Ghibah atau yang diistilahkan ngerumpi oleh kalangan awam merupakan santapan lezat bagi para wanita secara khusus, walaupun pria juga ada yang melakukannya.

Namun wanita yang mendominasi dalam hal ini. Di mana ada wanita berkumpul maka jarang sekali majelis itu selamat dari membicarakan aib orang lain.

Apakah itu tetangganya, temannya, iparnya, atau bahkan suami dan orang tuanya sendiri tidak luput dari pembicaraan.

Nah sebenarnya apa saja sih bahaya ghibah itu? berikut ulasannya.

1Seperti Makan Daging Saudaranya

www.ummi-online.com

Bahaya Ghibah itu ibarat memakan daging saudaranya sendiri. Pasti sangat jijik kita melakukannya kan

Allah Ta’ala berfirman : ”Dan janganlah sebagian kalian mengghibah sebagian yang lain. Sukakah salah seorang dari kalian memakan daging saudaranya yang telah mati? Maka tentunya kalian tidak menyukainya (merasa jijik). Dan bertakwalah kalian kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Al Hujurat : 12)

2Dicap Jelek Sama Rasulullah

plus.google.com

Beliau Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam juga bersabda : “Cukuplah kejelekan bagi seseorang bila ia merendahkan saudaranya yang Muslim. Setiap Muslim terhadap Muslim yang lain haram darahnya, kehormatannya, dan hartanya.” (HR Muslim)

Jadi bahaya banget kan kalau yang mencap jelek seseorang yang ghibah langsung Rasulullah SAW sendiri. Sehingga bahayanya dan kejelekannya pasti besar sekali.

3Akan Dibuka Aibnya oleh Allah

www.fotodakwah.com

Nah ini bahaya lainnya. Seseorang yang suka menghibah akan dibuka aibnya oleh Allah SWT.

Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma menceritakan bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam naik ke mimbar, lalu beliau berseru dengan suara yang lantang

“Wahai orang-orang yang mengaku beriman dengan lisannya namun iman itu belum masuk (belum sampai) ke dalam hatinya, janganlah kalian menyakiti kaum Muslimin, jangan kalian mengghibah mereka dan mencari-cari aurat mereka (kejelekan mereka), karena sesungguhnya siapa yang mencari-cari aurat saudaranya yang Muslim niscaya Allah akan mencari-cari auratnya dan siapa yang dicari-cari auratnya oleh Allah maka Allah akan membeberkan aurat tersebut walaupun di tengah rumahnya.” (HR. Tirmidzi dan Abu Daud)

4Siksa Keras di Neraka

weknowyourdreams.com

Waduh, balasan yang satu ini sangat keras. Seseorang yang suka menghibah digambarkan akan disika di neraka dan mencakari wajah mereka sendiri dengan kuku kuku dari tembaga.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, “Tatkala aku di-Mi’raj-kan, aku melewati suatu kaum (di neraka) yang mereka memiliki kuku-kuku dari tembaga. Dengan kuku-kuku tersebut mereka mencakari wajah dan dada mereka. Maka aku bertanya kepada Jibril : “Siapa mereka itu, wahai Jibril?” Jibril menjawab : “Mereka adalah orang-orang yang (ketika di dunia) memakan daging manusia (berbuat ghibah) dan melanggar kehormatan manusia.” (HR. Abu Daud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here