papasemar.com

Hati-hati Main Kembang Api, Perhatikan 10 Bahaya Ini

Posted on

Anak-anak pasti suka kembang api, karena warnanya yang menarik meskipun bahayanya sudah jelas bisa melukai tubuh dan lingkungan.

Sebagai bahan peledak, kembang api memang berpotensi dapat menyakiti orang lain. Pada beberapa perayaan yang selama ini terselenggara, kembang api menjadi sumber bahaya yang dapat melukai ratusan orang dan menyebabkan meninggal dunia.

Berikut ini beberapa daftar dampak negatif dari kembang api;

Luka karena Ledakan

brilio.net
brilio.net

Kembang api memiliki daya ledak yang terbilang rendah, namun tetap saja bisa menewaskan atau melukai orang.

Beberapa kali telah terjadi kecelakaan kembang api yang membuat ratusan orang terluka dan bahkan meninggal.

Salah satunya yang terjadi saat penyambutan tahun baru 2012 di Italia. Saat kejadian itu 561 orang terluka dan 2 orang tewas akibat insiden tersebut.

Polusi Suara

republika.co.id
republika.co.id

Suara ledakan kembang api terdengar cukup keras terutama dari jarak dekat. Hal tersebut bisa mengganggu ketenangan orang lain, misalnya orang yang sedang bekerja, beribadah atau beristirahat.

Orang-orang yang sedang sakit juga bisa terganggu jika mendengarkan ledakan keras tak henti karena kembang api.

Polusi Udara oleh Bahan-bahan Kimia

nadiasarwani303.blogspot.com
nadiasarwani303.blogspot.com

Seperti yang kita tahu, kembang api dibuat dari berbagai bahan kimia yang tentu berbahaya bagi kesehatan.

Saat kembang api diledakkan, maka banyak bahan kimia sisa yang akan terbang dan mencemari udara di sekitarnya.

Misalnya senyawa tembaga yang dipakai untuk menghasilkan warna biru. Senyawa tembaga tersebut bisa menghasilkan dioxin yang dapat menyebabkan penyakit kanker.

Mencemari Air

hipwee.com
hipwee.com

Sisa pembakaran kembang api dan debu yang jatuh dari langit bisa turun ke perairan seperti sungai dan tempat penampungan air.

Hal ini cukup berbahaya jika air tersebut nantinya diminum oleh masyarakat karena kembang api mengandung perklorat yang mudah larut dalam air dan dapat menghambat pengambilan iodine oleh kelenjar tiroid.

Sampah Padat yang Mencemari Lingkungan

news.okezone.com
news.okezone.com

Sampah padat dari hasil kembang api dapat mencemari lingkungan, di darat maupun di perairan.

Belum selesai urusan sisa bahan kimia yang mencemari udara, sudah ditambah lagi sampah kertas, plastik, ataupun sisa bahan padat kembang api yang sudah jelas bahayanya.

Menyebabkan Kebakaran dan Kerusakan Bangunan

republika.co.id
republika.co.id

Ledakan kembang api yang tidak tepat sasaran bisa menimpa bangunan. Adanya api atau ledakan dari kembang api tersebut bisa memicu kebakaran.

Kebakaran bangunan tentu bisa menimbulkan kerugian material yang sangat besar.

Melukai Hewan

brilio.net
brilio.net

Selain manusia dan lingkungan, hewan juga dapat terluka, ketakutan, dan stress akibat kembang api.

Kebanyakan hewan memiliki pendengaran yang lebih sensitif daripada manusia. Suara kembang api dapat secara permanen mengganggu pendengaran mereka.

Merusak Lapisan Ozon

indohub.com
indohub.com

Bahan kimia yang terdapat pada kembang api dapat merusak lapisan ozon. Padahal, lapisan ozon ini sangat penting bagi pelindung bumi dari bahaya sinar matahari.

Lapisan ozon yang rusak dapat menyebabkan kanker kulit, perubahan iklim, tanaman yang mati, rusaknya ekosistem, dan lain-lain.

Mengganggu Kesehatan Manusia

gejalapenyebabsakit.blogspot(dot)com
gejalapenyebabsakit.blogspot(dot)com

Polusi serta suara bising yang memekakkan dari kembang api dapat mengganggu kesehatan manusia. Orang yang menderita asma, jantung, dan alergi asap, misalnya.

Cara roket kembang api terbang tidak bisa diperkirakan sejauh mana sehingga bisa saja melukai manusia, hewan, dan merusak bangunan. Begitu juga dengan percikan api yang dapat mengenai pakaian dan rambut.

Perubahan Iklim

aktual.com
aktual.com

Penggunaan bahan-bahan kimia yang ada di dalam kembang api bisa menyebabkan kerusakan lingkungan dan mendorong perubahan iklim.

Perubahan iklim ini bisa menyebabkan terjadinya banyak bencana alam, seperti banjir dan badai.

Musim hujan dan musim panas yang awalnya bisa diprediksi terjadi pada bulan tertentu dapat bergeser karena terjadi perubahan iklim.

Kembang api memang tampak indah dan memeriahkan suasana. Banyak orang yang suka melihat kembang api, baik itu anak-anak, remaja, sampai orang tua.

Namun jika kita sudah mengetahui dampak buruknya, maka lebih baik menghindari penggunaannya. Toh untuk merayakan tahun baru atau acara lain tidak harus menggunakan kembang api, kan?

Jangan hanya karena ingin melihat keindahan sesaat saja, tapi mengorbankan keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *