Air minum dalam kemasan sudah semakin beragam dan dapat kamu temukan dengan mudah serta murah di berbagai tempat.

Selama ini, mungkin kamu mengira air minum dalam kemasan adalah air yang bebas dari bahaya, bersih dan tentunya lebih praktis.

Iklan-iklan air minum dalam kemasan juga cenderung mempromosikan bahwa air minum dalam kemasan lebih baik dan akan membuat tubuhmu lebih segar.

Namun, tahukah kamu, bahwa kenyataannya air minum dalam kemasan itu berbahaya? Berikut 7 bahaya yang akan terjadi jika kamu sering mengonsumsi air minum dalam kemasan.

1Penyumbang Sampah Plastik Terbesar

benzano.com

Menurut hasil penelitian, air dalam kemasan botol memproduksi 1,5 juta sampah plastik pertahun. Ditambah lagi dengan penguraian sampah yang sangat lambat, diperkirakan mencapai 500 tahun.

Meskipun terdapat langkah-langkah untuk mendaur ulang, upaya tersebut dirasa masih kurang karena kerusakan lingkungan yang timbul jauh lebih besar.

Jadi, saat kamu mengonsumsi air minum dalam kemasan, berarti kamu telah menjadi penyumbang sampah plastik tersebut.

2Menyebabkan Kemandulan

dailymoslem.com

Saat botol plastik bersentuhan dengan air secara terus menerus, plastik akan melepaskan bahan kimia yang disebut Phthlate.

Zat beracun ini akan mengendap di dalam tubuh dan menyebabkan kanker serta kemandulan jika sering dikonsumsi dalam jangka panjang

3Menyebabkan Kanker

obatkankerherbaltradisional.blogspot.com

Plastik merupakan bahan yang paling sering digunakan sebagai kemasan. Produk makanan pun biasa menggunakan plastik untuk pengemasannya.

Namun jika makanan, biasanya sudah diberi pengawet yang membuatnya tahan lama. Lalu bagaimana dengan air?

Botol-botol tersebut telah melakukan proses panjang sebelum mencapai toko. Meski dikemas dengan baik, lama kelamaan air mulai menyerap bahan kimia berbahaya dari plastik yang dapat menyebabkan kanker.

4Melemahkan Tulang

blog.fysiosupplies.nl

Minuman ringan yang mengandung soda, ternyata bisa memengaruhi kesehatan tulang. Sebab, minuman soda terbukti memiliki kandungan asam fosfor yang dapat mengurangi kekuatan tulang, dan membuatnya mudah keropos.

Hal ini selanjutnya akan menimbulkan dampak pada semakin tingginya angka masyarakat yang terkena risiko penyakit osteoporosis.

5Obesitas

dietherba.wordpress.com

Konsumsi minuman ringan dalam kemasan, khususnya yang bersoda, juga bisa memberikan risiko kenaikan berat badan.

Sebab kandungan gula dan kalori dalam minuman tersebut bisa menambah jumlah lemak jahat dalam tubuh. Selain itu, konsumsi gulanya yang berlebih juga akan menimbulkan risiko terkena diabetes.

6Kerusakan Ginjal

deherba.com

Kandungan gula berlebih dalam minuman ringan bisa memberikan dampak pada organ ginjalmu.

Dalam jangka panjang, ginjal akan bekerja lambat, dan menimbulkan risiko gangguan yang lebih parah, seperti batu ginjal dan gagal ginjal.

7Depresi

tipsbejo.blogspot.com

Mengonsumsi minuman ringan dalam jumlah yang berlebihan juga dapat menyebabkan datangnya gangguan mental, seperti depresi dan kecemasan berlebih.

Konsumsi minuman ringan seharusnya sangat dibatasi pada konsumen anak-anak. Sebab, dampaknya bisa sangat berbahaya.

Beralihlah pada minuman yang lebih sehat, seperti jus buah dan sayur olahan sendiri yang jauh lebih aman dan kaya nutrisi.