Kamu tentu tahu bahwa babi adalah hewan yang tidak semua orang mau mengkonsumsinya. Dibalik semua itu ternyata ada fakta menarik kenapa babi tidak layak dikonsumsi. Hal ini bukan saja alasan yang tanpa bukti.

Dari segi kesehatanpun banyak dokter menganjurkan untuk tidak mengkonsumsi hewan yang satu ini.

Mungkin kamu jarang melihat babi, tetapi jika sesekali pergi ke hutan jangan terkejut ya jika kamu mendapati banyak babi. Apalagi babi hutan. Hiiiy!

Nah, kalau begitu kamu juga harus tahu alasan kenapa babi tidak layak dikonsumsi. Yuk simak ulasan berikut ini.

1Tidak Memiliki Leher

slaluterlambat.blogspot.com

Yap! Babi adalah hewan yang tidak memiliki leher sesuai dengan anatomi ilmiyahnya. Sedangkan bagi orang yang beranggapan bahwa babi adalah hewan yang layak disembelih dan dikonsumsi oleh manusia, tentu Sang Pencipta akan merancang hewan ini dengan memiliki leher.

Untuk apa? Agar bisa disembelih tentunya.

2Bau Pesing

rismonputrame.wordpress.com

Iiih! Makan nasi bungkus di tempat yang bau pesing saja kamu agak sungkan, apalagi memakan makanan yang bau pesing. Pasti makanan ini ada yang tidak beres didalamnya.

Nah! Beberapa konsumen babi pernah menceritakan bahwa daging babi kerapkali memunculkan bau pesing. Menurut penelitian ilmiyah ini disebabkan oleh praeputium babi sering bocor, sehingga urine babi merembes ke daging.

3Memakan Muntahannya

pixabay.com

Babi adalah hewan yang tamak. Ketika ia makan kemudian merasa lapar ia akan memuntahkan apa yang sudah ia makan lalu memakannya kembali. Duh!

Hal ini adalah demi memuaskan ketamakannya dalam urusan makan. Ia tidak akan berhenti makan, bahkan kotoran apa saja yang ada dihadapannya akan ia makan sampai tak tersisa.

4Mengencingi Kotorannya Sendiri Lalu Memakannya

normantis.com

Aargh! Yang benar saja. Tentu setelah membaca ini kamu tidak akan pernah tertarik untuk memakan babi. Mau diolah seperti sate, tongseng atau apapun tidak akan tertarik.

Babi akan mengencingi kotorannya sendiri lalu memakannya, ini juga demi memuaskan hasrat makannya. Waduh, jangan ditiru ya guys.

5Mengandung Banyak Penyakit

www.cargill.com

Kamu tentu sering mendengar jika daging babi mengandung cacing pita. Cacing ini berkembang dibagian usus 12 jari pada tubuh manusia dan dalam beberapa bulan cacing itu akan tumbuh dewasa.

Jumlah cacing pita bisa mencapai seribu ekor dengan panjang antara 4 sampai 10 meter. Ia akan terus tumbuh didalam tubuh manusia dan mengeluarkan telurnya melalui kotoran manusia.

Konon ceritanya tidak ada cara lain untuk mengeluarkan cacing pita ini selain dengan berpuasa sampai benar-benar lemah dan lapar. Kemudian sajikan sate dengan aroma yang menyengat dihadapan orang tersebut.

Lalu dengan perlahan cacing pita tersebut akan keluar melalui mulut orang tadi. Hiiiy! Seram.

6Penyebab Utama Kanker Anus dan Kolon

tarmiziblog.blogspot.com

Presentase penderita penyakit ini di negara-negara yang penduduknya mayoritas konsumen daging babi meningkat secara drastis. Seperti di negara Amerika dan negara-negara di Asia (seperti Cina dan India).

Akan tetapi di negara-negara Islam, presentasenya amat rendah, bahkan sekitar 1 banding seribu.

Nah begitulah tadi beberapa ulasan kenapa babi tidak layak dikonsumsi. Jangan pernah mencobanya ya, dan berhati-hatilah saat mengkonsumsi makanan. Jangan-jangan makanan itu mengandung zat babi.

Untuk itu kamu perlu memperhatikan label halal yang tercantum dalam kemasan atau sertifikat makanan yang akan kamu konsumsi. Meskipun saat ini sudah marak pemberitaan bahwa label halal dan sertifikat tersebut bisa dibeli, namun tidak ada salahnya jika kamu tetap berhati-hati.