Bakso sebenarnya makanan yang universal di Indonesia. Tidak mewakili makanan khas daerah tertentu dan dimakan oleh semua golongan.

Namun pada perkembangannya, muncul varian bakso yang memiliki cita rasa yang berbeda dan mewakili kekhasan daerah tertentu, sebutlah seperti paling populer yakni bakso Malang.

Kalau mau dirunut, bakso sebenarnya berasal dari etnis Tionghoa yang sudah tinggal lama dan membaur dengan orang Indonesia. Itu artinya bakso berasal dari Indonesia.

Dalam bahasa Hokkien kata bak-so artinya adalah daging giling. Seperti namanya, bakso terbuat dari daging giling dan tepung tapioka. Menyesuaikan dengan masyarakat muslim, daging yang dipergunakan umumnya adalah daging sapi.

Sedangkan bakso Malang diperkirakan pertama kali muncul pertama kali muncul pada tahun 1977. Saat itu ada pedagang bakso keliling yang bernama Abah Sugito, menyajikan bakso yang berbeda dari umumnya.

Bakso Abah Sugito selain berisi bakso sapi dan kuah kaldu, dilengkapi juga dengan mie kuning, tahu, siomay basah, dan kering. Bakso Abah Sugito pun makin terkenal dan diikuti oleh sejumlah pedagang bakso dari Malang lainnya.

Para pedagang bakso dari Malang makin marak, bukan hanya di jalanan Malang, tetapi menyebar keseluruh daerah yang akhirnya terkenal dengan nama bakso Malang atau bakso Arema.

Bakso Malang kini semakin banyak variasi isinya. Paling identik dengan bakso Malang justru adalah isian kerupuk pangsit. Ada juga yang menambahkan bakso goreng dalam semangkok bakso Malang.

Kamu bisa memakan bakso Malang di manapun daerahmu, apalagi di Pulau Jawa, dipastikan ada pedagang bakso Malang keliling atau warung tenda.

Tetapi jika ingin cita rasa yang asli dan paling lezat, kamu harus datang ke Malang langsung untuk menyicipi beberapa kedai bakso Malang paling terkenal.

Setidaknya ada 5 kedai bakso paling terkenal di Malang, ini daftar kedai bakso Malang tersebut.

1Bakso President

kulinermalang.net

Bakso President ini bukan baksonya pak president lho ya! Ini adalah bakso yang sempat kita ulas di atas, baksonya Abah Sugito.

Setelah sukses dan laris manis menjual bakso keliling, Abah Sugito menjajal peruntungan dengan membuka warung. Berarti ini warung bakso Malang pertama kali yang pernah ada.

Kebetulan warung bakso Abah Sugito ini persis ada di belakang Bioskop President Malang. Jadi deh bakso malang Abah Sugito dikenal dengan nama Bakso President.

Walau sejak 1990 Bioskop President udah digusur, bakso Abah Sugito tetap bertahan bakso President. Udah kadung terkenal dengan nama itu, pasti rugi harus ganti nama lagi.

foursquare.com
foursquare.com

Bakso President punya isian yang beragam. Mulai dari bakso goreng, bakso tulang, bakso bakar, bakso udang, siomay basah, dan kering, tahu, rempelo ati, paru, dan juga mie kuning.

Tentu tidak semua isian di atas tersaji dalam satu mangkok. Kamu bisa memilih mana yang paling kamu suka dan membayar sebanyak apa yang kamu pilih. Soal rasa jangan tanya lagi, nomor satu di Indonesia seperti pak President.

2Bakso Cak Man

farizahaqie.blogspot.com

Jika bakso President adalah bakso Malang pertama, maka bakso Cak Man adalah bakso Malang tersukes dan terbanyak outletnya. Di Malang saja, bakso Cak Man sudah ada belasan outlet.

Sedangkan di luar kota, bakso Cak Man menjadi bisnis waralaba yang menjanjikan. Waralaba bakso Cak Man dibuka di Jakarta, Makassar, Surabaya, Batam, Kediri, Samarinda, Manado, Ternate, dan beberapa kota lainnya.

lirikmalang.wordpress.com
lirikmalang.wordpress.com

Memang visi bisnis Cak Man begitu hebat. Selain menang rasa, suksesnya bakso Cak Man juga karena kejelian beliau dalam melihat pasar.

Kedepan bahkan Cak Man menargetkan menjadi restoran cepat saji bakso Malang yang setara dengan McDonald, KFC, Hoka-hoka Bento, dan yang lainnya.

3Bakso Damas

nginepmana.com

Warungnya memang terlihat sederhana, tapi begitu melihat menu yang disajikan, isian bakso Damas begitu kaya. Ada juga bakso dengan ukuran besar seperti bola tenis, makanya dinamakan bakso tenis.

Bakso Damas ini ada di Jalan Soekarno-Hatta dan cabang lain Jalan MT Haryono Malang. Dengan harga mulai dari 8000 rupiah kamu bisa merasakan bakso Malang paling enak.

4Bakso Bakar Pahlawan Trip

anastasya.blogspot.com

Sesuai dengan namanya, isi unggulan di warung bakso adalah bakso bakar yang mantap. Rata-rata pengunjung bakso bakar pahlawan trip sangat puas dengan rasanya. Bukan hanya bakso, mie pangsitnya pun juga juara.

Warung bakso ini dapat ditemui di Jalan Pahlawan Trip, Malang. Kamu bisa memesan bakso bakar ini cukup dengan 12.500 rupiah saja.