Bali menyimpan sejarah panjang, pulau yang kini lebih terkenal daripda nama Indonesia ini dikatakan telah dihuni sejak 3000 sebelum masehi. Pulau ini adalah sebuah pulau prasejarah yang sungguh menyejarah.

Pulau dewata begitu Indonesia mengenalnya, Island of Gods begitu dunia mengenalnya. Seluruh bagian pulau ini menjadi destinasi wisata dengan pengunjung terbanyak dalam dua dekade terakhir dibandingkan berbagai tujuan wisata lainnya di Indonesia.

tommyschultz.com
tommyschultz.com

Namun, seiring banyaknya manusia datang ke Bali, tentu saja banyak juga masalah yang menyelimutinya. Mulai dari kriminalitas hingga sampah yang tidak terurus. Adalah tugas kita untuk menjaga pulau ini bertahan lebih lama.

Dan inilah beberapa alasan kenapa pulau ini harus dijaga. Inilah potret surga di Bali yang harus dengan sangat serius. Untuk anak cucu kita, untuk mereka generasi penerus.

1Nelayan

tommyschultz.com

Seorang fotografer bernama Tommy Schultz menyajikan foto petani rumput laut ini. Atau mungkin ia hanya juru angkut? Apakah ia nelayan? Bali awalnya adalah pulau para nelayan, jadi jangan pernah biarkan para nelayan ‘punah’ di pulau ini.

2Petani

tommyschultz.com

Bali juga salah satu lumbung padi nasional. Hamparan luas sawah berbukit yang naik turun indah dengan terasiring yang memukau. Petani bersahabat dengan gunung-gunung dan segala apa yang berada di alam.

tommyschultz.com
tommyschultz.com

Suatu saat ajak anakmu ke Bali dan kenalkan ia Bahwa yang paling di Bali adalah sawah-sawah itu, bukan turis, bukan hotel, bukan berbagai pusat perbelanjaan populer.

tommyschultz.com
tommyschultz.com

Berikan alasan untuk anakmu agar minimal sekedar terbersit, bahwa mempunyai cita-cita menjadi petani itu sungguh mulia dan bahagia.

3Ikan dan Satwa

tommyschultz.com

Bali adalah rumah para kera. Namun juga sekaligus rumah bagi burung-burung indah. Jalak Bali yang indah, akankah suatu saat benar-benar tergusur tempat hinggapnya oleh ratusan gedung dan hotel tinggi?

tommyschultz.com
tommyschultz.com

Akankah hanya para kera yang keras dan ganas menjadi satu-satunya satwa yang mampu bertahan berdampingan dengan manusia yang buas? Barangkali itupun karena para kera ini terpaksa mencuri.

tommyschultz.com
tommyschultz.com

Jangan juga kamu lupa bahwa pantai di Bali bukan hanya pantai biasa dengan laut biru tanpa cerita. Di dalam laut itu ada ikan, ada berbagai macam biota laut yang tidak pernah kamu bayangkan keindahannya.

tommyschultz.com
tommyschultz.com

Mungkinkah suatu saat keindahan penghulu laut yang menentramkan ini sirna percuma karena sampah manusia? Sampai yang meracuni laut hingga birunya berubah menghitam, menjadi coklat pekat yang mengancam.

4Kuliner

tommyschultz.com

Suatu saat, ajak anakmu berkeliling Bali menikmati kuliner sederhana yang sempurna asli pulau ini. Jangan sampai anakmu hanya mengenal pasta, pizza, steak, burger, dan fried chicken.

Segala makanan lainnya yang sebenarnya sama sekali tidak pernah cocok dengan lidah kita, lidah sederhana orang Indonesia. Lidah yang cukup dengan sate dan urap sayur sederhana hidup telah terasa sempurna.

5Padang Ilalang

tommyschultz.com

Semak dan ilalang adalah anomali diantara pantai dan sawah Bali. Tetapi jangan pernah mengabaikannya dan dengan seenaknya meniadakan tanah ilalang yang berharga ini dari Bali.

tommyschultz.com
tommyschultz.com

Lantas kamu menggantikan semak dengan gedung? Dengan gedung-gedung menjulang itu, kamu tidak akan pernah mendapatkan senja yang gagah setinggi gunung di pulau ini.

Kamu akan kehilangan senja yang keindahannya tak terkira di antara kuning kering padang ilalang yang luas.

6Hutan Laut

boredpanda.com

Sangat jarang ditemukan karya fotografi dengan tema hutan laut. Selain karena peralatan yang banyak yang harus disiapkan, kamu juga mungkin tidak pernah tahu di mana sebenarnya lokasi hutan laut ini.

boredpanda.com
boredpanda.com

Lukas Szolc-Nartowski memperkenalkan kita sebuah wajah tersembunyi yang bahkan tidak pernah kita ketahui sebelumnya. Hutan laut ini adalah warisan, bukti dari betapa kayanya Tuhan telah menciptakan Bali yang tidak akan pernah habis.

boredpanda.com
boredpanda.com

Bali tidak akan pernah habis memberikan kamu alam yang menakjubkan, jika kamu mau berdamai dengannya. Menjaga dan menyelaminya lebih dalam, bukan hanya lautnya namun juga manusianya.

boredpanda.com
boredpanda.com

Jangan kira manusia di Bali bisa hidup hanya dari pariwisata, janganlah petani dan pelaut seluruhnya harus menjadi among tamu wisatawan mancanegara. Pulau ini bukan hanya pariwisata, pulau ini adalah alam yang satu.

boredpanda.com
boredpanda.com

Berkelindan satu dengan yang lain, menyulam keindahan ciptaan Tuhan yang sungguh sempurna. Jaga Bali hingga kamu tua, jaga ia hingga anakmu dewasa dan jaga hingga anakmu juga bersedia menjaganya.

SHARE