Bagi para pecandu kopi, rasanya tidak mungkin meninggalkan kebiasaan minum kopi jika tanpa tekad kuat. Jika benar-benar tidak bisa ditinggalkan, minimal dikurangi konsumsinya.

Kopi banyak mengandung kafein yang jika terlalu banyak dikonsumsi oleh tubuh, akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Mengkonsumsi kafein yang melebihi dosis normal dapat menyebabkan keracunan. Gejalanya yaitu perasaan gelisah, gemetar, detak jantung lebih cepat, frekuensi buang air kecil meningkat dan terjadinya masalah pada sistem pencernaan.

Berikut ini 6 bahaya yang akan muncul akibat terlalu banyak minum kopi;

1Mempengaruhi Kerja Jantung

deherba.com

Jantung akan memompa darah lebih cepat dari biasanya. Tentu hal tersebut sangat mempengaruhi kesehatan karena dapat menurunkan fungsi kerja jantung.

Serangan jantung secara tiba-tiba bisa terjadi kapan saja pada konsumen kopi yang sudah sangat berlebihan bahkan ketergantungan.

2Menyebabkan Insomnia

lifestyledotanalisadaily.com

Salah satu dampak buruk yang biasa terjadi setelah minum kopi adalah insomnia. Matamu akan terjaga semalaman, dan kehilangan rasa kantuk sama sekali.

Insomnia pasti akan mengganggu aktivitasmu keesokan harinya, sebab tubuh akan terasa lesu, kepala berat, pusing karena kurang tidur.

3Mengganggu Kehamilan

dedaunan.com

Bagi seorang wanita hamil, sebaiknya tidak mengkonsumsi kopi terlebih dahulu karena jika tubuh mendapat asupan kafein sebanyak 100 mg per-hari, maka dapat menimbulkan keguguran.

Kafein dapat meningkatkan denyut nadi, dan hal tersebut akan mempengaruhi kondisi janin. Demi calon anak, hiduplah sebaik mungkin. Jaga diri, dan jangan terlalu berlebihan mengonsumsi makanan apapun.

4Mual

tumbuh-kembang.co.id

Ketika kamu minum kopi dalam jumlah banyak, maka kamu akan merasa mual disebabkan karena asam lambung meningkat.

Maka sangat perlu membatasi konsumsi kopi setiap harinya. Secara normal, kamu hanya boleh minum kurang dari dua gelas kopi per-hari setiap hari, tidak lebih.

5Gangguan Mata

spirit.web.id

Apa pengaruh kafein bagi mata? Kafein yang terdapat pada kopi dapat mempengaruhi kesehatan mata dengan munculnya gangguan exfoliation glaucoma. Jika kamu terserang glaukoma, kamu tidak akan bisa melihat lagi atau buta.

Hanya beberapa orang saja yang memiliki riwayat keluarga glaucoma, yang biasanya rentan terserang penyakit yang sama bila tidak bisa menjaga diri dari pemicunya, seperti kopi.

6Mengurangi Kepadatan Tulang

buananews.co.id

Kopi bisa menjadi racun karena bisa membuat tubuh mengalami kekurangan mineral. Tentunya akan berdampak buruk juga bagi kesehatan tulangmu.

Kepadatan tulang menjadi berkurang dan rapuh. Maka sebaiknya gantilah konsumsi kopi dengan susu yang lebih bermanfaat dan banyak mengandung kalsium.