Menjadi pengusaha bukanlah keputusan yang mudah. Selain risiko yang lebih besar daripada menjadi karyawan atau pegawai negeri, di awal mula kamu harus menjadi atasan sekaligus anak buah untuk dirimu sendiri.

Namun ketika kamu sudah mendedikasikan hidupmu pada pekerjaan yang sesuai dengan passionmu itu, maka semua risiko tidak akan menjadi beban berat.

Kamu harus menyiapkan banyak hal untuk memulai usaha, seperti modal (uang dari tabungan, misalnya), waktu, tenaga, pikiran (kreaivitas dan inovasi).

Pada titik ini, kamu harus siap juga untuk mendengar cibiran, keluhan, bahkan sampai protes dari orang-orang terdekat. Biasanya mereka mempertanyakan pilihanmu, apakah nantinya bisa menghasilkan uang yang banyak, apakah bisa hidup mapan, dll.

Kalau kamu pernah mengalami hal-hal seperti itu, boleh jadi berwirausaha memang jalan hidupmu yang harus kamu perjuangkan sungguh-sungguh. Kamu harus lebih jeli lagi mengenali ciri-ciri bahwa seseorang berbakat menjadi seorang pengusaha.

Inilah ciri-ciri yang harus kamu perhatikan.

12Pilihan Hidup

business2community.com

Mulai dari seorang bayi yang lahir ke dunia, ia sudah dihadapkan pada pilihan-pilihan. Apalagi kamu yang sudah dewasa, tentu deretan pilihan akan semakin banyak dan semakin berat untuk diputuskan.

Seringnya, keputusan berat dan penting berawal dari pilihan yang sangat sulit diikuti pengorbanan yang begitu besar hanya untuk memilih pilihan tersebut. Keputusan besar itulah yang pada akhirnya membuatmu menjadi orang berbeda.

Pertama, kamu tidak terseret putaran arus yang seringkali menjadi perangkap. Mengikuti arus saja (mainstream) tanpa mau bersusah payah mencari jalan lain justru akan memperlihatkan bahwa seseorang itu tidak punya prinsip dalam mengambil keputusan-keputusan untuk hidupnya.

Kedua, dengan memutuskan menjadi pengusaha, sama artinya dengan kamu mengambil langkah berani untuk bertemu risiko-risiko besar. Tantangan inilah yang akan membuatmu semakin dewasa dan matang.

11Pilih Jalanmu Sendiri

pickthebrain.com

Ini hidupmu, pilihan ada di tanganmu, kamulah yang bisa dan berhak penuh menentukan pilihan masa depan. Kamu bisa mendengar pendapat orang lain, tapi semua keputusan akan kembali padamu.

Harus selalu diingat bahwa kamu membuat keputusan bukan berdasarkan harapan orang lain. Yakinkan pada dirimu bahwa kamu-lah orang yang paling tepat untuk bertanggung jawab secara penuh terhadap segala keputusanmu.

Jangan sampai kamu menyalahkan orang lain atas keputusan hidupmu. Boleh jadi setelah mengikuti arahan orang lain, ternyata kamu tidak menemukan kebahagiaan. Pada titik ini, kamu akan belajar bersikap tegas pada keputusan pribadi.

10Bekerja Demi Panggilan Jiwa

sites.google.com

Love what you do and do what you love. Ketika pilihan pekerjaan itu sudah kamu putuskan bulat dengan segenap hati, maka yang kemudian harus kamu lakukan adalah menjalaninya dengan perasaan ikhlas dan bahagia.

Kamu memilih pekerjaan sebagai pengusaha karena itulah passionmu. Kamu ingin mewujudkan mimpimu dengan cara membangun usaha dari nol, dari bawah, sampai pada akhirnya kamu akan menikmati kesuksesan itu dengan rasa puas dan bangga.

Kamu tidak ingin sekadar naik jabatan untuk akhirnya menjalani masa pensiun. Kamu ingin apa yang kamu lakukan setiap hari benar-benar mendefinisikan dirimu yang sebenarnya, bukan karena tuntutan perusahaan atau target atasan.

9Siap Menanggung Risiko Besar Demi Cita-Cita Tertinggi

cpaireland.ie

Kalau menjadi karyawan, maka semua langkahmu akan bisa diprediksi dengan pasti. Kalaupun ada yang di luar recana, tapi semuanya masih di bawah control, masih bisa kamu atasi dengan baik.

Sedangkan pilihan menjadi pengusaha, kamu akan menghadapi hal-hal tak terduga yang lebih banyak di luar control, tidak terprediksi, dan benar-benar menguji mental.

Tapi bukan pengusaha sejati namanya jika mengalami jatuh sekali, lalu kapok melanjutkan usahanya. Kalau kamu memang terlahir sebagai seorang pebisnis, maka semakin sering kamu jatuh, semakin gigih kamu berusaha berdiri dengan kekuatan berlipat.

8Sebarkan Kebahagiaan

blackkeyboard.wordpress.com

Dengan menjadi pengusaha, maka kamu sekaligus membantu orang lain yang belum mendapat pekerjaan untuk bisa sama-sama memajukan bisnismu. Kamu memberikan kesempatan dengan membuka lapangan kerja.

7Makna Kesuksesan

bibliocrunch.com

Bahagia itu memang sederhana. Cukup dengan kamu bekerja sesuai kemauanmu, bekerja sesuai apa yang kamu cintai. Itu sudah cukup menjadi kebahagiaan untukmu.

Jika kamu menjalani pekerjaanmu sehari-hari dengan bahagia, maka kamu akan semakin mudah mempercepat datangnya kesuksesan. Sebetulnya, apa sih makna kesuksesan menurutmu?

Apakah ukuran melimpahnya harta menjadi patokan utama disebut sukses? Arti kata ini menjadi berbeda bagi masing-masing orang, tinggal bagaimana mereka memaknainya saja.

6Bukti Keberhasilan

mihaistanescu.ro

Kamu harus bisa membuktikan bahwa tujuan hidupmu tak kalah penting dari tujuan atasan di kantor. Tujuanmu juga layak untuk mendapatkan prioritas dan direalisasikan. Maka, perjuangkanlah kemauanmu.

Orang yang memiliki kemauan kuat pasti bisa melakukan hal-hal yang dianggap tak mungkin bisa diwujudkan. Menjadi pengusaha misalnya.

Dan orang-orang tipe ini, biasanya di kemudian hari akan tersenyum bangga karena dengan kegigihannya, mereka bisa membuktikan pada dunia bahwa keberhasilan itu akhirnya menjadi nyata.

5Ciptakan Satu Pilihan Terbaik dari Bermacam Pilihan

entrepreneurmuslim.com

Jika kamu memang terlahir sebagai wirausahawan, kamu akan berusaha sekuat tenaga untuk mencari tahu apa yang terbaik untukmu.

Kamu tidak hanya bisa disuapi atau disodorkan pilihan-pilihan. Tapi kamu justru mencari sendiri pilihan-pilihan itu, keluar dari zona nyaman dan aman.

Dan rasa ingin tahu yang tinggilah yang akan membantumu mencari dan menemukan pilihan-pilihan itu. Rasa ingin tahu adalah modal terbesar bagi seorang pengusaha.

4Gambaran Ideal Lingkungan Kerja

huffingtonpost.com

Jika kamu sudah kesal sampai ke ubun-ubun dengan birokrasi di kantor yang justru memperlambat ritme kerja, dan kamu ingin menawarkan solusi untuk mengubahnya tapi tidak bisa, maka perasaan yang akan muncul kemudian biasanya adalah kecewa.

Ketika kamu berada pada posisi itu dan munculah ide untuk membuat sendiri lingkungan kerja yang ideal, maka lakukanlah saat itu juga. Jangan ditunda. Kamu harus memulai satu perubahan sebelum terlambat.

3“Mereka Saja Bisa, Kenapa Aku Tidak?”

learnthaiwithmod.com

Setiap orang memiliki kekuatan dan kemampuan untuk mencapai keberhasilan. Yang membedakan satu orang dengan yang lainnya hanyalah kemauan.

Jika punya kemauan kuat, biasanya diiringi dengan kegigihan dan sifat pantang menyerah. Lengkap sudah paket untuk mencapai kesuksesan.

Percayalah bahwa setiap orang terlahir istimewa, setiap orang hadir di dunia ini sudah satu paket dengan potensinya. Kalau mereka bisa, maka kamu pasti bisa, bahkan kamu pasti sanggup melampaui keberhasilan mereka.

2Bangga Atas Usaha Sendiri

fanpop.com

Kalau bukan dirimu sendiri, siapa yang akan memberikan penghargaan? Tidak mungkin kan kamu menunggu mendapat piala atau piagam penghargaan hanya untuk bersemangat menjalani bisnis?

Inilah usahamu, hasil kerja kerasmu, hasil dari pilihan-pilihan sulit, hasil dari keputusan besar dalam hidupmu yang patut kamu syukuri.

1Mempersiapkan Masa Depan

maguzz.com

Usaha yang kamu jalani sekarang, dengan fleksibilitas waktu, tempat, dan aturan kerja, maka kamu juga bisa menyiapkan segala sesuatunya dengan lebih mudah dan fleksibel.

Kamu bisa bebas menentukan akan dibawa ke mana usahamu nantinya. Kamu tak perlu khawatir akan terbebani dengan deadline pekerjaan dari atasan karena kamu punya wewenang penuh terhadap keputusan untuk masa depan. Asyik, bukan?