Siapa yang tidak pernah menggunakan sendal jepit. Sendal khas rakyat Indonesia ini sudah sangat tersohor ke seluruh penjuru negeri. Selain karena sederhana, sendal jepit juga sangat terajangkau harganya.

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa menggunakan sepatu atau sandal dengan hak yang tinggi (high heels) memiliki efek buruk bagi kesehatan.

Maka dari itu banyak orang yang beralih menggunakan sandal jepit atau mengganti sepatunya dengan sandal jepit ketika sudah tidak tampil di depan publik. Tetapi siapa sangka bahwa terlalu sering menggunakan sendal jepit dapat menyebabkan beberapa masalah.

Nah, untuk kamu ketahui inilah bahayanya jika kamu sering menggunakan sendal jepit.

1Menyebabkan Kaki Dipenuhi Bakteri

www.fotografindo.com

Jika kamu menggunakan sendal jepit sepanjang waktu di udara terbuka, maka hal tersebut bisa menarik tidak kurang dari 15.000 bakteri untuk menempel di kakimu. Dan itu tentu merugikan bagi kondisi kesehatan kamu dan keluarga.

2Mudah Tergelincir

www.fotografindo.com

Tekstur sendal jepit memang akan menyebabkan kamu sering tergelincir. Tidak hanya tergelincir pada jalan biasa, tetapi jika kamu mengemudikan kendaraan dengan menggunakan sendal jepit, berhati-hatilah.

Apalagi yang telah longgar dan tipis. Permukaannya yang datar bisa menyebabkan slip dan tergelincir, sangat membahayakan keselamatanmu.

3Menyebabkan Sakit Punggung

www.flickr.com

Karena tak adanya penyangga di lengkungan kaki serta tumit, maka memakai sandal jepit terlalu lama dapat memicu timbulnya nyeri pergelangan kaki dan nyeri pinggul. Jika dibiarkan hal ini dapat merembet menjadi sakit punggung.

4Artrhitis

pixabay.com

Jika kamu terlalu lama memakai sandal jepit dengan posisi datar saat berjalan, maka dapat memicu timbulnya arthritis atau nyeri sendi. Gesekan antara kaki dan permukaan sandal pun juga dapat mengakibatkan sensasi seperti terbakar sehingga mengganggu kenyamananmu.

Nah itulah beberapa bahaya dan resiko yang didapat dari menggunakan sandal jepit. Untuk itu disarankan untuk menggunakan sandal yang pas ukurannya dengan kakimu sehingga tidak membuat ujung kaki menjadi menggantung.

Buat kamu yang masih sering menggunakan sendal jepit, selamat beralih pilihan ya. Ayo jaga kesehatan. Agar tidak menyesal di hari tua nanti.

SHARE