Warna dari kamar di rumahmu adalah refleksi langsung dari kepribadianmu. Sementara sebagian besar dari kita tidak menghabiskan banyak waktu untuk berpikir mengenai warna ruangan, yang sejatinya mempengaruhi aktivitas kita setiap hari. Warna kamar dan ruangan mempengaruhi suasana hati dan pikiran kita.

Warna mempengaruhi orang dengan banyak cara, tergantung pada usia, jenis kelamin, latar belakang, etnis, iklim, dll. Warna tertentu (atau kelopok warna) cenderung mendapatkan reaksi yang sama dari kebanyakan orang. Variasi berasal dari kecerahan warna yang digunakan. Inilah mengapa begitu penting untuk memilih warna bagi ruanganmu.

Kamu tidak perlu khawatir tentang tren untuk memilih rumah yang indah. Tren warna akan dating dan pergi. Orang-orang yang tinggal di rumah membuatnya indah dengan memilih warna yang mencerminkan preferensi dan kepribadian mereka. Caranya adalah dengan memadukan warna yang mu sukai ke dalam kombinasi yang menyenangkan.

Terkadang memilih warna adalah salah satu langkah paling menakutkan bagi pemula. Warna memiliki kekuatan untuk mengubah bentuk dan ukuran parabot, serta bentuk dan ruangan itu sendiri. Memilih warna tidaklah sulit jika kamu sudah belajar tentang beberapa informasi dasar tentang warna dan dampaknya.

Mari kita cari tahu banyak tentang warna ruangan dan bagaimana mereka mempengaruhi suasana hatimu.

Suasan hati seperti apa yang ingin kamu ciptakan? Warna apa yang membantumu mencapai suasana hati tersebut?

Jika kamu membutuhkan bantuan menjawab pertanyaan tersebut, lihatlah majalah, dekorasi buku, atau website untuk mendapatkan ide. Biarkan parabot seperti kain, karpet dan ubin rumahmu membantumu untuk memilih warna yang tepat.

Setelah kamu menemukan sesuatu yang kamu sukai, batasi jumlah warna dalam ruangan menjadi tiga sampai 4 jenis warna saja. Memberikan warna terlalu banyak pada ruaangan membuat ruangan menjadi tampak penuh dan berantakan.

Warna ruangan dan dampaknya

Warna berdampak pada 3 cara dasar, yaitu: aktif, pasif dan netral. Kamu dapat dengan mudah mencocokkan warna setiap ruangan dengan keinginan pribadimu, selera, dan tujuan ruangan itu dibuat. Warna terang memberikan dampak luas dan lapang, membuat ruangan tampak lebih besar dan lebih cerah. Warna gelap memberikan kesan hangat, memberikan kesan intim bagi ruangan yang luas.

Mari kita bahas lebih dalam tentang warna dan apa yang bisa mereka lakukan untuk ruangan kita.

red dining room

Warna merah membangkitkan energy dalam ruangan. Warna yang paling intens dan memompa adrenalin. Warna ini adalah pilihan yang baik ketika kamu ingin membangkitkan gairah, terutama pada malam hari, di ruang tamu atau ruang makan. Warna merah menarik orang untuk bersama-sama dan melakukan percakapan. Dalam pintu masuk, merah memberikan kesan pertama yang kuat.

Warna merah telah terbukti meningkatkan tekanan darah, kecepatan respirasi dan tekanan jantung. Namun hal ini biasanya dianggap terlalu merangsang jika digunakan untuk kamar tidur.

dada

Warna kuning menangkap sinar matahari dengan baik dan menghantarkan kebahagiaan. Warna ini adalah pilihan baik untuk dapur, ruang makan, dan kamar mandi. Pada aula, jalan masuk, dan ruang-ruang kecil, warna kuning memberikan kesan luas dan sambutan yang baik.

Meskipun kuning adalah warna ceria, kuning bukan pilihan yang bagus untuk warna utama. Penelitian membuktikan bahwa orang cenderung kehilangan kesabaran dalam interior berwarna kuning. Bayi juga tampak lebih sering menangis dalam ruangan bernuansa kuning. Dalam skala yang besar, warna ini cenderung menciptakan perasaan frustasi dan kemarahan. Dalam terapi warna, kuning diyakini dapat merangsang saraf dan memurnikan tubuh.

blue

Warna biru dikatakan dapat menurunkan tekanan darah, memperlambat pernafasan dan detak jantung. Itulah mengapa warna biru dianggap menenangkan, cocok untuk suasana santai, dan sering direkomendasikan digunakan untuk kamar tidur dan kamar mandi.

Untuk menciptakan suasana santai dalam ruang bersama seperti ruang keluarga, ruang tamu atau dapur yang besar, pertimbangkan menggunakan biru yang hangat, atau biru terang, seperti biru langit atau biru kehijauan. Biru dikenal memiliki efek menenangkan jika dipakai sebagai cat utama ruangan. Biru gelap memiliki efek sebaliknya, membangkitkan perasaan sedih. Hindari menggunakan biru gelap sebagai warna utama ruanganmu.

bedroom-color-green-bedroom-bright-green-wall-color-for-bedroom-ideas-how-to-pick-color-on-cool-bedroom

Hijau dianggap warna yang paling tenang untuk mata. Menggabungkan kualitas menyegarkan biru dan keceriaan kuning. Hijau cocok untuk hamper setiap ruangan di rumah. Di dapur, hijau mendingikan segalanya; di ruang keluraga atau ruang tamu, mendorong kesejukan tapi tetap memiliki kehangatan untuk menghantarkan kenyamanan dan kebersamaan.

Hijau juga memiliki efek ketenangan jika digunakan menjadi warna utama ruangan. Hal ini diyakini untuk menghilangkan stress dan membantu orang rileks. Hijau juga dianggap membantu keseburan dan tepat digunakan untuk kamar tidur.

purple-living-room-modern-and-attractive-purple-living-room-interior-sample-designs-vintage-living-room-1046x872

Ungu, nilai gelapnya (terong, misalkan) adalah menggambarkan kekayaan, dramatis, dan rumit. Ungu terikat dengan kemewahan dan kreativitas. Ungu sebagai aksen atau warna sekunder memberikan kedalaman skema. Versi lebih ringan dari ungu, seperti lavender dan lilac, memberikan kualitas kamar tidur yang sama seperti layaknya biru, dengan tanpa merasakan resiko kesan dingin.

graber-cellular-blinds-exercise-room-low-res

Orange membangkitkan kegembiraan dan antusiasme, dan warna yang energik. Orange bukan warna ide yang baik untuk menghias ruang tamu atau ruang tidur. Warna ini sangat bagus untuk ruang latihan; hal itu akan membawa semua emosi yang kamu butuhkan dilepaskan selama program rutin kebugaranmu. Dalam budaya kuno, orange diyakini untuk menyembuhkan paru-paru dan meningkatkan energy.

Putty-Modern-Living-Room-Ideal-Home-Housetohome

Neutrals (hitam, abu-abu, putih, coklat) adalah alat dasar untuk dekorasi. Semua warna netral masuk dan keluar dalam bidang fashion, tapi kekuatan mereka terletak pada fleksibilitas: tambahkan warna untuk memberikan kesan hidup, kurangi untuk membawa efek ketenangan.

Hitam paling baik digunakan dalam dosis kecil sebagai aksen. Memang, beberapa ahli menyarankan bahwa setiap ruangan membutuhkan sentuhan warna hitam untuk memberikan kedalaman.

modern-living-room-crimson-accent-wall

Crimson (merah tua) dapat membuat orang merasa tersinggung. Membangkitkan pesaraan marah dan permusuhan, ini adalah warna yang harus dihindari sebagai warna utama sebuah ruangan. Duduk dalam jangka waktu yang lama dalam ruangan berwarna ini akan mempengaruhi kedamaian dan harmoni yang kamu usahakan dalam rumahmu.

Warna mempengaruhui suasana hati

Langit-langit merupakan satu per enam dari rumahmu, tapi terlalu sering mendapatkan hanya sekedar cat putih. Bahkan dalam beberapa decade, putih dianggap tidak hanya warna yang aman, tapi warna yang pantas untuk langi-langit.

Sebagai aturan umum, langit-langit yang lebih cerah dari dinding memberikan kesan lebih tinggi, sementara yang lebih gelap dari dinding memberikan kesan rendah. Kebutuhan akan langit-langit yang rendah bukan berarti sesak. Penampakan langit-langit yang rendah membangkitkan keintiman. Sebagai aturan dasar yang lain, dinding gelap membuat rungan tampak kecil, dan dinding cerah membuat ruangan tampak lebih besar.

Pedoman ini merupakan langkah awal bagimu untuk memilih cat. Perlu diingat bahwa pilihan warna adalah sesuatu yang sangat pribadi. Kamu adalah orang yang harus hidup dengan warna cat pilihanmu. Jadi pilihlah warna yang sesuai denganmu, keluargamu dan gaya hidupmu.

http//:medinatart.com