Setiap kendaraan atau alat transportasi membutuhkan bahan bakar agar bisa bergerak dan menjalankan fungsinya. Tak terkeculai dengan pesawat terbang.

Begitu pentingya bahan bakar, ibarat makanan yang merupakan sumber energi bagi manusia, bahan bakar pesawat adalah seperti ‘makanan’  bagi pesawat.

Pesawat terbang sendiri memiliki dua jenis bahan bakar yang biasa digunakan yakni Avgas dan Avtur.

Aviation Gasoline atau yang biasa disebut dengan Avgas adalah bahan bakar dari fraksi minyak tanah yang dirancang sebagai bahan bakar pesawat terbang dengan menggunakan mesin yang memiliki ruang pembakaran internal.

Yakni mesin piton atau mesin yang bekerja dengan prinsip resiprokal atau dengan pengapian/pembakaran.

Dengan kata lain jenis bahan bakar Avgas ini untuk jenis pesawat yang bermesin piston engine.

Avgas memiliki nilai oktan sangat tinggi yang spesifik digunakan untuk mesin pesawat terbang dengan tingkat kompresi yang tinggi.

Avgas serupa dengan bensin, bahan bakar ini diolah dari gasoline (bensin) yang lebih disempurnakan dari segi volitility, titik didih, titik bekunya dan flash pointnya.

Berbeda dengan mogas atau motor gasoline, Avgas digunakan pada pesawat terbang sedangkan mogas digunakan pada kendaraan bermotor seperti motor dan mobil yang bahan bakarnya dijual di SPBU.

Avgas memiliki sifat sangat mudah menguap dan sangat mudah terbakar pada temperatur normal. Maka dari itu, dibutuhkan prosedur dan peralatan khusus dalam menangani produk ini.

Nah, jika Avgas untuk pesawat bermesin piton, ada lagi jenis bahan bakar untuk jenis pesawat yang berbeda, yakni Avtur

Aviation Turbine Fuel atau Avtur yang secara international lebih dikenal dengan nama Jet A-1 adalah bahan bakar yang digunakan untuk pesawat terbang jenis jet atau turbo jet, baik tipe jet propulsion atau propeller.

Berbeda dengan Avgas yang dioleh dari bensin, Avtur diolah dari kerosene (minyak tanah) yang digunakan untuk keperluan penerbangan sipil di seluruh dunia.

Kalian tahu minyak tanah yang dipakai untuk memasak atau untuk lampu teplok? Itulah asalnya Avtur.

Perbedaannya terletak pada segi kebersihan, titik didih dan flash poinynya.

Itulah informasi mengenai bahan bakar yang digunakan untuk pesawat terbang. Semoga dapat menambah wawasan kita.