cantikanggun.com

Para Orang Tua Harus Baca, Inilah Bahaya Teriakan Pada Anak

Posted on

Teriakan merupakan hal yang tidak baik untuk siapun, termasuk bagi anak kita. Karena teriakan bersifat negatif, bersifat memaksa dan membentak, tentu akan berefek kurang baik bagi anak.

Memang kadang anak kita bandel, usil atau susah diatur, tapi bagaimanapun juga teriakan bukan solusi untuk mengatasi anak bandel. Harapan ketika kita berteriak anak akan patuh, memang di awalnya patuh, tapi dibalik itu ada efek yang tidak baik untuknya.

Inilah daftar efek buruk jika kita berteriak pada anak.

Mengikis Cinta

khalifah.co.id
khalifah.co.id

Dengan berteriak otomatis, rasa kelembutan dan kasih sayang kan terkikis, itu juga akan menjadi hobi, ketagihan untuk menghentikan anak yang bandel. Raca cinta kepada anak yang seharusnya besar akan memudar.

Anak pun juga akan merasa, bahwa orang tuanya tidak sayang  dan galak pada anaknya.

Menghilangkan Suasana Surga

tipspendidikananak.com
tipspendidikananak.com

Teriakan merupakan ciri-ciri penduduk neraka, jadi dengan jkita berteriak maka kita seperti penduduk neraka, hilang suasana surga di rumah kita. Dan tentunya anak akan merasa rumah sebagai tempat yang mengerikan bagi dia.

Mengaktifkan Batang Otak

ummi-online.com
ummi-online.com

Sudah di teliti oleh para ahli, teriakan kepada anak, akan mengaktifkan batang otak pada anak. Batang otak atau disebut otak refleks. Dengan aktifnya batang otak, anak akan cenderung merespon masalah tanpa berfikir.

Efeknya ketika ia berteman, maka ia akan mudah marah, ia akan mudah main tangan ketika ia marah, karena ia menjadi malas berfikir jernih.

Cenderung Suka Puaskan Emosi

cantikanggun.com
cantikanggun.com

Sangat berbahaya apabila anak suka memuskan emosi kepada teman atau justru kepada orang tua sendiri. Ketika anak sudah malas berpikir tentu ia akan seenaknya sendiri, sebagai contoh anak yang suka tawuran atau suka berkelahi di manapun.

Menghancurkan Sel Otak

belajarblogni.blogspot.com
belajarblogni.blogspot.com

Ingat bagi orang tua, satu teriakan kepada anak akan menghancurkan 10 ribu sel otaknya. Maka jika kita berteriak sehari 3 kali saja, maka sudah 30 ribu sel otaknya mati, ngeri kan?

Salah satu anak bodoh atau prestasinya jelek adalah sel otaknya banyak yang mati, itu akibat banyak teriakan yang ia dapat.

Tentu kita sebagi orang tua tidak mau hal diatas terjadi pada anak kita kan? jadi jangan berteriak. Sabar dan lembut tapi tetep tegas kepada anak adalah yang terbaik.

Semoga bermanfaat ya.

 

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *