Bahasa tubuh adalah salah satu keunikan yang dimiliki manusia. Setiap detil dari gerak dan bentuk tubuhnya menunjukan karakter orangnya. Saat-saat tertentu, kamu mungkin tidak menyadari, ada bahasa-bahasa tubuh yang seharusnya kamu hindari.

Secara tidak sadar, bahasa tubuh itu membuat kamu kehilangan kepercayaan dari orang lain. Bahkan sampai merenggut karier kamu.

Percaya atau tidak, penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang mampu mengendalikan diri dan memonitor bahasa tubuh mereka, berpotensi untuk sukses. Setidaknya, untuk mencapai sebuah kesuksesan, kamu harus punya 90% kecerdasan emosional.

Tapi, hindari 10 bahasa tubuh berikut ini kalau kamu ingin lebih sukses lagi. Cekidot!

1Kurang Tegak Ketika Berdiri

kemenag.go.id

Seperti apa gestur tubuh kamu saat berdiri? Apakah tegak atau sedikit membungkuk? Jika memang kurang tegak, itu menandakan kamu kurang menghormati orang yang kamu ajak bicara. Seolah kamu ingin cepat pergi dan menghindari percakapan lebih jauh lagi.

2Terlalu Berlebihan Dalam Bergerak

pengacaramuslim.com

Kadang-kadang kamu suka berbicara dengan menggerakan kedua tangan atau anggota tubuh lainnya. Wajar, karena mungkin inilah yang menjadi ciri khas kamu.

Namun, menjadi tidak wajar tatkala gerakannya berlebihan. Misalnya, kamu selalu melihat arloji yang mengartikan bahwa kamu orang yang tidak sabaran, egois dan kurang respek. Jika kamu sedang bicara dengan orang penting, hindari gerakan-gerakan berlebihan tersebut.

3Memalingkan Tubuh

gemarnonton.wordpress.com

Waspada guys, kadang kamu tidak menyadari gerakan yang satu ini. Ketika kamu merasa tidak tertarik dengan lawan bicara, secara tidak sadar, tubuh kamu enggan menghadap ke arahnya.

Mungkin kamu memang tidak menyukainya dan kurang nyaman, tapi cobalah sedikit menghargainya. Kendalikan dirimu dan upayakan untuk menghadapkan tubuh kamu kepada lawan bicara.

4Lengan dan Kaki Saling Menyilang

okewave.com

Bahasa tubuh seperti ini menandakan bahwa kamu orang yang tertutup atau kamu tidak mau membuka diri pada lawan bicara. Sekalipun kamu murah senyum dan seolah memberikan respon positif, lawan bicara tetap akan menilai kamu tidak serius dan tertutup.

5Ekspresi dan Kata-Kata Tidak Selaras

maxmanroe.com

Pernah lihat orang yang bicara dengan tatapan kosong? Seperti itulah kamu ketika berbicara dengan ekspresi berbeda. Sejujur apapun kamu, kalau ekspresi dan perkataan yang kamu ucapkan tidak selaras, orang akan menganggapmu berniat mengelabuhi mereka.

6Mengangguk Terlalu Berlebihan

talentprint.com

Dalam beberapa kasus, anggukan pertanda ungkapan setuju. Lain halnya saat kamu memberikan anggukan terlalu berlebihan, itu malah mencirikan kamu merasa ragu dan cemas atas apa yang kamu setujui.

7Selalu Memegang Rambut

blogs.baruch.cuny.edu

Kebiasaan ini sering dilakukan kaum wanita yang cenderung suka memegan rambutnya saat berbicara. Dalam persepsi orang awam, selalu memegang rambut merupakan ciri orang yang lebih mementingkan penampilan.

Namun, sebenarnya, bahasa tubuh tersebut menunjukan kondisi kamu yang sangat cemas dan kurang percaya diri. Kalau lawan bicara kamu peka, dia pasti akan mengetahui bahwa kamu sedang tidak fokus atau terlalu semangat.

8Tidak Melakukan Kontak Mata

teroponbisnis.com

Rasa kurang percaya diri dan tidak minat dengan apa yang sedang dibicarakan dapat ditunjukan lewat bahasa tubuh ini. Kamu akan lebih sering menghindari tatapan mata lawan bicara. Hindari bahasa tubuh yang buruk ini saat bertemu rekan bisnis.

9Wajah Murung

dedenhendrayana.com

Wajah murung kamu seringkali merusak suasana yang telah terbangun di sekitar kamu. Meskipun mereka tidak terlibat dalam masalah yang sedang kamu alami, tapi sungguh ekspresi itu sangat mengganggu.

10Jabatan Tangan Lemah

sipayo.com

Biasanya kamu selalu tidak sadar saat melakukan ini. Pada akhir perjumpaan dengan kawan atau rekan bisnis, jabatan tangan kamu justru lemah.

Hal tersebut menandakan kamu kurang percaya diri dan tidak punya kuasa. Sebaliknya, jika kamu menjabat tangan seseorang dengan jabatan yang kuat, menandakan kamu agresif dan dominan.

Kesimpulannya guys, bahasa tubuh harus kamu sesuaikan dengan siapakah kamu akan berhadapan. Sebaiknya, hindari 10 bahasa tubuh ini agar kamu dapat meraih kesuksesan.