Harta merupakan salah satu kebanggaan manusia di jaman sekarang ini, dimana hampir semua manusia berlomba-lomba mencari dan mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya.

Hal ini disebabkan karena pandangan terhadap harta sangat berlebih, bagi mereka harta adalah sumber kebahagiaan, harta  adalah jalan kesejahteraan dan kehormatan di dalam kehidupan.

Tak jarang manusia yang kaya di lingkungan sekitar selalu menjadi orang yang harus dihormati.

Padahal kalau di telaah lagi, ternyata harta bukanlah segala-galanya, harta juga bukan sumber utama kebahagiaan, hasil dari harta jika tidak dimanfaatkan akan berakhir sama seperti harta yang lain.

Bagi kamu yang suka mengumpulkan harta, wajib baca 3 hal ini dulu.

1Harta yang Dimakan Hasilnya Adalah Kotoran

buahjenius.blogspot.com

Sebanyak apapun harta yang dimakan, senikmat apapun yang dirasakan dan semahal apapun yang makanan yang dibayar semua tetap akan menjadi kotoran yang tidak bisa lepas dari siklus pencernaan manusia.

Manusia yang banyak harta, bangga dengan makanan yang enak, makanan yang mahal bahkan bisa makan di luar negeri  itu menjadi prestasi tersendiri bagi mereka.

Padahal yang dibanggakan hanyalah sebuah rasa yang sedikit dan sebentar, porsi makan manusia tidak bisa banyak, rasa yang dirasakan di lidah cuma sekejab saja tapi mereka tetap saja bangga dengan apa yang mereka masukkan.

Tidak jauh beda dengan orang yang tidak punya banyak harta, mereka juga makan, porsi yang tidak jauh beda, rasa yang tidak kalah juga dan ujungnya adalah pembuangan kotoran.

2Harta yang Disimpan Ujungnya Untuk Warisan

dakwatuna.com

Seberapa banyak harta yang disimpan ujung-ujungnya adalah buat warisan anak cucu, mau tidak mau, sadar tidak sadar, semakin banyak harta yang dikumpulkan semakin besar prosentase yang menikmatinya adalah anak dan cucu.

Manusia banyak yang berlomba mengumpulkan harta, mereka banyak membeli barang-barang mewah, mobil, rumah besar dan lain sebagainya, mereka sangat bangga jika mendapat harta yang banyak.

Pandangan sukses bagi manusia umumnya adalah mereka yang banyak mengumpulkan harta dan terlihat sejahtera.

Parahnya pandangan sukses ini sudah merasuki semua kalangan di masyarakat, bagi yang sukses akan dipandang berbeda dengan orang yang tidak sukses.

3Harta yang Diinfaqkan Jadi Bekal dan Amalan

yusufmansur.com

Sangat berbeda dengan kedua hal diatas, harta yang banyak di sedekahkan, harta yang diamalkan dan harta yang diwaqafkan. Harta semacam ini akan menjadi catatan kebaikan yang tidak pernah hilang, selalu bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Harta semacam ini juga menjadi bekal nanti ketika kehidupan dunia berakhir, bahkan salah satu jalan keselamatan adalah harta yang di sedekahkan.

Harta yang disedekahkan juga akan memberikan kebahagiaan di dunia,manusia yang banyak bersedekah akan banyak kemudahan yang didapatkan, harta ini juga tidak berkurang, justru malah akan terus tumbuh dan semakin berkah bagi kehidupan.

Wallahu’alam bishawab dan semoga menambah iman kita.