Hidup tanpa masalah memang dambaan semua orang, rasanya akan hidup tenang, damai dan sejahtera. Tapi bukan manusia hidup namanya jika tanpa ada masalah, semua orang pasti mempunyai masalah.

Jika semua orang pasti mempunyai masalah bukan berarti semua orang itu mampu mengatasinya, tidak semuanya dapat menyelesaikan atau mencari solusi dari masalah tersebut.

Ini sebenarnya tergantung tiap orang dalam memandang masalah, yang paling repot adalah masalah kecil yang terlalu dibesar-besarkan atau  masalah sepele dijadikan masalah yang ruwet.

Selain itu juga tergantung ketahanan tiap orang ketika mendapat masalah. Kalau setiap harinya hidup enak tentu akan terlkejut ketika mendapat masalah, beda dengan orang yang sudah terlatih dan sering  mendapat masalah.

Di bawah ini ada tips dari mubaligh Indonesia yang sudah terjamin bagaimana kiprahnya, ustad Abdullah Gymnastiar lebih dikenal dengan sebutan A’a Gym, yuuk disimak.

1Siap Sedia Selalu

samvahpisual.blogspot.com

Namanya masalah, namanya ujian, cobaan atau apapun namanya datangnya kapan tidak bisa diperkirakan guys. Selain itu dimana tempatnya dan bentuknya juga tidak bisa di lihat dulu.

Oleh karena itu kita harus siap selalu, baik siap jasmani dan rohani maupun hati, karena sudah terbukti banyak lho, orang yang tidak siap dengan masalah menjadi stres berat, sakit, frustasi bahkan ada yang sampai gila.

2Ikhlas Bin Ridho

inaserikawa.blogspot.com

Ikhlas bukan berarti pasrah begitu saja, ikhlas itu melebarkan hati seluas samudra tapi kita membuat perahu besar untuk mengarunginya. Kita wajib berusaha semaksimal mungkin, mengerahkan seluruh kemampuan untuk menyelesaikan.

3Jangan Persulit Diri

fajarsidik50.wordpress.com

Berfikirlah positif guys, jangan berfikir masalah kamu masalah yang paling berat, masalah yang akan mengakhiri hidup kamu atau duniamu telah berakhir dengan masalah tersebut.

Juga jangan merasa kamu manusia yang paling tidak beruntung, paling hidupnya sengsara dan yang lain sebagainya. Tetaplah berfikir positif, berfikir jernih dengan hati seluas samudra.

4Evaluasi Diri

harumn01.wordpress.com

Tanyakan pada diri kita, jujur pada diri kita, kenapa ada masalah seperti ini, kenapa cobaan di saat seperti ini. Mungkin kita melakukan salah, mungkin kita terlalu angkuh, terlalu sombong atau kita pernah mengecewakan orang lain.

Evaluasi ini sangat penting, karena dengan evaluasi kita bisa berbenah diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

5Kembalikan Pada ALLAH

desainblog.hol.es

Semua kehidupan itu milik ALLAH guys, termasuk ujian yang kamu dapat, jika kamu sudah berdoa, berusaha semaksimal mungkin maka yang terakhir ada tawakal, pasrahkan hasilnya kepada ALLAH, biar ALLAH yang menentukan.

Dengan tawakal pada ALLAH akan membuat hati kita tenang guys, rasa optimis dan akan husnudzon kepada ALLAH.

Semoga bermanfaat ya.

 

SHARE