Sekarang sedang ramai-ramainya dunia maya terancam dengan keberadaan hacker, penjual bayi, atau bisnis prostitusi terselubung.

Para tersangka melancarkan aksinya bukan lagi secara fisik, langsung menerkam sasaran, semacam cara konvensional. Tapi dengan data.

Data yang secara tak sadar sering kita bagikan pada publik secara luas dan terbuka melalui status atau profil media sosial, bisa menjadi sasaran empuk para penjahat tersebut.

Khususnya kejahatan melalui facebook, mulai detik ini kamu harus lebih berhati-hati mengelola akun media sosialmu. Khususnya bagi kaum perempuan.

1Tanggal Lahir

komando.com

Jangan pernah sekalipun mencantumkan tanggal lahirmu dan keluargamu di dinding facebookmu. Barangkali semuanya terkesan baik-baik saja, tidak akan ada masalah berarti.

Eits, jangan salah. Hal itu akan membuka peluang bagi pihak-pihak tertentu untuk mencuri identitasmu.

2Lokasi Saat Ini

bgr.in

Fiur tagging di Facebook akan memberitahu orang-orang di mana lokasimu berada saat itu. Jika ada orang yang ingin berniat jahat padamu, maka dia akn dengan mudah melacak keberadaanmu dari facebook.

3Sendiri di Rumah

technixupdate.com

Setiap kamu akan update status, biasakan untuk tidak menulis hal-hal yang tidak penting dan bisa mengundang orang jahat untuk melakukan hal-hal buruk padamu.

Misalnya, kamu menulis status “sedang sendirian di rumah” itu status yang sangat tidak penting, tidak bermanfaat. Apa gunanya buatmu menulis seperti itu? Apa pentingnya bagi orang lain bahwa kamu sedang sendirian di rumah?

Status yang mungkin kamu maksudkan hanya sebagai hal iseng atau curhatan pribadi, ternyata menjadi bumerang bagi dirimu sendiri.

4Foto dan Nama Lengkap

help.instagram.com

Tahanlah untuk tidak memasang fotomu sendiri dan foto bayi. Kasus penjualan anak atau bayi sedang marak di Indonesia. Tak ada salahnya kalau kamu berjaga-jaga, wasapada agar kasus tersebut tidak terjadi padamu.

Ingat-ingat kembali apa esensinya kamu mengunggah foto di facebook. Jika hanya keinginan semata atau hanya untuk menunjukkan pada orang-orang kalau inilah aku, inilah anakku, lebih baik tahan.

5Status Hubungan

huffingtonpost.com

Apapun status hubunganmu, baiknya tak perlu diunggah ke facebook. Hal terburuk yang bisa terjadi ialah orang-orang mesum yang kemudian menguntitmu.

Status hubungan yang kamu cantumkan di facebook bisa jadi lampu hijau bagi mereka untuk mencelakaimu. Entah kamu sudah menikah, atau masih sendiri.

6Fitur Privat atau Publik?

bloggingshiksha.com

Kamu bisa bebas memilih statusmu akan dilihat oleh siapa. Kalau kamu memang benar-benar tidak bisa untuk tidak update status, maka cukup berikan statusmu pada teman-teman facebook saja.

Oh ya, dalam hal ini, kamu bisa mulai memilah-milah siapa saja kawan yang bisa berteman denganmu di facebook. Manfaatnya apa?

Jelas sekali, supaya kamu mudah mengontrol tampilan akunmu. Siapa-siapa saja yang boleh melihat dan tidak boleh melihat (foto, data pribadi, maupun status).

7Jangan Lupa Log Out

webpronews.com

Setelah selesai menggunakan media sosial, selalu periksa apakah kamu sudah keluar dari akun tersebut. Meskipun itu ponsel atau laptopmu sendiri. Kamu tidak pernah tahu apakah sewaktu-waktu ponsel atau laptopmu akan hilang atau tidak.

Tak ada salahnya kan waspada lebih dini? Seandainya laptopmu atau ponselmu dicuri atau barangkali jatuh dan ditemukan orang, kamu akan tetap aman karena akun media sosialmu tidak akan diacak-acak. Data pribadimu juga tetap terjaga.

jenningswire.com
jenningswire.com

So, sekarang kamu harus lebih berhati-hati ya dengan semua bentuk teknologi baru yang semakin kemari, semakin berkembang pesat. Mulai dari di dunia maya, sampai di dunia nyata. Ingat terus adab dan etika dalam mengelola media sosial.