah bulan yang cukup dinantikan oleh kebanyakan orang. Pada bulan ini, ummat muslim memiliki kewajiban yaitu puasa, atau menahan lapar dan dahaga dari waktu imsak sampai berbuka.

Ternyata tidak hanya menahan lapar dan dahaga saja lho puasa itu. Orang-orang yang berpuasa juga harus menahan diri dari berbagai hal yang dapat membatalkan puasa.

Tentu beberapa pembatal puasa kamu sudah tahu, contohnya pingsan, atau kesurupan. Ini adalah 2 hal yang dapat membatalkan puasa.

Nah, ada 5 benda yang ternyata bisa membatalkan puasamu lho.

Handphone

index
seriawan.blogspot.com

Lho kok bisa?

Padahal saat puasakan lebih asyik main handphone, apalagi keadaan tubuh yang lemah dan dahaga, pasti lebih asyik main handphone.

Yap! Handphone bisa membatalkan puasamu jika kamu main handphone sambil nyomot tahu bulat. Ups!

Buku Cerita

Weird-Readings-In-Public4__605
www.pulsk.com

Kadang kalau merasa bosan dan sungkan melakukan aktifitas yang berat, mungkin kamu akan lebih memilih membaca buku dari pada harus mengeluarkan banyak tenaga untuk melakukan hal-hal lainnya.

Tapi gaes, buku cerita bisa membatalkan puasa lho. Itu kalau kamu baca buku cerita sambil nyedot es teh manis.

Eh, jangan kebanyakan mengkonsumsi yang manis-manis yak. Nanti diabetes. Xixixi.

Batu

esbatu_12x35mm_dan_esbatuseperempatkg
dyanwidyastanto.wordpress.com

Lho, apa hubungannya batu dengan puasa?

Ya jelas ada dong. Puasa kamu bakal batal kalau kamu nekat mengkonsumsi batu padahal belum saatnya berbuka. Apalagi kalau kamu tambah es. Jadi seger deh, es batu. Hehe

Media Sosial

kiki widyasari sosial media
www.bawaslu-dki.go.id

Lho, kok media sosial bisa membatalkan puasa?

Jelas! Karena jika kamu menggunakan media sosial untuk menggunjing alias membicarakan keburukan saudaramu atau teman-temanmu, maka batal deh puasamu.

Apalagi kalau kamu nekat menggunakan media sosial untuk melakukan hal-hal yang terlarang. Hmm, bahkan ketika tidak puasapun dilarang lho gaes!

Jadi jangan coba-coba menyalah gunakan media sosial ya.

Kertas

kertas
www.pancabudi.com

Ternyata kertas juga bisa membatalkan puasa kamu. Iya, kertas nasi yang di dalamnya terdapat nasi padang lauk rendang terus kamu makan. Uh, batal deh puasamu. Hihi.

 

SHARE