Banyak orang yang memiliki keinginan untuk hidup diluar negri. Padahal jika dilihat dari biaya hidup, Indonesia termasuk negara dengan biaya hidup termurah. Bayangkan saya, di Indonesia dengan uang nominal sepuluh ribu kita sudah bisa makan kenyang di warteg setempat.

Sekarang coba bayangkan jika kamu sedang di Amerika dan hanya memiliki uang sepuluh ribu. Apa yang akan kamu perbuat? Segelas kopi pun mungkin kamu ngga bisa dapat. Hiks.

Bahkan barang-barang yang kamu anggap sepele dan sangat mudah ditemukan di Indonesia ternyata sangat sulit didapatkan ketika kamu berada di luar negri.

Kalaupun ada, harganya bisa jauh dari dugaan. Kamu mungkin sampai kesal dan berkata “Mendingan pulang ke Indonesia aja deh.” Haha.

Simak saja 5 barang berikut yang ternyata sangat mahal harganya di luar negri.

1Tempe

en.wikipedia.org

Percaya atau ngga, makanan yang terbuat dari kedelai ini ternyata harganya cukup tinggi di pasaran luar negri. Jika di Indonesia dengan lima ribu rupiah kamu bisa memasak tempe goreng untuk tiga kali makan, di luar negri jangan harap.

Tempe ternyata sangat laris dipasaran Eropa. Tahukah kamu berapa harganya? Ia bisa mencapai 1,79 Euro atau Rp 25.000 per potong kecil. Wah, jadi sebelum kamu ke Eropa ada baiknya berbekal tempe dari Indonesia. Lalu kamu jual disana. Hehe.

2Gorengan

en.wikipedia.org

Semua jenis gorengan, mulai dari bakwan, pisang goreng, ubi goreng, pastel, risol, dan sejenisnya sangat mahal di Belanda.

Satu pisang goreng yang biasa kita dapat dengan nominal seribu rupiah, di Belanda kamu harus merogoh kocek sebesar 5 Euro atau Rp 62.000 per buahnya. Nah lho, masih mau menyepelekan pisang goreng?

3Mie Instan

kisah.top

Semua orang di Indonesia rasanya jika ditanya apakah sudah pernah mencicipi mie instan, kemungkinan 98% jawabannya adalah sudah. Apalagi bagi kalangan anak kost, makanan yang satu ini sudah seperti makanan wajib di tiap akhir bulan. Haha.

Tapi kalau kalu ng-kost di Jepang, kamu harus bersiap gigit jari hanya untuk makan mie instan. Harganya bisa naik 4 kali lipat dari pada di Indonesia. Mungkin sekitar Rp.9.000 atau senilai dengan 85 yen.

4BBM

www.semisena.com

Bukan aplikasi android lho ya. Ini BBM alias bahan bakar minyak. Kita sering mengeluh dengan harga BBM yang dirasa naik turun setiap waktu. Padahal Indonesia sudah termasuk murah untuk ukuran harga BBM.

Jika dibandingkan dengan negara lainnya, BBM bisa menjadi sangat mahal. Contohnya di Belanda, harga BBM bisa mencapai Rp 18.800 atau di Turki Rp 22.000.

5Sandal Jepit

www.flickr.com

Sandal jepit yang biasanya sering kita pakai buat ke toilet pun bisa jadi mahal jika sudah dipakai artis luar negeri. Beberapa waktu lalu, salah seorang anggota boyband pernah memakai sandal jepit di bandara Seoul setelah pulang dari Indonesia.

Setelah itu para fansnya dari seluruh dunia langsung heboh mencari sandal jepit yang sama. Akhirnya oleh orang Indonesia sandal jepit pun dijual online di Ebay dengan harga mencapai USD 20 atau sekitar Rp 250.000. Wah..wah..

Mungkin kalau si aktor tadi memakai topi capil pak tani, topi tersebut bisa jadi tenar di luar negri. Xixixi.

Kamu saja sudah merasa gengsi untuk memakai sandal jepit ke luar rumah. Iya kan? Ngaku aja.

So, jangan sepelekan hal-hal remen disekitarmu, terutama di Indonesia. Karena kamu akan sangat bersyukur memiliki benda itu jika kamu tahu harganya diluar negri. Seperti barang-barang yang sudah di sebutkan diatas.