Tidaklah manusia berhenti menghadapi masalah kehidupan, kecuali setelah kehidupan manusia itu berhenti. Sudah pada fitrahnya kita menghadapi masalah, maka hadapilah dan jangan menghindarinya.

Tidak ada badai yang abadi, dan badai pasti berlalu. Maka masalah kita juga pasti berlalu, hanya saja apakah kapal kita tetap ingin bertahan? Atau memilih untuk karam ditelan badai?

Mari lalui semua badai masalah dengan tegar, kokoh, dan berlayar kembali dengan baik. Buat kamu yang sedang dilanda masalah, inilah cara yang harus kamu lakukan agar badai masalah cepat berlalu.

1Tenangkanlah Pikiran Kita

donnavalentinus.blogspot.com

Ketika badai masalah menerpa, hal pertama yang mesti kita lakukan adalah menenangkan pikiran. Panik dan emosional hanya akan membuat kita tidak bisa berpikir jernih dan makin memperburuk masalah tersebut.

Kunci menenangkan pikiran adalah dengan menenangkan hati terlebih dahulu. Maka itu sangat baik untuk berdzikir mengingat Tuhan sang penentu takdir, berwudhulah agar hati dan pikiran semakin tenang.

Lalu dalami baik-baik masalah tersebut, awal mulanya, akibat paling jauhnya, dan bahkan dengan berpikir tenang kamu seketika akan menemukan solusi terbaiknya.

Pikiran yang tenang akan membuat kamu lebih nyaman dan tidak reaksioner dalam bertindak. Reaksioner atau bertindak tergesa-gesa seringnya tanpa menggunakan pemikiran yang matang dan akan membuat masalah baru.

2Tidak Berputus Asa Terhadap Badai Masalah

pratiwihamdhana.blogspot.com

Suatu ketika masalah yang kita hadapi begitu besar, sampai menyiutkan hati dan membuat diri merasa putus asa.

Padahal tidaklah seorang disebut beriman kepada Allah jika sampai jatuh pada rasa putus asa. Karena putus asa berarti menganggap Allah tak mampu menyelesaikan masalah yang kita hadapi.

Ketika jiwa sudah terlatih dan kokoh menghadapi masalah, tentu rasa putus asa tidak akan melanda. Namun, dengan jiwa yang lemah dan iman yang tipis, putus asa tak terelakkan. Apalagi begitu bodohnya jika sampai berpikir untuk mengakhiri hidupnya.

Tetaplah optimis bahwa selalu ada jalan keluar dalam setiap permasalahan. Seberat apapun dan seburuk apapun masalah itu.

3Yakini Selalu Ada Jalan Keluar

miduntramp.deviantart.com

Allah menciptakan masalah pasti satu paket dengan solusi dan jalan keluarnya. Seperti diciptakannya malam dan siang, pria dan wanita, begitu pun masalah pasti selalu menggandeng solusinya.

Tinggal bagaimana kita mengerahkan hati dan daya pikiran kita untuk mendapatkan solusi terbaik. Tetaplah pada titik tengah antara kesombongan dan keputusasaan.

Kesombongan bahwa semua masalah datang karena konsekuensi logis tanpa keterlibatan Tuhan. Dan kesombongan bahwa semua masalah bisa dilalui dengan kemampuan sendiri tanpa harus meminta pertolongan Tuhan.

4Evaluasi Diri Tentang Masalah yang Mendera

masterkoepink.com

Sebagian masalah sudah terselesaikan jika kamu dapat menemukan inti permasalahan yang kamu hadapi. Jika sumber masalah itu berasal dari diri kita, berarti satu-satunya cara hanya dengan mengevaluasi dan merubah sikap kita.

Baik itu evaluasi hubungan dengan diri kita sendiri maupun hubungan dengan lingkungan sosial. Alangkah baiknya jika memulai evaluasi dengan mengaitkan masalah kita dengan Tuhan.

Apakah masalah ini hanyalah ujian untuk meningkatkan derajat ketakwaan kita? Jika itu yang terjadi, maka bersemangatlah untuk menghadapinya, karena karunia besar akan segera datang.

Jika masalah ini adalah teguran atau bahkan hukuman, tidak ada jalan lain selain bertaubat dan memohon ampunan. Sadari apa kesalahan kita, dan segera perbaiki agar Allah berkenan untuk mengampuni dan membantu kita.

Dengannya kita bisa merubah diri kita harus bertindak seperti apa dan bagaimana berinteraksi dengan lingkungan sosial. Jika ternyata tidak ada yang salah, berarti memang ujian saja yang harus kita hadapi dengan sabar.

Mungkin juga pelatihan buat kita untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas diri agar sukses menjalani kehidupan.

5Berdoa dan Memohon Pertolongan Allah

pelangi-penuhpelangi.blogspot.com

Janganlah sombong dengan mengabaikan kekuasaan Tuhan terhadap kehidupan kita. Sebaliknya juga jangan berputus asa dan menganggap pertolongan Allah tak akan bisa menyelesaikan masalah kita.

Teruslah berdoa dan memohon pertolongan-Nya. Dan Allah dalam janjinya pasti akan memberikan jalan keluar atau berupa karunia yang lebih besar lainnya. Jadi bisa jadi keterpurukan kita diganti dengan yang hal lain yang lebih baik.

6Berpikir Kreatif untuk Menemukan Solusi

homefinder.com.my

Tidak cukup berdoa, tapi kita harus berusaha sekuat tenaga. Karena tidaklah Allah merubah keadaan kita, tanpa ada aksi nyata dari diri kita untuk merubahnya.

Itulah mengapa Allah menciptakan manusia lengkap dengan otak untuk berpikir. Maka, pikirkanlah jalan keluarnya. Gunakan cara berpikir kreatif untuk menemukan solusi.

Keluarkan ide-ide yang selama ini ada di benak kamu. Jika kamu masih buntu dengan ide kreatif, maka kondisikan dirimu agar bisa menciptakan hal yang kreatif.

Misalnya menghilangkan kata-kata negatif, membuat piramida pertanyaan, berteman dengan orang kreatif, dan yang paling penting keluarlah dari zona mainstream atau out of the box. Semoga kamu bisa menemukan ide kreatif untuk menyelesaikan masalahmu.

 

SHARE