gigisusu.net

Beginilah Dampaknya, Jika Sang Ayah Tidak Ikut Serta dalam Mengasuh Anak

Posted on

Orang tua sebaiknya merawat anak secara bersama-sama, jangan hanya salah satunya saja. Jika ibu merawat anak itu sudah pasti, lalu bagaimana dengan ayah?

Apa mungkin sang ayah jarang meluangkan waktunya atau bahkan tidak pernah memperhatikan perkembangan si kecil?

Bekerja, permasalahan keluarga maupun hal lain bukanlah alasan untuk lari dari tanggung jawab terhadap pengasuhan anak. Ada dampak yang akan dirasakan anak-anak kamu jika para ayah enggan untuk terlibat dalam mengasuh buah hati.

Pendiam dan Pemurung

priana13.wordpress.com
priana13.wordpress.com

Anak yang sering berceloteh dengan sang ayah akan memiliki lebih banyak aktivitas fisik, sehingga mereka akan menjadi seorang yang lebih berani dan aktif untuk melakukan berbagai macam gerakan.

Tidak masalah jika anak itu senang untuk berlarian hingga terjatuh dan lain sebagainya, karena anak ingin mencoba ruang gerak mereka.

Bahkan hal seperti itu baik untuk dilakukan, namun jika anakmu kurang pengasuhan dari sang ayah dan hanya berdekatan dengan ibu saja, bisa-bisa anakmu menjadi seorang yang pendiam dan pemurung, karena aktivitas fisik yang dilakukan bersama ibu kurang.

Kurang Percaya Diri dan Tidak Tangguh

 tangguh
sdalhikmahsby.blogspot.com

Pola asuh yang dilakukan oleh seorang ibu cenderung overprotektif, sehingga banyak hal yang akan dilarang oleh sang ibu ketika anaknya bermain, sehingga sang anak takut untuk bisa mencoba hal baru dikemudian hari.

Berbeda dengan ayah yang akan memberikan kebebasan kepada anak untuk melakukan segala hal, meski itu akan membuat anak sakit, namun tetap dalam pengawasan ya.

Karena anak akan perlu merasa sakit terlebih dahulu untuk menjadi tangguh dan berani. Melarang anak untuk melakukan berbagai macam hal baru hanya akan membuat anak tidak berkembang dan kurang percaya diri.

Meminimalisir Resiko dan Kurang Spontan

gigisusu.net
gigisusu.net

Ibu yang lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan akan mempengaruhi pola pikir seorang anak, beginilah jika anak hanya mendapat pengasuhan hanya dari ibu, anak akan menjadi orang yang kurang memiliki spontanitas.

Berbeda dengan laki-laki yang sudah biasa untuk berfikir spontan dan lebih cepat jika harus menangani masalah, mereka berani mengambil resiko untuk hal tersebut. Sehingga anak akan meniru juga gaya ayah yang demikian untuk bisa dijadikan contoh.

Kurang Asertif

sudahdong.com
sudahdong.com

Sosok ayah pasti sangat dibutuhkan oleh anak, apalagi anak perempuan, di mana mereka ingin merasa aman dengan perlindungan dari ayahnya. Jika ayah tidak memberikan perlindungan tersebut, anak akan merasa kehilangan figur ayah.

Mereka tidak akan memiliki gambaran yang baik untuk seorang lelaki yang baik baginya. Anak kalian bisa menjadi kurang asertif atau mereka susah untuk menolak apa yang sebenarnya tidak mereka inginkan.

Karena melaui sosok ayah yang tegas mereka bisa belajar menjadi berani dan mampu mengutaran keinginan mereka. Ketika anak tidak asertif, ditakutkan mereka pun akan mendapat bully karena tidak bisa mengutarakan perasaannya.

Keliru dalam Memilih Pendamping

sp.beritasatu.com
sp.beritasatu.com

Ayah memiliki pengaruh yang begitu besar untuk anak perempuan mereka tentang gambaran seorang lelaki baik yang dapat dijadikan contoh atau panutan dalam memilih pasangan hidup.

Biasanya anak perempuan itu menjadikan ayah sebagai orang nomor satu, sehingga mereka pun ingin mendapat pasangan seperti ayah mereka.

Apalagi jika ayah mereka adalah orang baik, pengertian, penuh kasih sayang serta selalu ada dan siaga untuk ibunya dan keluarga. Anak mana yang tidak menginginkan sosok laki-laki lain seperti ayahnya untuk jadi suami idaman?

Tetapi bagaimana jika anakmu bahkan tak mengerti bagaimana kasih sayang seorang ayah? Meskipun tinggal satu atap, namun ayah tidak ikut serta mengurusi segala keperluan yang ia butuhkan.

Apa anakmu bisa menilai bagaimana dirimu? Sisi baik mana yang ingin anakmu cari dari seorang ayah yang tidak mempunyai waktu untuknya?

Penyimpangan Seksual

danudika.wordpress.com
danudika.wordpress.com

Anak akan menjadi seperti ini jika kehadiran ayah dalam perkembangannya sangat minim bahkan tidak ada sama sekali. Ditakutkan anak akan merasa bahwa sang ayah tidak bisa menghargai ibunya.

Sehingga anak laki-laki bisa tumbuh dengan membenci sosok laki-laki dan memilih untuk berperilaku seperti ibunya, atau merasa bahwa perempuan itu tidak perlu dihargai, sehingga ia tidak menyukai perempuan dan memilih untuk menjadi gay.

Sedangkan anak perempuan yang sama sekali tidak mengenal figur ayah, dikemudian hari bisa tumbuh menjadi perempuan yang membenci laki-laki dan memilih untuk berhubungan dengan sesama wanita.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *