Siapa yang tidak pernah minum teh? Hampir seluruh masyarakat Indonesia, bahkan dunia pasti pengonsumsi teh.

Selama ini, teh sering dipandang sebagai minuman herbal yang baik dan menyehatkan bagi tubuh. Tapi, sesungguhnya ada efek negatif dari teh yang selama ini jarang diketahui. Apalagi jika teh terlalu sering dikonsumsi.

Apa saja bahaya teh?

1Menetralkan Nutrisi yang Harus Diserap Tubuh

hellodoctor.co.id

Minum teh saat atau sambil makan adalah perbuatan sia-sia yang jarang disadari orang. Tujuan makan adalah memberikan asupan nutrisi dan gizi ke dalam tubuhmu,

sedangkan ketika kamu minum teh berbarengan, maka teh akan menyerap nutrisi yang seharusnya diserap tubuh.

Jika memang benar-benar ingin minum teh, sebaiknya 2 jam setelah makan.

2Menyebabkan Dehidrasi

health.kompas.com

Minum es teh saat cuaca dan udara panas memang menyegarkan. Tapi, kamu harus tahu, kalau tujuanmu minum es teh adalah menghilangkan dahaga, maka itu salah besar.

Justru kamu akan mengalami dehidrasi setelah minum es teh, karena teh memiliki sifat diuretik atau memperlancar buang air.

3Meningkatkan Resiko Batu Ginjal

health.kompas.com

Tahukah kamu tentang zat oksalat? Zat inilah penyebab utama terbentuknya batu ginjal. Zat ini terkadung di dalam teh.

Nah, kalau kamu sering minum teh, apalagi meminumnya tepat setelah makan, hati-hati terhadap resiko terkena batu ginjal yang semakin besar.

4Meningkatkan Asam Lambung

hariansehat.com

Jangan pernah minum teh saat perut kosong. Jika kamu nekat melakukan itu, maka teh akan memicu peningkatan asam lambung.

Kalau kamu sering melakukan ini, segera berhenti sekarang juga atau kamu akan merasakan perihnya penyakit lambung (gastritis/maag).

5Insomnia

lifestyledotanalisadaily.com

Sama dengan kopi, ternyata teh juga mengandung kafein. Minum teh saat kamu sedang insomnia (sulit tidur) justru akan memperparah keadaan.

Saat tubuhmu beraksi dengan kafein yang terkandung di dalam teh, kamu akan semakin sulit untuk memejamkan mata. Maka, kalau kamu sulit memejamkan mata, hindari minum teh.

6Menambah Panas Tubuh

deherba.com

Kalau kamu sedang demam, stop minum teh. Teh memang biasanya menjadi teman bagi orang sakit. Tapi hindari bahaya yang satu ini.

Minum teh saat demam bukannya menurunkan panas tubuh, justru yang terjadi akan sebaliknya.

Teh akan semakin menambah suhu tubuh, dan menetralisir obat penurun demam yang sudah kamu konsumsi. Obat demam jadi tidak berefek apa-apa bagi tubuhmu.

7Memperbesar Resiko Kanker

obatkankerherbaltradisional.blogspot.com

Hati-hati, kertas yang dijadikan sebagai pembungkus teh untuk teh celup ternyata mengandung chlorine yang disinyalir mampu memicu munculnya sel kanker dalam tubuh.

Saat mengalami kontak dengan air panas, zat chlorine bisa ikut larut dalam air. Saat kamu meminumnya, otomatis zat itu juga masuk ke dalam tubuhmu.

8Mengurangi Asupan Darah ke Otak

medscape.com

Kalau kamu sering pusing, bersamaan dengan kebiasaanmu minum teh, maka itu hal wajar. Mengapa? Sebab terlalu sering minum teh dapat menurukan trombosit dalam tubuh.

Hal ini disebabkan oleh terhambatnya penyerapan zat besi dalam tubuh. Kamu akan merasa pusing karena sebenarnya otakmu mengalami kekurangan sel darah merah.

9Bayi Lahir Anemia

ibu-hamil.web.id

Mengonsumsi teh secara berlebih juga berdampak buruk bagi kesehatan janin. Kalau ibu hamil tidak bisa berhenti mengonsumsi teh, akan muncul resiko bayi terlahir kekurangan darah dan zat besi.

SHARE