Ayah, sesungguhnya waktu akan terus berlalu dan terus berputar, dan anak-anakmu akan tumbuh berkembang dari bayi, batita, balita, hingga dewasa dengan begitu cepatnya. Tak terasa. Sungguh tak terasa ayah. Rasanya hanya seperti engkau sedang memejamkan mata lalu membukanya lagi beberapa saat kemudian. Lalu kau akan temukan anakmu telah banyak berubah.

Di masa itu, di masa banyak perubahan telah terjadi, maka ayah pasti akan rindu masa-masa sekarang. Masa di mana bocah kecil memanggil-manggil namamu dengan terbata, a yahh. Masa di mana ayah selalu diikuti, dinaiki punggungnya dan ditarik-tarik lengannya saat ia meminta sesuatu.

Ya, semua terjadi di masa sekarang. Jadi, jika ayah tak ingin menyesal, maka lakukanlah yang bisa dilakukan sekarang bersama bocah kecil yang sebentar lagi beranjak dewasa. Sekarang ayah, bukan nanti, karena tidak ada kata nanti, sebelum semuanya terlambat.

Back

1. Mendongeng

Saat anak-anak masih balita, maka gunakanlah waktu untuk membacakan dongeng untuknya. Dengan membacakan dongeng, maka ia belajar akan banyak kosakata, belajar memaknai dan tentunya belajar dari seseorang bernama ayah sejak dini.

Kenapa harus saat balita? Kalau anak sudah besaran bagaimana? Jika ayah menunda melakukannya dan melakukannya nanti, maka ayah hanya sekedar bermimpi untuk mendongengkan mereka. Karena saat sudah bisa membaca, maka mereka lebih memilih dan lebih asyik untuk membacanya sendiri. Jadi, lakukanlah sekarang, ayah.

idntimes.com
Back