Ajaran islam merupakan ajaran rahmatan lil alamin dan memiliki kebenaran secara mutlak berdasarkan al-quran dan sunnah nabi. Namun, sebelum kamu mendalami islam lebih jauh di sebuah jamaah tertentu, maka kamu perlu berhati-hati dengan ajarannya.

Kenapa perlu berhati-hati? Karena banyak dari ajaran yang ada di Indonesia itu menyimpang bahkan bisa dibilang sesat.

Sebuah ajaran dikatakan menyimpang, apabila tidak sesuai dengan ajaran yang disampaikan oleh Allah melalui Alquran dan tidak sesuai dengan Sunnah nabi.

news.okezone.com
news.okezone.com

Wah seram juga ya! Berarti banyak dari kita harus tahu nih , apa saja ajaran sesat yang ada di Indonesia. Jangan sampai kita mau menuju kebaikan, tapi dengan jalan yang salah, yaitu mengikuti ajaran yang tidak sesuai dengan ajaran Islam.

suarababel.com
suarababel.com

Untuk itu, yuk kita sama-sama lihat ajaran sesat apa saja yang pernah dan masih berkembang di Indonesia hingga saat ini. Semoga dengan mengetahuinya, kita jadi lebih waspada.

1Inkar Sunnah

kaafi-indonesia.or.id

Mungkin sebagian besar dari kita kurang familiar dengan ajaran yang mengaku Islam berikut ini. Wajar saja sih, karena ajaran ini memang mulai berkembangnya di Indonesia pada tahun 1980-an. Entah sampai sekarang masih ada atau tidak.

Kenapa namanya Inkar Sunnah? Karena ajaran ini tidak menggunakan hadis nabi sebagai salah satu rujukan. Ia hanya al-quran sebagai satu-satunya pedoman untuk menjalankan kehidupan ini.

Wah, nggak bisa begitu dong ya! Dari mana kita tahu cara mengamalkan isi al-quran kalau kita tidak mengikuti petunjuk dari nabi yang langsung menerima wahyu dari Allah. Oleh karena itu, ajaran ini dikategorikan sebagai ajaran menyimpang.

2Salamullah

m.rmol.com

Aliran yang satu ini sempat pernah menggegerkan Indonesia, walaupun pada akhirnya pendiri dari aliran ini yaitu Lia Aminudin yang dikenal sebagai Lia Eden sampai masuk penjara.

Ajaran ini bukan hanya sangat menyimpang dari Islam, namun bisa dibilang kocak. Kenapa? Karena pendirinya mengaku bahwa ia adalah bentuk reinkarnasi dari Bunda Maria dan mendapatkan wahyu layaknya para nabi.

Tapi yang lebih lucu lagi, walaupun secara kasat mata saja ajarannya sudah sangat aneh, namun pengikutnya cukup banyak, mulai dari masyarakat biasa, pelajar, atau pun cendikiawan.

3Al Qiyadah Al Islamiyah

lppi-jakarta.blogspot.com

Ajaran menyimpang lainnya yang bisa dibilang bukan ajaran Islam yang satu ini diciptakan oleh seseorang yang mengaku nabi. Dia adalah Ahmad Musaddeq. Wah! Kok bisa ya dia ngaku-ngaku nabi, berani sekali dia begitu.

Jadi Ahmad Musaddeq ini mengaku menjadi utusan tuhan di era yang semakin kekinian dan ketika Allah sudah menetapkan nabi yang terakhir di utus adalah Nabi Muhammad saw. Dari sini saja terlihat sesat sekali kan!

Selain itu, ia pun mengajak orang-orang yang mau bergabung dengan ajarannya untuk mengucapkan syahadat sesuai versi yang dibuat olehnya. Pertanyaannya, ok ada yang mau ya ngikutin ajaran seperti ini?

4LDII

nugarislurus.com

Ajaran menyimpang lainnya adalah LDII. Di antara ajaran lainnya, mungkin ini adalah salah satu ajaran sesat yang cukup menggurita, karena banyak pengikut dan memiliki cabang hampir di setiap daerah.

Hal yang membuat LDII dibilang menyimpang, yang pertama karena mereka mengultuskan seseorang dalam jamaahnya, kemudian menganggap bahwa orang selain kelompoknya adalah najis, baik itu saudara bahkan orang tuanya sekalipun.

5Ahmadiyah

warta-ahmadiyah.org

Aliran sesat lainnya yang cukup terkenal adalah Ahmadiyah. Aliran ini pun sempat menghebohkan Indonesia beberapa tahun yang lalu.

Kenapa aliran ini dikatakan menyimpang? Karena aliran ini memiliki nabi dan rasul sendiri dan kitab sucinya pun bukan al-quran.