Ayam merupakan makanan paling banyak digemari oleh manusia di seluruh dunia. Hewan ini memang mempunyai daging yang khas dan lembut cocok bagi lidah manusia.

Tapi Ternyata hewan satu ini mempunyai kelebihan yang sangat unik, yaitu bisa melihat malaikat, unik ya guys? kok bisa begitu? Penasaran yuuk disimak dibawah ini

1Fakta Tentang Ayam

fakhrurrojihasan.wordpress.com

Ayam adalah hewan yang bermata dua, yang terletak di samping kepala. Mata ayam mempunyai kekurangan yaitu tidak bisa melihat gelap.

Tidak ada ceritanya ayam keluar malam-malam mencari makan, ketika magrib datang ayampun sudah tidak bisa beraktifitas apapun, mereka hanya bisa bertengger di sarangnya.

Tapi disisi kekurangannya, mata ayam ternyata bisa melihat cahaya yang tidak bisa dilihat manusia.

2Hadist Tentang Ayam

ayambangkoksuper.com

Nabi Muhammad SAW memiliki kesan tersendiri terhadap hewan satu ini, bahkan rasulullah bersabda tentang ayam.

“Bila engkau mendengar suara ayam jantan maka mintalah karunia kepada Allah karena Ia melihat malaikat,

Sedangkan bila engkau mendengar ringkikan keledai, maka berlindunglah kepada Allah dari Setan karena dia melihat setan.” (Shahih, HR Bukhari dan Muslim).

Sabda ini diturunkan oleh Rasulullah sejak jaman beliau hidup, belum ada teknologi, belum ada alat canggih dan tentunya hadits rasulullah ini benar dan dibuktikan secara ilmiah di jaman sekarang.

3Pembuktian Secara Ilmiah

apriansyah18.blogspot.com

Sebuah studi dalam jurnal Public Library of Science ONE tahun 2010  ditemukan pada hewan ayam, bahwa ayam mempunyai kerucut retina yang berbeda dengan manusia, hal ini dianggap ayam bisa melihat warna atau cahaya lain yang tidak bisa dilihat manusia.

Manusia memiliki tiga jenis kerucut yang memungkinkan kita untuk melihat warna merah, hijau dan biru. Tapi ayam memiliki kerucut ekstra untuk melihat violet dan sinar ultraviolet.

Kerucut ayam ini terletak secara merata di seluruh retina, meningkatkan kemampuan mereka untuk melihat warna di seluruh bidang visual mereka.

Menurut penulis studi Dr Joseph C. Corbo of Washington University School of Medicine di St Louis.

“Berdasarkan analisis ini, Warna di retina ayam sangat melebihi yang terlihat di sebagian besar retina lain dan tentu saja bahwa dalam kebanyakan retina mamalia,”

Penelitian itu tentu sama dengan sabda Nabi SAW yang mengatakan bahwa ayam dapat melihat malaikat.

Soalnya malaikat merupakan mahkluk Allah yang diciptakan dari cahaya artinya dari sinar ultraviolet.

4Analogi Kokok Ayam

suararakyatindonesia.org

Penelitian diatas juga menjelaskan kepada kita guys, mengapa setan melarikan diri saat disebutkan nama Allah.

Penyebabnya adalah karena para malaikat datang ke tempat yang disebut nama Allah itu, sehingga setan melarikan diri. Setan akan  terganggu bila melihat cahaya malaikat.

Tahukah kamu guys? kenapa ayam berkokok saat fajar tiba? Saat terbitnya matahari?

Karena mereka melihat cahaya yang terpancar dari para malaikat-malaikat Allah yang datang dan sibuk membagikan rizky dari Allah untuk semua manusia setiap hari.

So, bangun pagi ya guys, sholat subuh, tilawah alquran dan dengarkan kokok ayam yang melihat malaikat datang kepada manusia.