Memiliki anak merupakan kebahagiaan dan bentuk karunia yang luar biasa bagi para orang tua. Selain itu, dengan memiliki anak, maka sesungguhnya amanah baru telah hadir, amanah untuk memelihara dan mendidik anak tersebut, agar kelak menjadi generasi yang cerdas dan berakhlak baik.

Dalam mengemban amanah ini, maka tidak hanya peran ibu saja yang diperlukan, peran ayah pun menjadi tonggak pendidikan anak di rumah. Ayah sebagai pemimpin keluarga, wajib memberi contoh bagaimana seharusnya bertingkah laku kepada anak-anaknya, serta memberi batasan apa yang baik dilakukan dan apa yang perlu dihindari.

Namun, pada kenyataannya, gambaran ayah yang ideal seperti di atas itu semakin lama semakin langka untuk ditemui, banyak ayah yang sudah tidak melakukan perannya lagi sebagai ayah. Dan tanpa mereka sadari, sesungguhnya para ayah ini telah membuat masa depan anaknya menjadi suram.

Wah seram sekali ya! Padahal seburuk-buruknya sikap orang tua, pasti tidak mau jika masa depan anaknya suram, semua pasti mengharapkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Oleh karena itu sebagai orang tua, terutama ayah, kita perlu mengantisipasi tindakan-tindakan kita yang bisa membuat suramnya masa depan anak.

Back

1. Menyediakan Akses Internet Tanpa Batas

Kemajuan teknologi yang semakin berkembang pesat seperti sekarang, ternyata memberi banyak dampak positif sekaligus dampak negatif. Misalnya saja pada perkembangan teknologi internet. Dengan semakin mudahnya akses internet di rumah-rumah, maka sisi positifnya memudahkan kita semua berkomunikasi dan menelusuri sumber-sumber ilmu.

Tapi di samping sisi positif perkembangan internet, ternyata internet pun berdampak buruk pada anak, terutama jika ayah menyediakan akses internet tanpa batas di rumah. Sehingga anak bisa main game online tanpa henti serta bisa mengunduh video sesukanya di internet. Apakah ayah tahu apa yang dilihat anak?

melek-teknologie.blogspot.com
Back