Waktu sahur merupakan salah satu keberkahan di bulan Ramadhan. Orang yang berpuasa di bulan Ramadhan sebaiknya jangan melewatkan sahur.

Memang saat sahur adalah tantangan tersendiri bagi orang yang berpuasa. Sebab pada waktu-waktu itu banyak yang masih merasakan kantuk.

Biasanya hal klasik yang membuat suasana sahur menjadi tidak menyenangkan adalah rasa malas dan kantuk.

Maka dari itu, setelah  makan sahur sebagian orang yang masih merasa kantuk akan kembali tidur lagi.

Padahal tahukan kamu, bahwa ternyata tidur setelah makan sahur berbahaya bagi tubuh. Tidur setelah sahur bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Apa saja dampak yang bisa ditimbulkan?

1Heartburn

assetchemist.files.wordpress.com

Heartburn merupakan keadaan seperti terasa kebakar yang terjadi pada ulu hati hingga kerongkongan akibat refluks asam lambung.

Gejala ini bisa terjadi jika kamu tidur setelah sahur. Sistem pencernaan akan bekerja sangat keras jika setelah makan langsung berbaring.

Biasanya juga orang yang tidur setelah makan sahur tidurnya tidak nyenyak, malah kadang mengalami mimpi buruk

2Memicu Stroke

stroke.ufhealth.org

Penelitian mengungkapkan bahwa tidur setelah makan sahur dapat memicu apnea tidur yang berhubungan dengan penyakit stroke.

Tidak hanya itu, tidur setelah sahur akan membuat kacau sistem pencernaan dan dapat mempengaruhi kinerja tekanan darah yang bisa memicu stroke.

3Menyebabkan Obesitas

zamirlesmeninguncesi.blogspot.com

Jika kamu tidur setelah sahur dapat membuat gemuk, meskipun kamu sedenag puasa.

Sebab kalori yang kita makan tidak bisa langsung terbakar.

Hal itu membuat tumpukan lemak di dalam tubuh. Memiliki berat badan yang berlebihan dapat membuat tubuh mudah terjangkit penyakit jika tidak berhati-hati.

4Refluks Asam

perutgendut.com

Apa itu refluks asam? Refluks asam bisa terjadi ketika katup perut dan esofagus tidak tertutup sempurna.

Kondisi demikian bisa terjadi saat tubuh berbaring dalam keadaan perut penuh makanan.

Maka dari itu asam lambung akan naik ke kerongkongan dan tentunya berbahaya, juga bisa berdampak lebih bahaya bagi penderita maag.

Memang melakukan tidur setelah sahur bukanlah hal yang haram.

Namun setelah kita tahu dampaknya bagi kesehatan sangatlah buruk maka dari itu sebaiknya kita hindari kebiasaan tersebut.

Akan lebih baik jika kita dapat mempersiapkan waktu sahur dengan baik, agar kita tetap semangat ketika bangun sahur dan memulai aktivitas pagi.