Helo, jaman sekarang siapa sih yang tidak mengenal rokok? Iya kan ya? miris memang, kini ‘barang haram’ ini sudah menjamur dimana-mana. Tak tanggung-tanggung, remaja di bawah umurpun sudah banyak yang diberitakan berteman dengan rokok ini.

Parahnya lagi, perokok wanita yang dahulu dianggap tabu, sekarang tampaknya sudah mulai diacuhkan begitu saja.

Tidak ada benefit sama sekali menjadi konsumen barang satu ini. Sudah mahal, dibeli untuk dibakar. Useless sekali bukan? Tidak itu saja, bahayanya yang ‘menjanjikan’ itu lho. Uups, berarti sama saja kita membeli bahaya yaa?

 Did you know? di USA, merokok telah menyebabkan lebih dari 480.000 kasus kematian setiap tahunnya!. Tidak hanya itu, survey telah berbicara, bahwa merokok menyebabkan sekitar 90% dari semua kematian yang diakibatkan karena kanker paru-paru pada pria dan wanita.

Hiiiiih, ngeri sekali, bukan?. Sudah tahu kenapa rokok begitu berbahaya? Yups, karena rokok menawarkan bahan-bahan dengan segudang ‘musibah’ yang mengancam tubuh lho,

Friends! Sebenarnya sering kita temui bahayanya, yang dicantumkan pada bungkus rokok yang dijual di pasaran.

Sampai-sampai, pemerintah juga telah mengharuskan adanya gambar korban bahaya dari rokok itu sendiri di kemasan rokok. Tapi anehnya, masih banyak pula yang mengkonsumsinya. Mengherankan sekaligus sangat disayangkan bukan?

Nah, sebenarnya ada apa saja sih di dalam rokok itu yang membuat rokok bukan main bahayanya? Berikut ini adalah 6 kandungan dalam rokok yang full of danger itu. You must know it, Guys!

1Nikotin

fotolia.com

Rokok mengandung nikotin yang sangat tinggi. Zat nikotin adalah zat kimia berbahaya dan sangat adiktif yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, denyut jantung, dan penyempitan pembuluh darah.

Lebih dari itu, nikotin juga dapat menyebabkan pengerasan dinding arteri yang dapat mengakibatkan serangan jantung. Yang terakhir, nikotin juga dapat mengakibatkan kanker serta merusak struktur DNA. Betapa bahayanya nikotin ini.

2Tar

dylannulis.blogspot.com

Tar bersifat karsinogenik ketika rokok itu dibakar. Kandungan tar pada rokok akan menempel pada paru-paru. Itulah mengapa paru-paru penderita kanker paru-paru berwarna hitam.

Tar juga bisa menyebabkan impotensi, penyakit jantung, penyakit darah, bronkitis kronik, enfisema, gangguan kehamilan dan janin serta menimbulkan warna cokelat pada gigi dan kuku.

3Hidrogen Sianida

slideshare.net

You must know, Guys. Sianida merupakan racun paling cepat reaksi bahayanya di dunia! nah, coba deh kalau sianida ini dikombinasikan dengan hydrogen. Kamu tahu? kombinasi dari keduanya mampu merusak silia di saluran bronkial serta paru-paru.

Sebenarnya manfaat rambut halus seperti silia ini mampu mengeluarkan racun dalam udara yang dihirup, nah kalau silianya rusak lalu siapa yang akan mengeluarkan racun tersebut? Ada bayangan? Ngeri sekali bukan?

4Kadmium

adiindaaputrii.blogspot.com

Kadmium merupakan satu diantara logam-logam bahan untuk membuat baterai. Zat kadmium yang terhirup akan tersimpan di lapisan ginjal sehingga dapat mengakibatkan kerusakan ginjal dan berpotensi mengganggu perbaikan DNA.

5Karbon Monoksida

zonapintar.com

5% dari asap rokok merupakan gas karbon monoksida.

Karena CO ini dihirup dan masuk ke aliran darah, CO dapat menurunkan jumlah oksigen yang dibawa di dalam sel darah merah lalu meningkatkan jumlah kolesterol yang diserap ke lapisan dalam arteri, sehingga bisa terjadi pengerasan arteri atau aterosklerosis.

6Benzene

essentialchemicalindustry.org

Benzene ini merupakan petrokimia yang dipakai untuk dry cleaning pakaian dan juga memproduksi bahan kimia lain. Benzene ini bersifat karsinogenik yang dapat mengakibatkan kanker darah/leukemia.

Nah, itu dia kandungan rokok beserta bahaya yang dibawanya. Sebenarnya tidak hanya itu, tapi masih banyak lagi kandungan dalam rokok yang bahayanya juga tidak dapat diremehkan.

Lantas, jika segitu saja bahayanya sudah hampir sampai pada kematian, apakah kamu para perokok masih ingin terus mengkonsumsinya? sadar atau tidak, sama saja kita membeli kematian kita sendiri. Seperti itu apakah masih logic? tidak bukan?

Dengan mengenali bahayanya harusnya kita sadar, dan segera menjauhi barang pembawa kematian ini. Mulailah dari sadar diri sendiri, lalu kita tularkan kepada orang-orang sekitar kita! Jika bukan kita siapa lagi, jika bukan sekarang kapan lagi?

Hidup sehat bebas rokok! Semangat!

SHARE