Kehamilan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu bagi pasangan menikah. Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut kehadiran sang calon bayi.

Tidak hanya keperluan bayi yang perlu kamu siapkan, menyiapkan baju hamil juga penting lho buat kamu yang calon ibu. Pasalnya, kamu akan mengalami perubahan bentuk tubuh secara signifikan.

Perubahan drastis terlihat dari bagian perut. Selain itu berat badan kamu juga akan meningkat sejalan dengan semakin membesarnya janin dalam rahimmu. Itulah sebabnya, kamu harus mempersiapkan baju-baju yang sesuai dengan ukuran tubuh saat hamil.

Dengan mengenakan baju hamil yang cocok, kamu dan janin yang kamu kandung akan merasa nyaman. Berikut ini ada tips untuk kamu dalam memilih baju hamil.

Yuk, ikuti tipsnya!

1Pilih Baju Sesuai Ukuran Tubuh

elevania.com

Menurunnya rasa percaya diri karena bentuk tubuh saat hamil seringkali kamu alami. Pasalnya, tubuh kamu sudah tidak ideal seperti dulu lagi. Apalagi usia kehamilanmu sudah semakin tua, perubahan bentuk tubuh pun kian terasa.

Memang, saat trimester pertama, kamu masih bisa memakai baju-baju lama. Memasuki trimester kedua, kamu akan merasakan baju-baju tersebut sudah semakin sempit karena perut membesar.

Pakaian yang dikenakan jadi terasa tidak nyaman dan membuat kamu tidak bebas bergerak. Maka itu kamu harus mempersiapkan baju hamil sesuai usia kehamilan atau lebih tepatnya menyesuaikan bentuk tubuh saat itu.

Kalau ingin memakai rok, pilihlah rok yang bahannya lentur dan tidak ketat. Warna hitam sangat disarankan agar kesan langsing tetap kamu dapatkan.

Selain itu, warna hitam merupakan warna netral yang cocok dipadukan dengan warna apapun.

Bagi kamu yang lebih suka pakai celana, pilih celana tipe slim-fitting. Upayakan bawahannya berbentuk boot cut atau cut bray. Kamu boleh memakai legging jika usia kehamilan masih trimester pertama.

andarashop.blogspot.com
andarashop.blogspot.com

Sementara itu, bila usia kehamilan sudah menginjak trimester kedua dan ketiga, pakailah legging khusus ibu hamil. Jangan memaksakan diri memakai jeans saat hamil, kecuali kamu bisa memodifikasinya menjadi celana hamil.

2Pilih Warna-warna Polos

bajufuku.com

Tips berikutnya, pilihlah warna-warna polos untuk baju hamil kamu. Gunakan juga jenis bahan yang sama.

Warna-warna polos mudah dipadukan dengan warna apa saja. Selain itu akan membuat tubuh kamu tetap terkesan langsing. Kamu bisa memilih warna gelap seperti, biru, hitam, dan coklat.

3Gunakan Blazer untuk Baju Kerja

luvhijab-fashion.com

Tips buat ibu hamil yang masih tetap bekerja di kantor yakni mengenakan blazer. Kenapa harus blazer? Karena dengan memakai blazer kamu akan terlihat cantik, elegan, dan profesional.

Di samping itu, blazer merupakan pakaian paling fleksibel. Kamu bisa memasang semua kancingnya selagi usia kehamilan masih muda.

Lalu, melepaskannya satu saat perut agak membesar dan melepaskan semuanya ketika usia hamil tua. Meski terbuka secara keseluruhan, kamu tetap bisa tampil modis dengan blazer, lho.

4Pilih Dress Berwarna Hitam Polos

ibuy.yukbisnis.com

Kamu suka memakai dress? Saat hamil, pilihlah dress berwarna hitam polos agar bisa dipadukan dengan blazer berwarna apapun. Kesan elegan dan simpel akan tetap kamu dapatkan ketika mengenakan dress hitam.

5Baju Hamil untuk Berpergian

digiscrappl.blogspot.com

Tetap berpenampilan nyaman dan modis adalah impian tiap ibu hamil. Maka itu, kamu harus membeli baju khusus saat kehamilan. Tidak perlu banyak-banyak, yang penting cukup untuk kamu pakai selama hamil.

Tema baju hamil tidak selalu harus daster. Kamu bisa kok, memakai kemeja yang dipadukan dengan celana khusus ibu hamil.

Kalau memang harus pakai dress atau daster, cobalah menambahkan aksesoris berupa selendang, syal, bandana, atau kalung.

6Gunakan Sepatu Flat

kaskus.co.id

Sepatu memang bukan bagian dari baju hamil, tapi ini juga penting untuk kamu perhatikan. Saat hamil, padukan baju yang kamu pakai dengan sepatu flat. Jika ingin memakai heel, pilih yang pendek dan tebal.

Namun, sepatu heel untuk ibu hamil sangat tidak dianjurkan mengingat dari sisi keamanan dan kenyamanan. Sebaiknya, gunakan saja sepatu flat yang sesuai seleramu.