www.boredpanda.com

6 Bangunan Simetris di Bawah Ini Akan Membuatmu Kagum

Posted on

Simetris adalah sifat di mana sisi kiri dan sisi kanan memiliki ukuran yang sama persis. Begitu juga dengan sisi atas dan sisi bawah.

Biasanya orang-orang perfeksionis dan mencintai kesempurnaanlah yang menyukai bentuk-bentuk simetris. Jika di sekolah, konsep simetris hanya diajarkan dengan bentuk yang di gambar di buku.

Namun, bagaimana jadinya jika bangunan yang tinggi dan megah ternyata memiliki ukuran yang simetris. Hal ini tentu saja akan mengundang decak kagum.

Salah satu contoh bangunan megah yang simetris adalah Taj Mahal. Sebuah istana marmer putih yang berada di India ini dibangun oleh Kaisar Mughal Shah Jahan sebagai bukti cinta kepada istrinya Mumtaz Mahal.

Konon sang istri meninggal dunia saat melahirkan anaknya.

Taj Mahal terlihat megah dan sempurna dengan konsep simetris. Selain Taj Mahal, adakah bangunan megah lain yang juga menggunakan konsep simetris?

Sebuah akun yang populer di Instagram bernama Symmetrical Monsters dapat menjadi reverensi betapa banyak bangunan di dunia ini yang berbentuk simetris.

Gedung Pencakar Langit Pertama

www.boredpanda.com
www.boredpanda.com

Gedung pencakar langit ini terlihat sangat simetris pada ke empat sisinya. Foto diambil dari bawah pada bagian dalamnya. Gedung ini nampak seperti sebuah kesatuan bangunan dimana atap-atapnya menyatu.

Gedung berwarna abu-abu terlihat sangat mencekam dengan suasana mendung dan sebuah pesawat terbang yang melintas pas di tengah-tengah gedung.

Gedung Pencakar Langit Kedua

www.boredpanda.com
www.boredpanda.com

Empat gedung terpisah ini terlihat sangat simetris di lihat dari bawah. Bagian atas terlihat membentuk persegi sama sisi. Gedung ini sangat tinggi dan mungkin terdiri dari puluhan lantai.

Jalanan Kota yang Indah

www.boredpanda.com
www.boredpanda.com

Foto jalanan kota diatas terlihat saling berpotongan pada satu titik. Namun setelah memisah, sangat simetris bentuk dan ukurannya.

Jalanan ini sangat indah di malam hari. Kelap-kelip lampu di antara jalanan juga terlihat simetris. Jika dilihat sepintas, jumlah lampu di sisi jalan kiri dan jalan kanan sama. Begitu juga dengan penataannya.

Kayu di Antara Perairan

www.boredpanda.com
www.boredpanda.com

Bangunan yang simetris dapat di desain oleh arsitek dengan hitung-hitungan matematika. Namun, bagaimana jadinya jika bangunan yang simetris tersebut adalah kayu-kayu yang menancap di sebuah kawasan perairan?

Sepertinya akan sangat merepotkan jika orang yang menancapkan kayu tersebut harus mengukur jaraknya satu persatu. Atau adakah kemungkinan bahwa konsep simetris dapat didapatkan dengan perkiraan dan perasaan semata?

Gedung Tinggi Modern

www.boredpanda.com
www.boredpanda.com

Gambar di atas memperlihatkan 2 gedung tinggi yang memiliki bentuk dan ukuran yang sama dan sangat simetris. Kedua ini gedung nampak seperti gedung perkantoran modern di kota besar.

Kesan simetris lebih kental di saat sebuah pesawat terbang melintas di atasnya.

Bangunan dengan Lorong Panjang

www.boredpanda.com
www.boredpanda.com

Melihat gambar di atas kamu akan teringat dengan lokasi syuting film Harry Potter. Sebuah asrama sekolah sihir yang megah dengan banyak ruangan dan kamar-kamar siswa.

Kesan mistis dari gedung di atas sangat kental seperti sekolah sihir Hogwarts.

Kedua bangunan yang disatukan dengan lorong yang di atasnya terdapat atap dari jaring-jaring yang dapat menembus pandangan ke langit lepas.

Tak hanya bentuk bangunan yang simetris, namun juga pintu-pintu ruangan terlihat sama persis di sisi kiri dan sisi kanan.

Taj Mahal di bangun berangkat dari rasa cinta yang mendalam dari sang raja kepada istrinya. Apakah bangunan-bangunan tersebut juga di bangun atas dasar rasa cinta yang mendalam?

Namun yang jelas, arsitek-arsitek bangunan yang mendirikan bangunan di atas pasti memiliki cita rasa kesempurnaan yang tinggi. Ia tak cukup puas dengan mendirikan bangunan dengan ukuran yang tidak sama dan bentuk tidak simetris.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *