Lahirnya mobil sebagai alat transportasi juga melahirkan hobi, olahraga dan pertunjukkan baru. Tentu saja kemudian lahirah berbagai kompetisi balapan mobil di seluruh dunia.

Selain sebagai media promosi para pabrikan mobil di dunia, balapan mobil juga menjadi tontonan yang menyedot banyak perhatian para penggemarnya. Kini setelah jauh berkembang, balapan mobil menjad semakin populer.

Kepopulerannya hingga mencapai banyak negera di dunia. Buktinya siaran langsung maupun siaran ulang balapan mobil ditayangkan oleh banyak televisi dari berbagai belahan dunia.

Namun, rasanya 4 balapan mobil inilah yang paling terkenal dan menegangkan. Seklaigus juga mengerikan karena beberapa riwayat indisen kecelakaan selama balapan.

1The 24 Hour of Le Mans

toyotaboost.com

Balapan mobil yang dilakukan di Perancis ini dapat dikatakan sebagai balapan mobil yang mengandalkan ketahanan mobil (endurance) tertua di dunia. Dimulai pertama kali sejak tahun 1923 di kota Le Mans.

Inilah salah satu perlombaan ketahanan mobil paling prestisius di dunia. Penyelenggara kompetisi adalah Automobile Club de l’Ouest (ACO). Balapan dilaksanakan di arena Circuit de la Sarthe.

en.wikipedia.org
en.wikipedia.org

Seperti namanya, balapan ini benar-benar dilakukan selama 24 non-stop. Pada tahun 2016 nanti akan digelar 3 ronde perlombaan. Bahkan balapan ini telah mengispirasi lahirnya berbagai balapan 24 jam non-stop di Dayyona, Balthurst, dan banyak tempat lain di dunia.

Apa yang mengerikan dari balapan ini? Pada tahun 1955, 80 penonton terbunuh dalam sebuah kecelakaan yang juga merenggut nyawa pembalap Pierre Levegh. Lebih dari 6 pembalap telah menjadi korban sepanjang sejarah balapan Le Mans ini.

2Balapan Mobil Dakar

wallpaperspal.com

Orang Indonesia umumnya mengenal balapan mobil ini sebagai Rally Dakar. Umumnya juga sering disebut Paris-Dakar Rally. Sebuah balapan panjang sejak tahun 1978 yang melintasi dua negara.

Dimulai dari Paris di Perancis hingga Dakar di Senegal. Sebenarnya balapan jenis ini adalah balapan tipe off-road dengan arena di alam bebas. Jarak pada tiap tahap balapan berkisar 800-900 kilometer.

redbull.com
redbull.com

Hal yang bisa bikin kamu merinding, sejarah perlombaan ini mencatat beberapa pembalap pernah hilang selama race hingga 6 hari. Bahkan terjadi kecelakaan antara mobil yang menabrak warga lokal.

Warga Senegal tersebut yang lewat dengan bebas tanpa tahu bahwa lokasi tersebut merupakan jalur balapan. Kamu juga sangat mungkin dihantam badai pasir gurun selama perlombaan ini.

3Formula One (F1)

en.wikipedia.org

Kalau balapan mobil yang satu ini telah ada sejak 1950 dan lebih dikenal dengan sebutan Grand Prix. Mobil yang digunakan pun khusus dirancang untuk balapan kecepatan tinggi hingga 360 km per jam dengan performa mesin hingga 15.000 RPM.

Kamu mungkin akan kaget jika mengetahui bahwa biaya untuk membuat desain dan merangkai mobil dapat mencapai 120 dolar Amerika Serikat. Sejak tahun 1952, tidak kurang dari 49 kecelakaan berkaitan dengan F1 telah terjadi.

forum-auto.com
forum-auto.com

Pembalap asal Inggris memiliki jumlah paling banyak yang mengalami kecelakaan, sebanyak 14 orang. Sedangkan arena yang paling sering menjadi tempat kecelakaan adalah Indianapolis Motor Speedway.

Bagaimana? Kamu masih bercita-cita menjadi pembalap F1?

4NASCAR

urbanintellectuals.com

Balapan mobil National Association for Stock Car Auto Racing (NASCAR) telah digelar lebih dari 1.500 kali balapan pada 100 arena balap di 39 negara bagian Amerika Serikat.

Inilah balapan mobil tertua yang telah dimulai sejak tahun 1948, tepat 67 tahun yang lalu. Tak kurang dari 30 kecelakaan pernah  terjadi sepanjang sejarah balapan NASCAR.

sportingnews.com
sportingnews.com

Tentu saja yang paling sering terjadi adalah kecelakaan di arena Daytona International Speedway sebanyak 14 kali insiden, sebagai semacam arena paling populer NASCAR selama ini.

SHARE