Kecoa memang hewan yang kerap mengganggu. Selain menggelikan, kecoa juga sangat jorok. Apalagi sampai mengotori rumah kita.

Kecoa memang hidup di tempat yang jorok. Sehingga bagian tubuhnya mengandung banyak bakteri. Saat ia berkeliaran di dalam rumah, berarti sama saja kecoa menyebarkan banyak bakteri.

Kecoa biasanya berkelompok. Ia membangun sarang dan telur yang banyak di sebuah tempat. Biasanya juga tempatnya tersembunyi.

Sehingga kita jadi kesulitan dalam membasminya. Nah ada beberapa cara jitu untuk membasmi kecoa sampai ke akar-akarnya. Agar para ibu rumah tangga tak perlu lagi teriak-teriak karena gangguan kecoa.

1Temukan Sarangnya

id.aliexpress.com

Jika ingin membasmi musuh sampai ke akarnya, cara pertama adalah menemukan di mana markas utamanya. Begitu juga dengan kecoa. Temuakan sarangnya dimana.

Caranya kamu bias periksa almari dan rak-rak dari kotorannya, yang berbentuk noda atau bulatan kecil berwarna coklat dan berlendir.

Jika kamu melihat seekor kecoa, ikutilah ke mana ia pergi. Lihat apakah ia masuk ke dalam retakan atau lubang di dinding. Kemungkinan besar sarangnya ada di dekatnya.

2Gunakan Bau yang Segar

iberita.com

Ya, buat kecoa pergi dari rumah kamu dengan membuat wangi-wangian yang menyegarkan, lalu letakan daerah yang sering dilalui kecoa.

Wangi-wangian tersebut dapat dibuat dari daun salam, mentimun, lemon, tangkai daun lada kering, sabun batangan, maupun kapur barus.

Pilih salah satu atau beberapa bahan yang sekiranya mudah kamu dapatkan. Lalu irislah menjadi potongan kecil ataupun ditumbuk. Letakan pada daerah yang sering dilewati kecoa ataupun disudut-sudut rumah kamu, agar kecoa segera pergi dari rumah.

3Jaga Kebersihan Rumah

warungkopi.okezone.com

Bersihkan rumah kamu secara menyeluruh. Rumah yang bersih adalah kunci untuk mengusir kecoa, dan tempat pertama untuk mulai membersihkan adalah dapur.

Cuci piring dan bereskan makanan kamu segera setelah makan. Bersihkan remah-remah dan ceceran dengan segera, dan jaga supaya tempat itu tetap bersih.

Beri perhatian lebih pada bagian atas tungku atau kompor, karena kecoa suka pada minyak.Rumah yang bersih akan mencegah kacoa mendapatkan makanan.

4Bersihkan Saluran Air

www.moviq.nl

Kecoa senang hidup di tempat yang basah atau berair. Tutuplah saluran pipa air yang tidak perlu, karena seringkali sarang kecoa ada didalam pipa saluran pembuangan.

Kencangkan juga sambungan pipa dirumah kamu, seperti sambungan pipa pembuangan wastafel.

Sambungan pipa yang bocor membuat lingkungan menjadi lembab dan kacoa menyukai hal tersebut. Jangan malas membersihkan rumah dan memakai karbol. Kacoa umumnya tidak menyukai bau cairan ini.

5Pakai Perangkap

biosis.co.id

Selain cara-cara diatas, metode lain untuk membunuh kecoa adalah dengan memasang perangkap non racun di sekitar rumah.

Salah satu jenis perangkap bekerja seperti perekat yang menjebak kecoa sehingga tidak sempat masuk ke dalam rumah.

Kecoa juga memiliki sejumlah besar predator alami. Kadal, burung, tikus, kodok, dan katak semua menjadikan kecoa sebagai santapan.Pastikan untuk tidak mengganggu habitat predator alami agar populasi kecoa tetap terkontrol