Berdasarkan riset, penguat rasa makanan yang lazim disebut MSG (Monosodium Glutamate), ternyata dapat merusak nafsu makan dengan cara merusak jaringan otak yang bertugas untuk mnegendalikan nafsu makan.

Rasa penguat yang muncul dari makanan dengan kandungan MSG dapat menyebabkan seseorang mengalami ketagihan. Berikut ini 6 bahaya MSG bagi tubuh manusia;

1Menyebabkan Gemuk

aceh.tribunnews.com

Rasa ketagihan berlebih yang diakibatkan oleh MSG dapat membuatmu mengonsumsi makanan tersebut secara terus-menerus.

Sebuah penelitian di China yang melibatkan 752 orang sehat pada usia 40-59 telah membuktikan hal tersebut.

completelynourished.com
completelynourished.com

Sebagian diminta makan makanan komersial yang mengandung MSG dan sebagian di minta makan makanan yang sehat tanpa MSG. Lalu mereka beraktivitas seperti biasa.

Hasilnya, orang yang makan makanan ber-MSG memiliki indeks berat badan yang lebih tinggi dibanding yang orang yang tidak memakan makanan dengan kandungan MSG.

2Kerusakan Otak

anekatop10.com

Pada dasaranya, MSG adalah penguat rasa makanan yang dapat merangsang kinerja otak untuk merespon nafsu makan.

Jika terus-menerus memakan MSG dapat dibayangkan bahwa otak anda akan terpacu secara berlebihan terutama bagian otak yang bertugas mengendalikan nafsu makanan.

3Memacu Peradangan Hati

regioncaribe.org

Mengkonsumsi MSG secara berlebihan dapat menyebabkan kerja hati menjadi tidak normal dan dapat memicu terjadinya peradangan hati.

4Mayoritas Makanan Cepat Saji Menggunakan MSG

media.iyaa.com

Selain mampu menjadi penguat rasa bagi makanan, MSG juga dapat membantu mengawetkan makanan. Dibuktikan dengan penggunaannya pada setiap makanan cepat saji yang ada di seluruh dunia.

Berhati-hatilah dalam memilih makanan. Pastikan kamu benar-benar mendapatkan informasi atau fakta yang sesungguhnya, apakah makanan tersebut sehat atau justru akan menjadi sarang penyakit.

5Paling Banyak Digunakan di Dunia

hipwee.com

MSG saat ini digunakan pada banyak sekali makanan komersial yang ada di seluruh dunia. Pastikan bahwa kita selalu berhati-hati dalam memilih makanan. Terutama jika memiliki anak kecil.

Pilihlah makanan sehat yang aman dikonsumsi setiap hari, bebas MSG, dan bahan pengawet.

6Memperlambat Perkembangan Kecerdasan Anak

anekatop10.com

Kandungan MSG dapat mengganggu kinerja otak. Dalam jangka waktu tertentu, pengaruh konsumsi MSG yang terlalu sering dapat memperlambat perkembangan kecerdasan otak anak.

SHARE