Jika bepergian menggunakan pesawat, maka bandara adalah tujuannya. Betapa menyenangkannya jika menunggu pesawat di sebuah bandara yang bersih, nyaman, dan fasilitasnya lengkap.

Selain kita tidak akan bosan, tentu kebutuhan lainnya seperti makan, istirahat, akan terpenuhi.

Namun demikian, ternyata ada lho bermacam-macam bandara yang justru tampil unik, mencengangkan, dan memiliki keseruan tersendiri ketika melihatnya. Bandara apa sajakah itu?

1Bandara Internasional Princess Juliana, Saint Martin

yellowtuktuk.com

Pada daerah kekuasaan Belanda di Kepulauan Karibia, ada sebuah bandara internasional dengan pemandangan unik. Ada laut dan pantai maho di dekat bandaranya.

Kalau ada pesawat yang hendak mencapai landasan maka harus terbang sangat rendah, sedangkan di bawahnya terdapat orang-orang yang sedang berwisata.

Bandara ini pada awalnya dikhususkan seagai bandara militer yang dibangun pada tahun 1942. Kemudian dijadikan bandara untuk umum ada tahun 1943 dengan terus mekakukan peningkatan fasilitas dan kualitas layanan.

2Bandara Juancho E. Yrausquin, Kepulauan Saba

ontheunique.blogspot.com

Bandara ini punya landasan terpendek di dunia, yaitu 400 meter. Ekstrim sekali ya. Tidak hanya sampai di situ. Di sekeliling bandara juga dikelilingi oleh tebing tinggi.

Oleh karena dua hal tersebut, maka bandara ini dianggap menjadi bandara paling menantang bagi pilot professional di dunia, termasuk bagi awak pesawatnya. Sayangnya, hanya pesawat kecil saja yang bisa mendarat dengan aman di sini.

3Bandara Madeira, Kepulauan Madeira

forum.awd.ru

Bandara ini dikenal dengan nama Santa Catarina, pada waktu sebelumnya. Terletak di Kepulauan Madeira di Portugal, dengan landasan pacu hanya 1300 meter. Sama seperti bandara juancho, bandara ini sangat berbahaya untuk ukuran pesawat besar, seperti pesawat jet.

4Bandara Lukla, Nepal

summitpost.org

Bandara Lukla terkenal dengan lokasinya yang dekat basecamp pendakian Gunung Everest. Nama Lukla hanya bertahan sampai tahun 2008. Sekarang nama bandara ini yaitu Tenzing-Hillary karena diambil dari nama dua pendaki yang pertama kali mencapai puncak Everest.

Bandara Lukla selalu diselimuti kabut dan gerimis karena lokasinya yang berada pada ketinggian 2.900 meter, hampir sama seperti sedang berada di puncak gunung.

5Bandara Courchevel, Perancis

kepoan.com

Bandar Udara ini terletak di wilayah Rhona, Alpes, Perancis. Karena adanya resor-resor ski terkenal di Courchevel, maka bandara ini dibuat untuk melayani kebutuhan wisatawan yang berkunjung ke sana.

Dengan panjang landasan 525 meter, ditambah tingkat kecuraman 18,5%, maka antas bila bandara ini disebut ekstrim dan salah satu bandara paling berbahaya.

6Bandara Barra, Kepulauan Barra, Skotlandia

commons.wikimedia.org

Ada yang berbeda dari bandara ini. Barra tidak memiliki landasan pacu sebagaimana bandara pada umumnya. Bandara ini justru menjadikan pantai Traigh Mhor sebagai landasan pacunya.

Apa yang membuatnya demikian? Bukan karena pihak pengelolanya kekurangan dana untuk membuat landasan pacu. Tapi karena kepadatan pasir pantai yang membuat tempat tersebut cocok untuk mendaratkan pesawat-pesawat kecil.

Uniknya, saat ada pesawat yang terbang rendah, pengunjung pantai harus menyingkir agar pesawat dapat melakukan pendaratan.

7Bandara Dengan Landasan Es, Antartika

vevnews.blogspot.com

Lain lagi dengan tempat ini yang tidak digunakan sebagai bandar udara komersial, namun merupakan bagian penting dari United States Antarctic Program. USAP adalah sebuah badan riset Amerika Serikat di Benua Antartika.

Para pilot mengatakan bahwa mendarat di atas lapisan es tetap aman dan stabil meskipun tidak sama dengan landasan pada umumnya.

Tentu pilot perlu hati-hati ketika pesawat melakukan pengereman. Jika tidak, lapisan es akan pecah dan pesawat bisa masuk ke dalam air.

8Bandara Gibraltar, Kepulauan Gibraltar

kepoan.com

Bandara ini sudah mulai beroperasi sejak tahun 1939 bagi warga sipil. Ada yang unik dan menarik di sini. Ada jalan raya kota di tengah landasan pacu bandara. Sementara di ujung landasan, pesawat masih harus menghindari Laut Gibraltar.

Jalan raya akan ditutup setiap kali ada pesawat yang hendak terbang atau mendarat. Bandara ini termasuk ke dalam “Bandara Paling Berbahaya Untuk Lepas Landas dan Mendarat” versi Daily Telegraph pada tahun 2012.

9Bandara Internasional Toncontin, Honduras

jalopnik.com

Bandar udara sipil dan militer ini dikelilingi oleh perbukitan sehingga menyulitkan pendaratan pesawat. Pada akhirnya, Airport Corporation of Tegucigalpa memangkas satu sisi tebing yang terlalu curam untuk mempermudah penerbangan dan pendaratan pesawat.

10Bandara Saint Bart, Saint Barthelemy, Kepulauan Karibia

hipwee.com

Bandara ini hanya khusus bagi pesawat-pesawat kecil. Tidak aka nada pesawat Boeing yang bisa masuk ke sini, karena landasannya yang sempit dan berbatasan langsung dengan jalan raya.

Di ujung landasan juga ada Laut Karibia. Sama seperti bandara Gibraltar, pihak keamanan bandara ini pada akhirnya memasang tanda disekitar pantai agar tidak ada korban.

11Bandara H Hasan Aroeboesman, Ende, NTT

kompasiana.com

Bandara yang satu ini ada di Indonesia, tepatnya di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Ada perbukitan dan gunung di dekat landasan, maka ketika ada pesawat mendarat atau lepas landas, harus berbelok hingga 90 derajat.

Panjang landasan bandara ini yaitu 1.650 meter, dengan lebar 300 meter yang menjadi pintu masuk ke Kabupaten Ende. Sayangnya, hanya pesawat perintis saja yang bisa masuk ke landasan ini.

12Bandar Udara Djalaludin, Gorontalo

panoramio.com

Ingat ketika ada berita nasional mengenai pesawat yang tergelincir karena sapi? Nah, peristiwa itu terjadi di bandara ini pada Agustus 2013.

Sapi-sapi ini menyebabkan tergelincirnya pesawat Lion Air Boeing 737 seri 100 karena menghindari tabrakan dengan sapi. Terlihat bahwa penjagaan keamanan bandara ini sangat kurang.

13Bandara Sentani, Jayapura

flickr.com

Di bandara ini kamu akan menemui tanda larangan yang tidak ada di belahan dunia manapun. Tanda tersebut merupakan larangan larangan merokok dan membuang ludah pinang sembarangan.

Sebelumnya, bandara ini snagat kotor karena kebiasaan masyarakat papua mengunyah pinang dan meludah sembarangan. Sekarang sudah disediakan kantung plastik khusus untuk meludah.

14Bandara Torolelo, Ngada, NTT

beritatrans.com

Konyol sekali jika mengingat bahwa bandara ini pernah ditutup sepihak akibat Marianus Sae selaku Bupati Ngada tidak mendapat tiket untuk penerbangan mendadak dari Jakarta ke Ngada.

Akhirnya, masa pendukung Bupati juga ikut memblokir bandara dan melarang pesawat mendarat dan diusir kembali ke Ende.

15Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru

skyscrapercity.com

Bandara di Pekanbaru ini meraih juara 1 dari seluruh bandara di Indonesia sebagai bandara dengan toilet paling bersih, sehingga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menganugerahkan 4 Bintang pada Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih 2013.