Setiap orang boleh bersorak dan senang atas kemenangan pembalap jagoannya. Setiap orang boleh berdecak kagum dengan aksi-aksi hebat para rider terbaik MotoGP.

Namun setiap orang juga harus mengingat, bahwa olahraga ini adalah olahraga menantang maut. Berpacu dengan kecepatan, berduel sengit bahkan sering bersenggolan dengan lawan.

Maka tak jarang kecelakaan banyak terjadi. Di antara kecelakaan itu banyak yang berakibat fatal. Dan di antara yang fatal itu ada yang berujung pada kematian.

Buat kamu penggemar MotoGP, kamu harus mengenang para rider yang pernah mencatatkan namanya di ajang tertinggi balap motor ini. Mereka meninggal, sama dengan cara mereka menjalani hidup.

Berikut 6 pembalap MotoGP yang meninggal akibat kecelakaan maut di MotoGP.

1Marco Simoncelli 2011 GP Sepang

daidegasforum.com

Inilah kecelakaan mematikan yang masih lekang dalam ingatan pecinta MotoGP. Pembalap muda yang dielu-elukan sebagai calon juara dunia penerus kesuksesan Rossi telah mengakhiri takdirnya di Sepang, Malaysia.

Akhir pekan memilukan pada 23 Oktober 2011. Marco nampak bersemangat seperti biasanya mengatasi banyak tikungan di lap pertama. Berada di posisi lima dia berusaha melawan Alvaro untuk meraih posisi ke 4.

bavarianbastard.blogspot.com
bavarianbastard.blogspot.com

Namun pembalap yang dikenal pemberani ini tak mampu lagi mengatasi tikungan ke 11 pada lap 2 dan terlempar jatuh ke sisi kanan jalan. Adu kencangnya dengan Alvaro Bautista berakhir naas baginya.

Collin Edwards dan Valentino Rossi yang tepat berada di belakang Marco seketika dihantam motor milik pembalap berjuluk super sic itu. Benturan begitu dahsyat dan keras antara Marco dan Edwards.

Pembalap muda itu menghebuskan nafas disaat itu juga, di atas aspal balapan. Beruntung bagi Collin Edwards yang selamat. Namun dunia balap berduka mendalam dengan kejadian tak terduga tersebut.

2Shoya Tomizawa 2010 GP San Marino

riowinto.wordpress.com

Karir yang panjang dan penuh keberhasilan ada di bayangan pembalap asal Jepang ini. Diumurnya yang masih belia 19 tahun, berlaga di Moto2 adalah langkah besar untuk menjadi pembalap sukses.

Namun takdir berkata lain, GP San Marino menjadi akhir perjalanan hidupnya dan mengakhiri semua mimpi-mimpinya.

Lebih memilukan lagi karena Tomizawa adalah pembalap termuda yang mengalami kecelakaan maut sepanjang sejarah kejuaraan MotoGP.

Kecelakaan fatal itu melibatkan tiga rider, Tomizawa, Alex De Angelis, dan Scott Redding. Kecelakaan yang mengejutkan, mengingat Tomizawa melaju cukup baik.

Bahkan pada beberapa lap sempat memimpin balapan sebelum diambil alih Toni Elias.

Tomizawa terlihat seperti mengalami selip hingga tak mampu menahan laju motornya. Sementara Alex De Angelis dan Scott Redding tak sempat mengelak dan motor mereka menabrak Tomizawa yang sudah terjatuh.

Tim medis sudah bertindak cepat, namun nyawa Tomizawa tidak terselamatkan. Akhir tragis bagi Tomizawa, pembalap kedua Jepang yang meninggal pada kejuaraan MotoGP.

3Daijiro Kato 2003 GP Suzuka

motogp.com

Dilahirkan pada 4 Juli 1976, Daijiro Kato bahkan sudah mengikuti kejuaraan balap motor minibike diusia 11 tahun. Dia berhasil menjuarai semua kelas yang dilombakan di daerahnya.

Publik Jepang melihat bakat gemilangnya dan menantikan terus prestasinya berlanjut di MotoGP.

Namun nasib berkata lain, setelah menjuarai kelas 250 cc dan naik ke kelas para raja, Kato akhirnya terhenti di sirkuit negerinya sendiri.

Menaiki RC211V bersama tim Telefonica Movistar Honda, Daijiro Kato mengalami kecelakaan dahsyat yang merenggut nyawannya.

Kato kehilangan keseimbangan dan terjatuh, naas benturan keras pada dinding pembatas menjadi penyebab kematiannya tersebut.

4Ivan Palazzese 1989 GP Hockenheim

daidegasforum.com

Dilahirkan di Venezuela pada tanggal 2 Januari 1962, Ivan memulai debut balapnya di Venezueland Grand Prix Motorcycle. Ivan adalah pembalap termuda pertama yang naik podium pada usia 15 tahun.

Jarang ada pembalap besar lahir dari negeri Venezuela, rakyatnya menaruh harapan besar padanya. Namun kecelakaan Palazzese tahun 1989 telah memupus harapan semua.

Kecelakaan fatal di Hockenheimring, Grand prix Jerman telah merenggut nyawanya. Dia meninggal di usia 27 tahun karena mengalami cedera dada yang sangat parah.

5Michel Frutschi 1983 GP Le Mans

ayobuka.com

Rider asal Swiss yang lahir pada 6 Januari 1953, mengalami kecelakaan pada saat berlaga di GP 350 cc Le Mans Prancis.

Kecelakaan tragis pada 31 mei 1981 itu mengantar pembalap berumur 30 tahun ini pada akhir hayatnya.

6Michel Rougerie 1981 GP Yugoslavia

mediasuperkart.com

Pembalap kelahiran Prancis 21 april 1950 – 31 mei 1981, terlibat kecelakaan di GP Yugoslavia pada tahun 1981 yang menyebabkan Michel meninggal dunia.